Welcome to Caritau.id, silakan Kamu Cari Tahu informasi menarik, terbaru, dan bermanfaat untuk orang lain. Selamat membaca!

4 Tips Membangun Personal Branding di Era Modern

Memiliki personal branding yang baik penting untuk generasi kekinian. Simak 4 cara membangunnya dengan efektif di artikel ini!

Personal Branding

Membangun karir dan reputasi di era digital menjadi semakin menuntut ketelitian. Tak hanya harus memiliki kemampuan yang kompeten, kamu juga wajib memiliki citra yang baik di dunia kerja. Tentu hal ini kemudian memerlukan personal branding yang tepat, sehingga value yang kamu miliki semakin tinggi dan mendapatkan tanggapan positif dari berbagai pihak.

Konsep personal branding sebenarnya bukan konsep baru di dunia kerja. Mungkin hal ini lebih dekat jika disebut dengan ‘pencitraan’, karena di kehidupan nyata prakteknya tak jauh berbeda. Namun demikian di era yang serba canggih seperti sekarang, ‘pencitraan’ yang kamu lakukan tak hanya harus diterapkan di dunia nyata, namun juga di dunia maya.

Pertanyaan selanjutnya adalah, bagaimana cara membangun personal branding yang kuat dan baik di era seperti sekarang ini?

Akun ‘Resmi’ dan Nama Asli

Akun ‘Resmi’ dan Nama Asli

Penting untuk generasi kekinian memiliki akun media sosial atau akun online apapun yang digunakan secara reguler untuk keperluan pekerjaan. Hal ini bertujuan agar ketika calon partner bisnis atau perusahaan ingin bekerja sama dengan kamu, mereka bisa melihat secara langsung karya yang kamu miliki. Selain itu, penggunaan nama asli, atau nama yang tidak sering berganti juga penting lho ternyata.

Mengapa? Karena ketika nama akun yang kamu miliki tidak berganti (misalnya dengan nama asli) orang di luar sana akan lebih mudah menemukan dan terhubung dengan pemilik akun tersebut. Ketika seorang ingin mengetahui karya yang kamu miliki, mereka tinggal mengetikkan saja nama lengkap di mesin pencarian, dan mereka dengan cepat bisa menemukan hasil karya yang kamu buat.

Konten yang Relate dengan Bidang atau Keahlian

Konten yang Relate dengan Bidang atau Keahlian

Memang terkadang godaan untuk memposting hal impulsif selalu ada pada setiap orang. Namun sebagai seorang profesional yang ingin membangun personal branding, kamu harus paham benar dengan unggahan yang kamu lakukan. Unggah hal-hal yang relate dengan keahlian yang kamu miliki, atau karya yang sudah kamu buat, agar orang paham apa kemampuan dan seberapa besar kapasitas yang kamu miliki.

Kapasitas di sini tak hanya dalam artian kapasitas kerja, namun juga kapasitas berpikir. Pemberi kerja atau partner bisnis cenderung ingin bekerja sama dengan orang yang memiliki visi jelas serta sejalan, sehingga tidak perlu melakukan terlalu banyak adaptasi. Dengan unggahan karya dan konten yang masih berkaitan dengan bidang keahlian, maka nama kamu juga akan sering muncul pada hasil pencarian dengan kata kunci yang sesuai.

Engagement dengan Pengikut dan Akun Lain

Engagement dengan Pengikut dan Akun Lain

Media sosial rasanya jadi tempat paling tepat untuk memulai dan mengelola personal branding bagi masyarakat modern. Hampir setiap orang memiliki akun media sosial, di berbagai platform, untuk menunjukkan eksistensi mereka di dunia kerja atau profesional. Nah, yang penting kemudian adalah untuk terus aktif dan berinteraksi dengan orang-orang yang mengikuti kamu atau yang merupakan relasi yang relevan.

Semakin tinggi engagement akun yang kamu miliki dengan pengikut atau rekan lain, maka semakin mudah pula kamu mengelola personal branding yang ingin kamu bangun. Dengan interaksi yang intens, orang lain akan lebih mudah memahami nilai yang kamu punya, sehingga akan lebih mudah pula melakukan kerja sama di masa yang akan datang. Tentu, pengelolaan ini harus dilakukan rutin dan benar-benar terencana, agar semua interaksi bisa menghasilkan citra diri yang kamu harapkan.

Milikilah Website Pribadi

Website Pribadi

Apakah akun media sosial saja sudah cukup? Jika menginginkan hasil yang maksimal, kamu juga perlu melakukan usaha yang maksimal. Selanjutnya untuk membangun personal branding, kamu bisa membuat website pribadi khusus untuk unggahan yang kamu miliki. Tapi apa manfaatnya?

Website pribadi bisa menjadi tempat kamu mengungkapkan gagasan dalam tulisan yang lebih panjang. Memang pada media sosial juga dimungkinkan hal tersebut, tapi website pribadi sifatnya adalah tempat menuangkan buah pikiran, gagasan, pendapat, bahkan hingga tempat mengunggah karya dengan bebas. Tentu saja, dengan tempat milik kamu sendiri, kamu memiliki ruang yang lebih besar di sini untuk menunjukkan siapa, apa, dan bagaimana kamu sebenarnya.

So, apakah beberapa poin di atas bisa memberikan bayangan bagaimana cara membangun personal branding yang efektif di era digital seperti sekarang ini? Semoga poin-poin tersebut bisa membantu kamu membangun citra diri yang baik, sehingga kamu bisa mendapatkan kesempatan yang lebih banyak lagi di masa yang akan datang.

Tentu saja pembangunan personal branding di media digital memerlukan dukungan penuh dari layanan internet berkualitas yang ada di Indonesia. Tidak lain dan tidak bukan, kamu bisa mengandalkan Biznet Home untuk urusan yang satu ini. Instalasi yang mudah dan ringkas, harga paket yang bersahabat, serta kecepatan dan stabilitas yang benar-benar memuaskan, Biznet Home adalah jawaban atas keperluan internet berkualitas masa kini. Pasang WiFi segera, dan bergabunglah di jaringan super cepat dari Biznet Home!

Bagikan Artikel ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel