Welcome to Caritau.id, silakan Kamu Cari Tahu informasi menarik, terbaru, dan bermanfaat untuk orang lain. Selamat membaca!

Apa itu Asuransi TLO dan Apa Manfaatnya?

Apa perbedaan TLO dengan asuransi all risk dan apa saja manfaatnya?

Apa itu Asuransi TLO dan Apa Manfaatnya

Asuransi mobil total loss only atau asuransi mobil TLO merupakan salah satu jenis asuransi mobil yang sangat populer. Hal ini karena premi ini relatif lebih murah dibandingkan asuransi all risk. Yang dimaksud dengan asuransi TLO adalah asuransi yang menanggung baik kerusakan sebagian (75% atau lebih) dan kerusakan penuh. 

Apalagi sekarang ini mobil sudah dianggap sebagai barang penting yang wajib dimiliki kalangan menengah ke atas tentunya mengasuransikan mobil sangat penting. Asuransi Total Loss Only (TLO) biasanya digunakan untuk kendaraan dengan umur panjang. Lantas, apa perbedaan TLO dengan asuransi all risk dan apa saja manfaatnya? 

Apa Itu Asuransi TLO?

Arti dari asuransi TLO atau total loss only secara harfiah merupakan kerugian total, bahkan jika Anda menggunakan embel-embel loss (kehilangan), ada risiko tidak hanya kehilangan kendaraan karena kejahatan tetapi juga kerusakan. 

Lebih dari 75% kerusakan akan ditanggung oleh asuransi mobil atau sepeda motor TLO. Kerusakan 75% itu sengaja dijadikan patokan karena bisa memastikan bahwa kendaraan dalam kondisi rusak parah sudah tidak bisa digunakan lagi. Kalaupun kendaraan itu benar-benar masih ada, kendaraan sebagai alat transportasi sudah tidak bisa digunakan lagi. 

Pada dasarnya, prinsip asuransi TLO yaitu untuk menutupi kerugian jika kendaraan mengalami kecelakaan dengan kerusakan lebih dari 75% pencurian atau perampasan, dan kebakaran pada kendaraan. 

Jadi, definisi asuransi TLO adalah bahwa pemilik tidak dapat mengklaim asuransi jika kendaraan yang diasuransikan mengalami kerusakan ringan, seperti goresan bodi atau lecet, kaca spion pecah atau kerusakan ringan lainnya. Sebaliknya, jika kendaraan dengan kerusakan lebih dari 75% rusak karena tabrakan, Anda bisa mengajukan klaim. 

Manfaat Asuransi TLO Itu Apa?

Tentu saja asuransi TLO menawarkan manfaat bagi para pemegang preminya yang juga menjadi alasan banyak orang memilih asuransi ini untuk kendaraan mereka. Di antaranya yaitu:

1. Asuransi TLO membuat lebih berhati-hati berkendara

Pasti banyak yang berpikir sudah aman karena telah menggunakan asuransi all risk untuk kendaraan mereka. Pemikiran seperti ini dapat menyebabkan Anda mengabaikan perhatian Anda. Di sisi lain, jika asuransi mobil tidak menanggung risiko itu, kita akan memikirkan kelalaian kita ribuan kali karena tidak ditanggung asuransi. 

Risiko kelalaian mahal karena Anda harus mengeluarkan uang sendiri dan asuransi tidak menanggungnya. Misalnya, Anda pastinya akan belajar berusaha menjadi pengemudi cerdas yang tahu cara mengemudikan kendaraan untuk meminimalkan kecelakaan atau tabrakan dengan kendaraan lain. Kecuali memang lagi sial karena kelalaian pengemudi lain. Meskipun begitu, tentunya kita harus tetap berhati-hati. 

2. Memiliki asuransi TLO artinya Anda bisa lebih hemat

Ceroboh dan lalai adalah mahal harganya. Dengan demikian, orang yang memiliki asuransi non-TLO bisa menjadi sering ceroboh yang tidak terlalu memikirkan akibatnya. Memang, menekan kecerobohan ini bisa menghemat banyak hal. Mengapa membayar harga tinggi untuk risiko yang bisa kita tanggung sendiri? 

Tentu saja asuransi TLO murah karena sekali charge sudah cukup jika kendaraan Anda hilang atau rusak parah. Ini berbeda dengan asuransi all risk, yang membutuhkan premi mahal karena bisa diklaim berkali-kali. Pengajuan klaim yang sering meningkatkan biaya operasi perusahaan asuransi dan membebankan biaya operasi pada pelanggan.

Lifepal menawarkan banyak pilihan produk asuransi termasuk produk asuransi TLO dan asuransi all risk untuk kendaraan Anda dan proses pengajuan premi yang mudah. Anda bisa langsung mengunjungi Lifepal dan memilih penyedia asuransi kendaraan mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Bagikan Artikel ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel