Welcome to Caritau.id, silakan Kamu Cari Tahu informasi menarik, terbaru, dan bermanfaat untuk orang lain. Selamat membaca!

Deadline atau Dateline? Inilah Perbedaan Istilah dan Penggunaannya

Deadline atau Dateline

Masih bingung untuk memakai kata deadline atau dateline? Tak perlu cemas, Anda bisa menggunakan istilah yang tepat jika mempelajari makna yang sebenarnya dari masing-masing kata tersebut. Perbedaannya sangat nyata dari segi arti bahasanya. Inilah uraian penjelasan makna masing-masing kata dari segi bahasa sekaligus pemakaiannya dalam kalimat.


Pengertian Deadline dan Dateline dari Segi Bahasa

Tidak jarang yang masih bingung membedakan kedua kata ini. keduanya memang mempunyai pengucapan yang hampir mirip dan maknanya bisa disalahartikan. Dari segi bahasa, setiap kata tersebut mempunyai makna yang berbeda.

Secara bahasa, deadline berasal dari dua kata yaitu “dead” dan “line.” Menurut arti katanya, “dead berarti “tidak berlaku lagi” dan kata “line” berarti “garis atau baris.” Apabila kedua kata tersebut dirangkai menjadi suatu istilah yaitu deadline, maka arti katanya menjadi garis yang tidak berlaku lagi yang dimaknai sebagai batas waktu atau tenggat waktu.

Sama halnya seperti cara memaknai istilah deadline, Anda juga harus membedah asal muasal istilah dateline. Secara bahasa, dateline berasal dari dua kata juga yaitu “date” dan “line.” Menurut arti katanya, kata “date” berarti “tanggal” dan “line” berarti “garis atau baris.” Jika dirangkai, kedua kata tersebut dapat diartikan sebagai baris tanggal dari suatu peristiwa atau kejadian.

Setelah membaca dan memahami makna deadline dan dateline di atas, tentu Anda akan memahami perbedaan keduanya. Secara bahasa, keduanya mempunyai susunan kata yang berbeda, sehingga maknanya sudah pasti berbeda. Hanya saja, setiap orang harus benar-benar memahami arti dan makna setiap istilah tersebut agar tidak salah pakai lagi.


Pemakaian Deadline dan Dateline dalam Kalimat

Deadline atau dateline? Keduanya sudah jelas berbeda dari segi bahasa. Lalu, bagaimana pemakaiannya di dalam sebuah kalimat? Dalam penyebutan suatu hal, Anda harus mengetahui maknanya secara bahasa agar sesuai konteks.

Deadline yang secara bahasa berarti batas waktu, tentu digunakan sebagai istilah untuk menandakan sudah berakhirnya waktu melakukan sesuatu yang dijadwalkan. Sebagai contoh, Anda mempunyai suatu proyek, misalnya pembuatan proposal kegiatan yang dijadwalkan selesai pada tanggal 1 September 2020. Itu artinya, tanggal 1 September 2020 tersebut adalah deadline.

Apabila proposal kegiatan yang dimaksud belum selesai sampai berakhirnya tanggal 1 September 2020, artinya Anda sudah melewati deadline. Akibatnya, Anda akan ditegur atasan atau tim. Pekerjaan juga akan bertumpuk karena tidak sesuai jadwal yang sudah diperhitungkan sebelumnya.

Konteks tersebut berbeda dengan istilah dateline yang artinya adalah baris tanggal. Apakah Anda selalu memperhatikan catatan tanggal yang ada di halaman koran atau majalah? Tanggal yang terdapat pada laporan suatu peristiwa atau kejadian itulah yang disebut dengan dateline. Adanya dateline ini wajib karena menjadi penjelasan pokok dari keterangan peristiwa.

Dengan contoh kasus masing-masing, Anda bisa lebih mudah memahami perbedaan antara kedua istilah tersebut. Ke depannya, pemakaian istilahnya akan tepat dan tidak akan salah konteks lagi. Jadi, pemaknaan suatu istilah dengan benar dapat dimulai dari membedah pembentukan katanya secara bahasa dan pemakaiannya dalam kalimat beserta contohnya sekaligus.

Penggunaan suatu istilah dalam kalimat memang harus benar. Tujuannya agar tidak terjadi kesalahpahaman dan agar tidak disalahkan atau dicemooh karena kesalahan pemilihan istilah. Ketepatan pemilihan istilah memang harus dibiasakan sejak dini untuk mengantisipasi kesalahan di masa depan. Seperti halnya pemakaian istilah deadline atau dateline yang sering salah.

Bagikan Artikel ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel