Welcome to Caritau.id, silakan Kamu Cari Tahu informasi menarik, terbaru, dan bermanfaat untuk orang lain. Selamat membaca!

Tips Investasi Rumah di Masa Pandemi agar Tetap Untung

Jika kamu tertarik untuk investasi rumah di masa pandemi, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar investasimu menguntungkan.

Tips Investasi Rumah di Masa Pandemi agar Tetap Untung

Apakah investasi rumah di masa Pandemi akan aman dan menguntungkan?

Barangkali pertanyaan di atas sering kali muncul di benakmu yang sedang berniat untuk investasi properti. Mau bagaimanapun, pandemi Covid-19 memberikan dampak pada hampir seluruh instrumen investasi.

Namun, investasi rumah ternyata merupakan salah satu investasi yang paling diminati di masa pandemi. Dilansir dari Kompas.com, Market Behavior Survey IPW menyebutkan bahwa dari 285 responden penelitian, 51,06 % di antaranya memilih untuk berinvestasi rumah tapak. Berdasarkan penelitian tersebut, IPW memprediksi bahwa bisnis properti rumah akan lebih cepat mengalami pemulihan dibandingkan properti lainnya.

Tingginya minat investasi rumah bukan tanpa alasan. Properti rumah memang bisa dikatakan sebagai investasi yang menguntungkan di masa pandemi. Pada situasi pandemi, banyak pengembang yang menawarkan promosi dengan harga dan diskon yang sangat menarik. Selain itu, rata-rata harga rumah juga relatif terjangkau dibandingkan dengan properti lainnya.

Setelah pandemi, harga rumah tentunya akan kembali normal. Properti rumah juga terkenal sebagai investasi yang keuntungannya terus mengalami kenaikan. Hal inilah yang menyebabkan tingginya minat masyarakat untuk investasi rumah saat pandemi.

Walaupun prospeknya cukup baik, kamu juga harus tetap melakukan banyak pertimbangan sebelum membeli rumah. Jika kamu tertarik untuk investasi rumah di saat pandemi, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar investasimu menguntungkan.

Tips Investasi Rumah di Masa Pandemi

Cari Lokasi Rumah yang Strategis

Hal pertama yang harus dipertimbangkan sebelum investasi rumah adalah lokasi rumah. Carilah lokasi rumah yang strategis dan dekat dengan kantor maupun universitas. Jika lokasi rumah tidak jauh dari kedua tempat tersebut, potensi untuk disewakan kembali akan semakin besar.

Selain kantor dan universitas, pertimbangkan juga akses transportasi menuju lokasi calon rumahmu. Pastikan rumah tersebut mudah dijangkau oleh berbagai transportasi. Jangan sampai kamu membeli rumah murah namun berada di pedalaman yang sulit dijangkau, karena akan menyulitkanmu di kemudian hari.

Perhatikan Ketersediaan Fasilitas

Selain lokasi, pertimbangkan juga fasilitas yang tersedia di dalam perumahan. Apakah terdapat penjagaan selama 24 jam di sekitar rumah? Jika lokasi calon rumah rawan maling dan begal, kamu perlu mempertimbangkannya kembali. Mau bagaimanapun, keamanan dan keselamatan pada hunian adalah hal utama.

Tak hanya fasilitas dalam perumahan, pertimbangkan juga fasilitas umum yang tersedia di kawasan calon rumah. Apakah terdapat pasar, rumah sakit, sekolah, dan fasilitas umum lainnya di sekitar rumah? Jika iya, rumah tersebut layak untuk dipertimbangkan.

Perhatikan Prospek Rumah

Tips selanjutnya dalam investasi rumah di masa pandemi adalah memperhatikan prospek calon rumah. Beberapa prospek yang bisa menjadi pertimbangan diantaranya adalah keberadaan pembangunan infrastruktur di kawasan sekitar rumah, seperti akses jalan tol, jalur LRT, akses busway, dan lain sebagainya. 

Keberadaan pembangunan infrastruktur akan menambah potensi keuntunganmu di masa depan. Semakin banyak infrastruktur dan akses transportasi, maka harga rumah di lokasi tersebut akan semakin tinggi.

Pertimbangkan Membeli Rumah di Pinggir Kota

Ketika hendak berinvestasi rumah, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan beli rumah di pinggir kota. Banyak daerah pinggir kota yang memiliki akses tol maupun KRL menuju pusat kota, sehingga tidak ada salahnya berinvestasi rumah di kawasan tersebut.

Misalnya, kamu bekerja atau berbisnis di kawasan Jakarta, namun harga rumah di Jakarta sangatlah mahal. Cobalah untuk mencari rumah di Alam Sutera Tangerang yang memiliki akses langsung menuju Jakarta. Harga rumah di kawasan Tangerang tentunya belum setinggi atau semahal di Jakarta.

Membeli rumah di pinggir kota bukan berarti tidak memiliki prospek investasi yang baik Perumahan di kawasan pinggir kota justru memiliki banyak peminat karena lokasinya tidak sepadat pusat kota, namun mudah dijangkau.

Periksa Reputasi Pengembang

Hal terpenting ketika berinvestasi rumah saat pandemi adalah memperhatikan reputasi dari pengembang. Pilihlah pengembang yang reputasinya baik dan terpercaya. Periksa juga project perumahan yang pernah dikerjakan pengembang tersebut agar kamu bisa melihat kualitas bangunannya.

Salah satu kawasan perumahan yang dibangun oleh pengembang terbaik adalah rumah di Cluster Alam Sutera. Kawasan ini menyediakan berbagai perumahan dengan pengembang yang jelas sudah berpengalaman, sehingga kamu tidak perlu khawatir dengan kualitasnya.

-----

Itulah beberapa tips investasi rumah di masa pandemi yang bisa kamu lakukan. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi pertimbangan untukmu. Jika kamu tertarik untuk membeli rumah dengan lokasi strategis serta pengembang berkualitas, silahkan kunjungi situs CariProperti.com. Situs tersebut menyediakan berbagai pilihan rumah yang bisa dijadikan referensi.

CariProperti.com juga menyediakan jasa Property Advisor yang bisa  membantumu untuk menemukan rumah yang kamu impikan. Segera investasi rumah di masa pandemi hanya di CariProperti.com.

Bagikan Artikel ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel