Welcome to Caritau.id, silakan Kamu Cari Tahu informasi menarik, terbaru, dan bermanfaat untuk orang lain. Selamat membaca!

Pahami Syarat Masuk Jurusan Pertambangan Ini Agar Tidak Salah Jurusan

Syarat masuk jurusan pertambangan harus disesuaikan dengan universitas yang dituju untuk hasil yang lebih akurat.

Setiap fakultas memiliki persyaratan khusus dalam proses seleksi calon mahasiswa baru, begitu juga dengan jurusan teknik pertambangan. Prospek kerja di bidang pertambangan memang cukup luas sehingga banyak yang tertarik. Namun tentu jangan sampai sembarang masuk hingga salah pilih jurusan. Sebaiknya pahami terlebih dahulu syarat masuk jurusan pertambangan yang dibutuhkan.

Syarat Untuk Masuk Jurusan Pertambangan

Syarat Masuk Jurusan Pertambangan

1. Lulus SMA/Sederajat

Ini adalah syarat utama saat mendaftar ke universitas. Lulusan SMA/MA/SMK/SMF dapat melamar ke jurusan teknik pertambangan. Bagi yang baru lulus SMA bisa mendaftar sesuai keinginan yang ada. Selain lulusan SLTA/sederajat, mereka yang mengikuti program profesi juga dapat mendaftar sebagai mahasiswa baru.

2. Disarankan Berasal dari Jurusan IPA

Secara umum, ketika Anda mempelajari teknik pertambangan, Anda akan mempelajari ilmu-ilmu yang terkait dengan komputasi, fisika dasar, matematika teknik, informatika pertambangan, geomorfologi, dan banyak lagi. Jadi jika Anda berasal dari jurusan IPA, akan lebih mudah dalam proses belajar teknik pertambangan.

3. Sehat Jasmani dan Rohani

Kesehatan merupakan salah satu hal yang dibutuhkan mahasiswa untuk mengambil mata kuliah termasuk teknik pertambangan. Selain itu, proses pembelajaran hingga praktikum di sektor pertambangan tidak mudah. Oleh karena itu, perguruan tinggi pada umumnya juga akan menuntut mahasiswa dalam kondisi sehat jasmani dan rohani sebagai syarat masuk jurusan pertambangan.

4. Suka dengan Hitungan

Jika Anda ingin mempelajari teknik pertambangan, Anda harus siap untuk melakukan tugas atau proyek yang melibatkan angka, pengukuran, atau perhitungan. Ilmu yang umum digunakan antara lain kalkulus, fisika, dan matematika. Jadi pastikan Anda tertarik dan siap untuk berhitung.

5. Punya Manajemen Waktu yang Efisien

Anda harus memenuhi syarat ini. Anda harus mengatur waktu Anda dengan baik karena teknik pertambangan adalah profesi yang sangat sibuk. Anda akan secara teratur melakukan kunjungan lapangan, proyek, survei kartografi, magang laboratorium. 

Ini adalah beberapa syarat masuk jurusan pertambangan dalam beberapa abstrak dan garis besar. Adapun persyaratan yang lebih umum dan rinci biasanya akan tergantung pada peraturan universitas yang Anda tuju jadi tidak ada salahnya untuk bertanya terlebih dahulu.

Bagikan Artikel ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel