Welcome to Caritau.id, silakan Kamu Cari Tahu informasi menarik, terbaru, dan bermanfaat untuk orang lain. Selamat membaca!

Cara Membersihkan Kerak Akuarium Membandel Dengan Bahan Alami

Cara membersihkan kerak akuarium bisa menggunakan ikan sapu-sapu, cuka dan air hangat, atau odol dan pasta gigi.

Bagi para pecinta hewan peliharaan ikan tentu akuarium sudah menjadi hal wajib yang ada di rumah. Namun, kondisi akuarium yang kotor, berkerak, kotoran yang telah mengeras hingga beberapa bagian yang terkikis selama bertahun-tahun tentu akan membuat rasanya kecewa dan ingin membeli baru. Namun sebenarnya ada cara membersihkan kerak akuarium yang bisa dilakukan sendiri di rumah. 

Membersihkan Akuarium di Rumah

Cara Membersihkan Kerak Akuarium Membandel Dengan Bahan Alami

1. Menggunakan Odol atau Pasta Gigi

Pertama-tama, terdapat cara termudah dan termurah untuk membersihkan kaca akuarium Anda dengan pasta gigi atau odol. Meskipun pasta gigi umumnya digunakan untuk membersihkan dan menjaga kesehatan gigi, telah terbukti sangat efektif untuk membersihkan kaca akuarium yang buram dan timbulnya kerak membandel.

Saat membersihkan kaca akuarium dengan cara ini, seluruh akuarium harus dibilas dengan air sehingga sangat disarankan untuk memindahkan ikan terlebih dahulu. Kemudian oleskan pasta gigi ke permukaan kaca yang kusam atau berkerak dan diamkan selama 15-30 menit. 

Tunggu hingga pasta gigi mengering barulah bilas bagian tersebut dengan air hangat dan kotoran atau kerak pada kaca pasti akan terlepas. Jangan lupa untuk menyeka permukaan kaca dengan kain kering agar lebih mengkilat dan memastikan agar semua kotoran sudah terlepas seluruhnya. 

2. Memelihara Ikan Pembersih (Ikan Sapu-sapu)

Bagi mereka yang kekurangan waktu, terdapat beberapa spesies ikan yang dapat membantu menjaga akuarium Anda tetap bersih yang bernama ikan sapu-sapu. Ikan sapu tidak hanya ikan hias, mereka juga sering digunakan untuk membersihkan kaca akuarium, terutama interiornya.

Dengan tubuh yang lengket di sisi-sisi akuarium, ikan hias air tawar ini mampu membersihkan akuarium dari lumut dan kotoran yang menempel di permukaan akuarium. Bahkan, ikan ini sering disebut sebagai ikan pemulung atau ikan bersih. Cobalah pelihara ikan sapu untuk membersihkan kaca di akuarium.

3. Pembersih Kaca Akuarium Magnet

Magnet pembersih kaca adalah barang yang berguna bagi pecinta akuarium atau mereka yang ingin memelihara ikan hias. Alat ini bekerja sangat efektif sebagai pembersih kaca akuarium. Dengan sikat di satu sisi dan magnet di sisi lain, Anda dapat membersihkan kaca akuarium tanpa merendam tangan Anda di dalam air. 

Penggunaannya sangat sederhana. Tempatkan magnet dengan pegangan di bagian luar dengan sisi sikat menghadap ke dalam. Kemudian gerakkan ke semua permukaan akuarium agar bagian dalamnya dalam disikat dengan baik tanpa harus memasukkan tangan ke dalam. 

4. Cuka dan Air Hangat

Cuka tidak hanya efektif untuk membersihkan marmer, porselen, atau granit, tetapi juga sangat efektif untuk membersihkan kaca akuarium dari kerak. Anda dapat mencampur cuka dan air dalam botol semprot dengan perbandingan 1:4 lalu semprotkan cuka cair pada permukaan kaca akuarium yang buram dan berkerak. Biarkan selama 15-20 menit. 

Jiksa sudah, bersihkan seluruh permukaan aquarium dengan kain kering sampai bersih. Bilas dengan air mengalir dan ulangi proses ini sampai kerak atau residu yang mengeras hilang. Setelah menggunakan cara ini, pastikan akuarium benar-benar sudah dibilas hingga bersih sebelum digunakan kembali, karena bahan cuka dapat membahayakan ikan hias kesayangan Anda.

Inilah beberapa cara membersihkan kerak akuarium dengan cara yang mudah dan alami. Namun jika ingin instan, Anda bisa menggunakan cairan pembersih khusus akuarium yang biasanya dijual di toko-toko yang menjual perlengkapan ikan hias. Untuk informasi kebersihan akuarium yang lebih lengkap atau lainnya, Anda dapat mengunjungi Cleanipedia.com.

Bagikan Artikel ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel