Welcome to Caritau.id, silakan Kamu Cari Tahu informasi menarik, terbaru, dan bermanfaat untuk orang lain. Selamat membaca!

Perbedaan Diffuser dan Humidifier, Berikut Penjelasannya!

Berikut ini adalah perbedaan diffuser dan humidifier yang harus diketahui sebelum membeli nya.

Dalam dunia elektronik, istilah diffuser dan humidifier mungkin sudah sangat sering terdengar. Namun apakah kamu sudah tahu perbedaan dari kedua perangkat tersebut? dua perangkat ini memang sering membuat orang yang masih awam sedikit kebingungan. Nah, berikut ini adalah perbedaan diffuser dan humidifier.

Diffuser

Diffuser

Pertama, kita akan membahas terlebih dahulu tentang diffuser. Perangkat ini memiliki fungsi untuk menyegarkan aroma ruangan. Dalam diffuser terdapat minyak esensial yang bisa membuat ruangan berbau menjadi lebih segar dan harum. Diffuser memiliki beberapa jenis, di antaranya adalah nebulizing, heat, ultrasonic dan evaporator.

Pada umumnya, diffuser banyak lebih tepat diletakkan pada ruangan seperti ruang tamu, dapur ataupun kamar tidur. Letakkanlah diffuser pada permukaan yang kuat atau kokoh, serta latakkan pada pusat atau tengah ruangan agar bisa menyebar secara merata ke seluruh bagian ruangan.

Kelebihan Diffuser

Terdapat beberapa kelebihan dari diffuser, yang pertama seperti telah disebutkan, diffuser hanya digunakan dengan minyak esensial. Diffuser mampu mengurangi jamur ataupun bakteri yang terdapat pada ruangan. Selain itu, perangkat ini juga memiliki kemampuan dalam mencegah berbagai masalah kesehatan.

Humidifier

Humidifier

Selanjutnya, kita akan membahas mengenai humidifier. Perbedaan diffuser dan humidifier terletak pada fungsinya. Peran dari perangkat ini adalah untuk meningkatkan kelembaban ruangan. Oleh karenanya, humidifier banyak digunakan oleh orang-orang yang tinggal di daerah dengan iklim kering, serta juga sangat bagus dimanfaatkan saat memasuki musim hujan.

Cara kerja dari humidifier adalah dengan mengeluarkan uap air, dengan tujuan untuk meningkatkan kelembapan udara dalam ruangan. Biasanya, humidifier diletakkan di ruang keluarga, sehingga saat sedang oran-orang yang ada di ruangan tersebut akan merasa lebih nyaman. Pasanglah di tempat yang benar agar uap air bisa tersebar secara merata.

Hindari penggunaan humidifier yang jenis warm mist untuk ruangan anak ataupun keluarga. Alasannya adalah jenis ini menggunakan pemanas yang memiliki risiko kulit terbakar, apalagi untuk anak-anak yang masih memiliki kulit sensitif.

Fungsi dari benda ini adalah untuk menjaga tingkat kelembaban di udara. Untuk kesehatan, benda ini bisa mengatasi masalah saat hidung tersumbat. Humidifier juga memiliki beberapa jenis, di antaranya adalah ultrasonic, impeller, evaporator, dan warm mist. Sementara itu, kelebihan dari benda ini adalah sebagai berikut.

1. Melembabkan ruangan di saat musim kemarau atau panas. Hingga suhu tetap normal, dan ruangan menjadi lebih nyaman ditempati.

2. Humidifier dapat mengatasi beberapa masalah kulit, di antaranya adalah seperti kulit kering, dan juga mengatasi masalah pernafasan seperti mendengkur dan mimisan.

Itulah tadi beberapa penjelasan tentang perbedaan diffuser dan humidifier. Setelah mengetahui perbedaan antara keduanya, sekarang kamu bisa memilih mana yang paling tepat untuk diletakkan di dalam ruangan. Keduanya memiliki peran yang sangat penting, namun memiliki efek yang berbeda, jadi pilihlah sesuai dengan kondisi ruangan kamu.

Bagikan Artikel ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel