Welcome to Caritau.id, silakan Kamu Cari Tahu informasi menarik, terbaru, dan bermanfaat untuk orang lain. Selamat membaca!

Kepanjangan ISO dan Tujuan Penerapannya Dalam Perusahaan

Kepanjangan ISO dan tujuan penerapannya penting untuk diketahui. Dengan adanya ISO, ada standard yang telah diterapkan oleh suatu perusahaan.

Kepanjangan ISO dan Tujuan Penerapannya Dalam Perusahaan

Ketika membaca profil tentang perusahaan, Anda tentu kerap menemukan tulisan ISO, bukan? Ya, bisa dikatakan jika ISO adalah hal yang seringkali ditemukan, terutama pada perusahaan yang memiliki skala besar. Namun, apa sebenarnya kepanjangan ISO dan apa tujuan penerapannya dalam sebuah perusahaan?

Sekilas Tentang ISO

ISO sendiri merupakan kependekan dari The International Organization of Standardization. Maknanya adalah ISO merupakan suatu organisasi internasional yang bekerja untuk menetapkan standar internasional di bidang komersial dan industri dunia. 

Tidak hanya perihal kualitas produk saja, melainkan juga banyak hal lainnya seperti keamanan perusahaan, keamanan produksi dan lainnya. Oleh karenanya, ISO terdiri dari banyak jenis yang biasanya dibedakan dengan angka.

Tujuan Penerapan ISO Dalam Perusahaan

Pertanyaan yang kerap kali muncul adalah apa tujuan dari penerapan ISO dalam sebuah perusahaan tersebut? Perlu diketahui bahwa ada cukup banyak maksud dan tujuan penerapan ISO dalam suatu perusahaan. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut: 

1. Menunjukkan kredibilitas perusahaan

Salah satu tujuan penerapan ISO adalah kredibilitas perusahaan. Ini adalah hal yang penting karena ISO memberikan standard tentang bagaimana ciri dari perusahaan yang baik. Sebuah perusahaan yang sudah memiliki ISO berarti ia memiliki pengakuan telah menerapkan standard dengan tepat.

2. Peningkatan kepercayaan konsumen

Meningkatkan kepercayaan konsumen adalah hal penting bagi perusahan karena akan berdampak pada keuntungan yang didapatkan. Perlu diketahui bahwa konsumen nantinya memerlukan suatu alasan agar kepercayaan mereka tumbuh. Nah, ISO adalah alasan yang kuat bagi konsumen untuk mempercayai sebuah bisnis atau perusahaan.

3. Jaminan mutu 

Tujuan lain dari penerapan ISO dalam perusahaan adalah memberikan jaminan mutu. Seiring dengan persaingan perusahaan yang ketat, tentu jaminan mutu adalah senjata andalan untuk memenangkan persaingan. Nah, ISO adalah kunci untuk memberikan keyakinan tentang mutu produk perusahaan kepada setiap konsumen.

Demikian beberapa ulasan tentang kepanjangan ISO dan juga tujuan penerapannya. Bisa dikatakan jika ISO merupakan hal yang penting di mana akan berpengaruh pada bagaimana manajemen dan eksistensi sebuah perusahaan tersebut.

Bagikan Artikel ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel