Welcome to Caritau.id, silakan Kamu Cari Tahu informasi menarik, terbaru, dan bermanfaat untuk orang lain. Selamat membaca!

5 Ciri-Ciri Tipes Yang Harus Diketahui

Berikut 5 ciri-ciri Tipes dan gejala yang di alami ketika terkena penyakit ini.

5 Ciri-Ciri Tipes Yang Harus Diketahui

Tipes adalah salah satu penyakit yang paling banyak dialami, baik oleh orang dewasa maupun anak-anak. Walaupun demikian, tidak sedikit pula orangtua masih belum paham mengenai gelaja atau ciri-ciri tipes yang sering dialami. Sehingga penanganannya kadang juga terlambat. Oleh karena itu dibutuhkan pengetahuan mengenai hal tersebut yang harus diketahui oleh semua orang. 

Untuk itu, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai 5 ciri-ciri dan gejala yang dialami ketika sakit tipes. Berikut adalah ulasannya. 

1. Badan terasa tidak nyaman 

Ciri-ciri pertama yang bisa anda ketahui bahwa orang tersebut sedang sakit tipes adalah badan terasa tidak nyaman. Rasa tidak nyaman pada tubuh ini biasanya dirasakan  seperti nyeri otot, badan terasa lemah, letih, lesi dan menurjunnya semangat. Orang yang sakit tipes biasanya cenderung mudah capek dan enggan untuk melakukan aktifitas walaupun aktivitas ringan. 

2. Demam tinggi

Ciri-ciri tipes kedua yang juga harus anda ketahui adalah demam tinggi. Pada saat menderita sakit tipes, tubuh akan mengalami peningkatan suhu tubuh yang sangat signifikan dan cenderung tinggi. Demam tinggi ini merupakan respon tubuh karena adanya peradangan yang diakibatkan oleh bakteri salmonella thypi. 

Ciri ini biasanya terjadi pada malam hari dengan kisaran suhu tubuh antara 38,5 °c hingga 40°c.  Pertolongan pertama yang bisa dilakukan ketika ciri ini terjadi adalah dengan melakukan kompres pada tubuh dan minum air putih yang banyak. Selain untuk menurunkan panas, banyak minum juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan virus dan bakteri. 

3. Pusing kepala

Selanjutnya ciri-ciri yang juga bisa anda temui pada penderita tipes adalah kepala yang pusing. Pusing kepala ini biasanya terjadi benarengan dengan datangnya demam. Pusing pada waktu ini biasanya dirasakan hilang dan timbul. Untuk bisa mengurangi rasa pusing yang diderita, sebaiknya penderita banyak beristirahat ditempat tidur serta dibantu dengan obat pereda sakit kepala. 

4. Perut sakit dan terjadi diare

Ciri-ciri yang mungkin muncul pada penderita sakit tipes berikutnya adalah perut sakit dan terjadi diare. Saat sakit tipes biasanya penderita merasakan sakit perut pada perut bagian kiri, gejala ini biasanya mengakibatkan diare atau konstipasi karena terjadinya proses infeksi dan inflamasi bakteri pada usus halus. 

5. Nafsu makan menurun

Ciri-ciri tipes selanjutnya yang juga bisa anda temui saat menderita tipes adalah nafsu makan menurun. Peradangan yang disebabkan oleh bakteri salmonella thypi ini menyerang pencernaan sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman pada perut, mulut terasa pahit, serta ditambah lagi mulat dan muntah. Karena hal tersebutlah penderita tipes mengalami penurunan nafsu makan. 

Itulah beberapa informasi yang bisa kami berikan mengenai 5 ciri-ciri tipes yang harus diketahui. Dengan mengetahui ciri dan gejala sejak dini diharapkan mampu memberikan pengobatan sejak dini dan cepat agar cepat terobati. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat dan membantu, terima kasih.

Bagikan Artikel ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel