Welcome to Caritau.id, silakan Kamu Cari Tahu informasi menarik, terbaru, dan bermanfaat untuk orang lain. Selamat membaca!

5 Tips Mengatur Gaji Yang Pas-Pasan, Biar Kamu Tetap Bisa Investasi Saham

Tips Mengatur Gaji Yang Pas-Pasan

Mengatur keuangan untuk berinvestasi saham, seperti keuntungan yang bisa anda dapatkan jika berinvestasi dan tertarik untuk memulainya pastikan anda sudah mengatur keuangan dengan bijak.

Memiliki gaji yang kecil atau pas-pasan bukan berarti anda tidak bisa memulai berinvestasi. Investasi sangat penting untuk bekal keluarga anda di masa yang akan datang. Namun terkadang karena gaji yang pas-pasan, maka anda perlu pintar dalam mengatur keuangan.

Tips Mengatur Gaji Yang Pas-Pasan

Mengatur keuangan untuk investasi saham, Langkah awal yang harus anda lakukan adalah ketika anda memasuki awal bulan anda harus memulai untuk membuat anggaran berinvestasi. Biasanya orang-orang malas untuk berinvestasi karena memiliki gaji yang pas-pasan. Untuk mengatasi hal tersebut anda tidak perlu khawatir lagi karena berikut ini akan dibagikan 5 tips cara mengatur gaji yang pas-pasan untuk berinvestasi saham:

1. Mendisiplinkan alokasi dana untuk kebutuhan secara bijak. Anda bisa menahan untuk membeli barang idaman yang bukan merupakan kebutuhan pokok. Anda bisa mengalokasikan dana untuk memenuhi kebutuhan pokok terlebih dahulu dan menyingkirkan keinginan. Karena gaji yang didapat adalah pas-pasan, maka anda perlu menetapkan skala prioritas kebutuhan.

2. Menyisihkan penghasilan untuk ditabung di awal. Jangan pernah menunggu akhir bulan atau menunggu sisa-sisa uang gajian untuk menabung. Anda bisa mengambil 20% dari penghasilan untuk berinvestasi saham.

3. Membagi penghasilan menjadi tiga pos pengeluaran. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya yaitu menggunakan sistem 50:30:20.

4. Memangkas pengeluaran yang tidak perlu ketika anda memiliki gaji yang pas - pasan, anda harus bijak dalam memangkas pengeluaran yang sekiranya tidak terlalu penting atau hanya memenuhi keinginan saja. 

Dengan cara seperti ini bertujuan untuk mengatur keuangan demi tercapainya kesuksesan dalam mengatur keuangan dan bisa menghindari kebiasaan boros yang bisa mengakibatkan fatal pada kondisi keuangan.

Meski gaji pas-pasan anda juga memulai investasi apabila penghasilan masih belum tercukupi langkah awal investasi adalah dengan menabung yang berjangka. Jenis tabungan ini bisa anda temukan pada bank konvensional maupun syariah melalui sistem ini anda bisa membuat kesepakatan antara pihak bank untuk menyisihkan uang yang digunakan untuk menabung setiap bulannya dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Nah, selain invetasi saham, kamu juga bisa investasi reksa dana.

Bagikan Artikel ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel