Welcome to Caritau.id, silakan Kamu Cari Tahu informasi menarik, terbaru, dan bermanfaat untuk orang lain. Selamat membaca!

Kalkulator Kehamilan SehatQ, Apa Saja Manfaatnya?

Kalkulator kehamilan merupakan salah satu hal yang penting untuk menunjang proses kehamilan. SehatQ.com menyediakan fitur ini di laman mereka.

Manfaat Kalkulator Kehamilan SehatQ

Mengetahui kapan si kecil akan lahir adalah hal yang sangat penting bagi ibu hamil. Pengetahuan tentang waktu lahir ini nantinya akan membantu ibu hamil untuk melakukan beragam persiapan yang tepat untuk menyongsong kelahiran. Nah, untuk memudahkan perhitungan tersebut, Anda bisa menggunakan kalkulator kehamilan.

Apakah Anda pernah mendengar tentang jenis kalkulator yang satu ini sebelumnya?

Sebagaimana namanya, kalkulator kehamilan adalah alat yang bisa digunakan untuk membantu Anda menghitung waktu kehamilan. Dengan menggunakan kalkulator ini, Anda nantinya akan mendapatkan hitungan yang tepat terkait usia kehamilan tersebut.

Tidak hanya itu, ada beberapa manfaat lain dari kalkulator kehamilan yang menandakan pentingnya alat ini sebagai penunjang kehamilan. Apa saja manfaat tersebut? Simak ulasan selengkapnya!

Ragam Manfaat Kalkulator Kehamilan Untuk Diketahui

Bisa dikatakan jika kalkulator kehamilan adalah salah satu perangkat yang penting penunjang usaha untuk menjaga kehamilan. Ada beberapa manfaat dari alat yang satu ini. Manfaat yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Memperkirakan berat janin

Salah satu manfaat dari kalkulator kehamilan adalah perkiraan tentang berat janin yang ada di dalam rahim. Perlu diketahui bahwa menghitung berat janin dari minggu ke minggu kehamilan adalah salah satu hal yang sangat penting. Hal ini akan berkaitan dengan perkiraan berat bayi yang nantinya akan lahir. 

Berat janin yang lahir kurang dari 2,5 kilogram bisa jadi nantinya lahir prematur. Sebaliknya, berat janin yang terlalu tinggi hingga lebih dari 4 kilogram nantinya akan mengakibatkan adanya gangguan kesehatan tertentu. 

2. Memperkirakan tanggal lahir janin

Tidak hanya memperkirakan berat janin yang ada di dalam kandungan, kalkulator kehamilan juga bisa diandalkan untuk memperkirakan tanggal lahir dari janin yang dikandung. Memang, perkiraan tanggal lahir dengan menggunakan kalkulator kehamilan tidak bisa dijadikan patokan yang pasti tepat.

Hanya saja, perkiraan waktu lahir tersebut tetap saja membantu. Dengan adanya perkiraan waktu lahir tersebut nantinya Anda bisa melakukan persiapan yang tepat untuk menyongsong kelahiran janin, termasuk persiapan perlengkapan, biaya kelahiran, dan lainnya.

Dengan persiapan yang lebih matang, tentu Anda bisa menjalani proses kelahiran dengan lebih baik. Tidak hanya itu, risiko yang muncul pada proses melahirkan pun bisa diantisipasi dengan lebih baik sehingga tidak akan ada masalah buruk yang terjadi. 

3. Memperkirakan usia kehamilan

Manfaat lain dari penggunaan kalkulator kehamilan adalah untuk memperkirakan usia kehamilan Anda. Berdasar pada HPHT atau Hari Pertama Haid Terakhir dan beberapa komponen rumus lainnya, kalkulator kehamilan bisa memperkirakan usia kehamilan Anda.

Mengetahui usia kehamilan tentu menjadi hal yang sangat penting. Selain untuk memperkirakan kapan waktu bersalin tiba, Anda bisa menjalankan beragam hal untuk memastikan jika kandungan Anda senantiasa sehat sesuai dengan usia kehamilan tersebut.

Sebagaimana diketahui, masing-masing usia kehamilan yang dibagi dengan satuan trimester, memerlukan perlakuan yang cenderung berbeda. Oleh karenanya, dengan mengetahui usia kehamilan tersebut, Anda akan tahu apa yang perlu dilakukan.

Nah, beberapa hal di atas adalah manfaat menggunakan kalkulator kehamilan selama masa kehamilan. Untuk menggunakan kalkulator kehamilan ini, Anda tidak perlu repot dan bingung.

Saat ini, SehatQ.com sudah menyediakan fitur kalkulator kehamilan yang bisa dimanfaatkan. Anda hanya perlu berkunjung ke laman website dan mencari kalkulator kehamilan. Selain mudah, ada petunjuk yang akan membantu Anda untuk menggunakan fitur ini dengan benar dan tepat. Semoga bermanfaat.

Bagikan Artikel ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel