Welcome to Caritau.id, silakan Kamu Cari Tahu informasi menarik, terbaru, dan bermanfaat untuk orang lain. Selamat membaca!

Perbedaan Mobil Bensin dan Mobil Diesel, Yuk Caritau

Yuk langsung kita bahas apa-apa saja yang menjadi perbedaan mobil bensin dan mesin diesel atau solar.

Perbedaan Mobil Bensin dan Mobil Diesel

Mesin mobil merupakan komponen utama yang wajib ada didalam tubuh mobil. Pada umumnya, ada 2 jenis mesin mobil yang berada dipasaran, yaitu mesin bensin dan mesin diesel. Keduanya masing-masing memiliki perbedaan yang dapat kamu bandingkan.

Meski yang kita tahu bahwa pada kenyataannya mobil bensin yang memiliki peminat yang mendominasi. Namun, kita juga perlu melihat keunggulan yang ditawarkan oleh mobil bermesin diesel.

Yuk langsung kita bahas apa-apa saja yang menjadi perbedaan mobil bensin dan mesin diesel atau solar.

1. Bahan bakar

Kita semua mungkin sudah tau bahwa kedua mesin memiliki perbedaan dalam segi bahan bakar. Untuk yang belum tahu, mesin bensin menggunakan bahan bakar bensin dan mesin diesel menggunakan bahan bakar solar.

2. Performa mesin

Coba perhatikan, truk dan bus di jalanan mampu berjalan dengan beban berat. Tidak hanya itu, bus dan truk tersebut mampu menempuh perjalanan yang cukup jauh dan dengan medan yang tidak mudah. Maka tidak heran jika performa mesin diesel lebih unggul dibandingkan dengan mesin bensin dalam segi kekuatan.

Dengan berbagai kekuatan mesin diesel bukan berarti mesin bensin tanpa keunggulan. Mesin bensin memiliki akselerasi dan responsif yang unggul.

3. Perawatan

Walau mesin diesel terkenal kuat dan tangguh, namun merawatnya tidak bisa seenaknya. Perlu ada perawatan yang ekstra jika dibandingkan dengan mesin bensin. Mesin yang lebih kompleks dan sistem ruang pembakarannya juga gampang kotor menjadi alasan mengapa kamu perlu perhatian khusus untuk mesin diesel ini.

4. Keiritan bahan bakar

Mesin diesel memang dikenal dengan penggunaan bahan bakar yang sangat efisien. Dengan bahan bakar yang minim dapat diolah menjadi tenaga yang maksimal. Selain itu, harga solar yang lebih murah dari pada bensin akan mendukung kehematan dalam biaya bahan bakar kamu. Sangat cocok untuk kamu yang sering melakukan perjalanan yang jauh.

5. Harga

Dari segi harga yang membuat varian diesel lebih mahal itu karena mesin diesel itu sendiri. Hal itu karena material yang digunakan untuk memproduksi mesin diesel tergolong lebih mahal.  Dengan bahan yang kuat, mesin akan tahan sama kompresi diesel yang sangat tinggi.

6. Ketahanan

Didukung dengan performa mesin yang tangguh menjadikan mobil diesel memiliki ketahanan yang lebih unggul dari mobil bensin. Hal ini dikarenakan komponen mesin yang kokoh dan kompresinya yang lebih tinggi.

7. Gas pembuangan

Dalam sistem pembakaran pastinya akan menimbulkan asap yang tidak jarang dapat menimbulkan polusi udara. Pada dasarnya gas pembuangan dari mesin diesel memang mengeluarkan gas yang hitam, berbau dan pekat.

Hal itu dikarenakan sistem pembakarannya yang tidak sesempurna mesin bensin. Namun, saat ini para produsen sedang mengatasi permasalahan ini agar tidak menimbulkan masalah yang dapat merugikan makhluk hidup akibat polusi yang ditimbulkan.

Kelebihan dan kekurangan yang sudah dijelaskan di atas dapat menjadi perbandingan yang bisa kamu pertimbangkan. Namun, lebih dari itu memilih mobil juga harus memperhatikan kebutuhan dan selera kamu.

Bagikan Artikel ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel