Welcome to Caritau.id, silakan Kamu Cari Tahu informasi menarik, terbaru, dan bermanfaat untuk orang lain. Selamat membaca!

Apa yang Dimaksud Dengan Market Development? Dan Tips Mengembangkannya

Apa yang dimaksud dengan market development? Strategi ini penting dalam mendukung suatu bisnis mencapai targetnya.

Apa yang Dimaksud Dengan Market Development

Apa yang dimaksud dengan market development? Strategi pengembangan pasar atau market development merupakan strategi pertumbuhan bisnis yang berfokus pada membawa produk yang ada ke pasar baru. Perusahaan sering menggunakan strategi market development dalam mengidentifikasi dan mengembangkan peluang baru dengan tujuan peningkatan penjualan produk mereka di pasar yang sebelumnya belum pernah dimasuki. 

Misalnya, perusahaan yang membuat ponsel dan menjualnya kepada pelanggan di Indonesia mungkin memutuskan untuk mulai mengiklankan dan menjual ponsel serupa di Malaysia untuk menjangkau pelanggan baru. Bisnis juga bisa menggunakan strategi market development untuk menciptakan lini produk baru yang kemudian dijual kepada pelanggan baru atau pelanggan yang sudah ada. 

Misalnya, perusahaan yang sama yang membuat ponsel mungkin memutuskan untuk mulai memproduksi jam tangan pintar. Hal ini termasuk produk baru yang dapat mereka jual ke pelanggan yang sudah ada dan promosikan ke pelanggan baru. 

Menurut Igor Ansoff, bapak manajemen strategis, hanya ada 4 strategi pertumbuhan utama untuk bisnis: strategi diversifikasi, strategi penetrasi pasar, strategi pengembangan produk, dan strategi pengembangan pasar.

Mengapa Penting untuk Memiliki Market Development?

Penting dalam memiliki strategi market development karena akan sangat membantu Anda dalam menjangkau lebih banyak audiens potensial dan mengembangkan bisnis Anda. Membuat strategi pasar yang dikembangkan secara profesional juga dapat membantu Anda untuk: 

Dapat mengurangi biaya produksi Anda per unit.

Membawa nilai lebih bagi pelanggan.

Menarik pelanggan baru.

Mendukung pengembangan bisnis jangka panjang.

Mengembangkan produk atau layanan baru.

Menghasilkan lebih banyak penjualan dan prospek.

Meningkatkan kesadaran merek.

Meningkatkan ketahanan organisasi.

Meningkatkan margin pendapatan.

Meningkatkan penjualan dari pelanggan yang sudah ada.

Dapat meningkatkan kualitas produk atau layanan Anda.

Tips untuk Membuat Market Development

Dalam pengembangan strategi market development, tentunya ada beberapa tips yang bisa diikuti agar bisa mendapatkan hasil yang menguntungkan.

1. Menggunakan komunikasi yang jelas

Dalam menjalankan strategi masuk ke pasar yang sukses, sangat penting agar memastikan bahwa setiap anggota tim Anda telah memahami dengan jelas tujuan dan tugas yang menjadi tanggung jawab mereka. Gunakanlah bahasa sederhana ketika membagikan detail penting, dan hubungi anggota tim secara teratur untuk membantu mereka menjawab pertanyaan yang dimiliki.

2. Dokumentasikan detail penting

Cobalah untuk meluangan waktu dalam mencatat rincian kunci dari strategi masuk ke pasar Anda karena dapat membantu Anda mempresentasikan strategi yang baik kepada pemangku kepentingan utama serta memberikan Anda referensi untuk dipertimbangkan pada setiap tahap rencana Anda.

3. Berinvestasi dalam perangkat lunak dan alat yang tepat

Berhati-hati terhadap setiap software yang digunakan sehingga penggunaan software tersebut akan membantu Anda dalam mengukur pertumbuhan bisnis Anda dan bukan sebaliknya justru menjatuhkan Anda dan bisnis Anda. Dalam melakukan investasi pada software akan membantu meningkatkan efisiensi, komunikasi, serta lebih menghemat waktu.

4. Bersikap fleksibel

Memperluas ke pasar baru atau melakukan pengembangan produk baru tentunya harus membutuhkan kemampuan untuk beradaptasi dengan tren konsumen baru yang sedang berjalan dan perubahan industri yang umum terjadi. Tinjau strategi pengembangan pasar secara teratur dan uji KPI untuk menentukan apakah ada elemen rencana yang perlu disesuaikan.

Inilah penjelasan mengenai apa yang dimaksud dengan market development dan tips menjalankannya. Apabila Anda baru memulai startup dan berencana untuk mendapatkan bimbingan dari pakar produk secara langsung, Anda dapat mengunjungi startupstudio.id dari mentor yang telah berpengalaman di bidang bisnis untuk membantu Anda.

Bagikan Artikel ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel