Welcome to Caritau.id, silakan Kamu Cari Tahu informasi menarik, terbaru, dan bermanfaat untuk orang lain. Selamat membaca!

Berikut Beberapa Penyebab Penyakit Diare Karena Infeksi

Diare yang paling umum terjadi di Indonesia sendiri disebabkan oleh infeksi.

Beberapa Penyebab Penyakit Diare Karena Infeksi

Diare dapat disebabkan oleh berbagai kondisi baik infeksi kuman, bakteri, ataupun juga hal lainnya. Hal paling umum yang dikenal menyebabkan diare adalah kontaminasi kuman yang menyebabkan sakit perut dan mencret. Selain itu juga ada beberapa penyebab lainnya seperti karena setelah menjalani operasi, intoleransi makanan, efek dari obat antibiotik yang dikonsumsi dalam jangka panjang, dan karena kondisi penyakit tertentu. Diare yang paling umum terjadi di Indonesia sendiri disebabkan oleh infeksi. Adapun berbagai jenis infeksi yang dapat menyebabkan mengalami diare adalah:

1. Infeksi bakteri

Penyebab penyakit diare pertama adalah karena infeksi bakteri sehingga membuat mengalami diare. Hal ini bisa disebabkan karena bakteri yang masuk ke dalam tubuh dan bisa terjadi karena mengkonsumsi makanan dan minuman yang sudah terkontaminasi. Sehingga apabila mengkonsumsi makanan dan minuman tidak higienis, mengkonsumsi makanan yang tidak matang, minum air keran, dan juga tidak cuci tangan dapat menyebabkan diare.

Bakteri yang menyebabkan diare sendiri ada banyak yaitu seperti berikut ini:

Escherichia coli atau E.coli merupakan bakteri pertama yang paling umum diketahui. Jenis ini dapat hidup pada manusia dan hewan dan tidak berbahaya. Akan tetapi beberapa jenis ecoli dapat menyebabkan infeksi parah. Termasuk e.coli berbahaya dari mengkonsumsi daging sapi yang kurang matang. Selain itu e.coli juga bisa didapatkan karena tidak mencuci tangan dengan benar setelah dari toilet.

Salmonella merupakan bakteri selanjutnya yang dapat menyebabkan diare. Jenis ini dapat mengkontaminasi ke tubuh manusia lewat susu, daging sapi, unggas, dan juga telur. Dimana biasanya hal tersebut dapat terjadi karena proses mencucinya yang tidak baik.

Shigella merupakan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi hingga dapat membuat usus iritasi dan menimbulkan diare. Dimana bakteri ini dapat mengkontaminasi lewat kotoran yang ada pada air dan makanan tidak bersih.

Campylobacter merupakan bakteri yang terdapat ari burung dan ayam. Sehingga apabila unggas dimasak dengan tidak matang, maka tentunya dapat menyebabkan diare.

Vibrio cholerae merupakan infeksi bakteri yang dapat menyebabkan kolera dengan gejala diare parah.

2. Infeksi virus

Selain infeksi yang disebabkan bakteri, penyebab penyakit diare karena infeksi selanjutnya adalah yang disebabkan oleh virus. Dimana untuk jenis virus yang menyebabkan diare adalah rotavirus dan norovirus. Anda bisa mengalami diare dari virus ini lewat konsumsi makanan dan minuman yang tidak higienis. Selain itu juga bisa menular dari orang yang sakit diare. Sehingga pastikan untuk menjaga kebersihan makanan dan minuman yang akan dikonsumsi. Selain itu hindari menggunakan handuk yang sama, berjabat tangan, dan sentuhan lainnya yang dapat menyebabkan perpindahan virus penyebab diare.

3. Infeksi jamur dan parasit

Penyebab terakhir penyakit diare yang disebabkan oleh infeksi adalah dari parasit atau jamur. Dimana hal ini juga bisa didapatkan dari makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi dengan jamur atau parasit. Adapun untuk jenis jamur yang menyebabkan diare adalah giardia duodenalis. Penyebab diare karena parasit ini dapat terjadi karena beberapa hal seperti berikut ini:

Pertama adalah karena tempat yang mempunyai sanitasi yang buruk. Hal tersebut akan memudahkan parasit muncul dan membuat infeksi yang menyebabkan diare.

Selanjutnya karena mempunyai lingkungan yang tidak bersih dan steril. Seperti dari sampah sembarangan sehingga menyebabkan tikus dan hewan lainnya banyak.

Terakhir adalah karena bahan makanan ataupun minuman yang terkontaminasi dengan parasit dari pengolahan hingga penyimpanan yang tidak tepat.

Bagikan Artikel ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel