Welcome to Caritau.id, silakan Kamu Cari Tahu informasi menarik, terbaru, dan bermanfaat untuk orang lain. Selamat membaca!

Asam Urat Menyebabkan Kaki Bengkak dan Cara Mengatasinya

Asam urat menyebabkan kaki bengkak dan kalian bisa mengatasinya dengan beberapa cara alami dan efektif berikut ini.

Asam Urat Menyebabkan Kaki Bengkak dan Cara Mengatasinya

Asam urat adalah salah satu penyakit yang sangat menyiksa. Bagaimana tidak, pengidap akan kesulitan makan dan istirahat, khususnya saat kambuh. Biasanya, asam urat menyerang lansia. Penyebabnya adalah penumpukan purin pada persendian. Tanda-tandanya bisa dilihat, umumnya bengkak di area persendian. Asam urat bisa terjadi karena pola makan tak sehat. Jika asam urat menyebabkan kaki bengkak, apa yang harus dilakukan?

Atasi Bengkak Asam Urat dengan Kompres Dingin

Salah satu cara paling mudah mengatasi pembengkakan pada kaki akibat asam urat adalah dengan kompres dingin. Selain mudah, cara ini disarankan dokter. kalian cukup menyiapkan es batu dan balut dengan kain. Alternatif lainnya adalah mengisi botol dengan air es & es. Setelah itu, letakkan pada area yang membengkak atau nyeri.

Lakukan cara ini secara rutin sekitar 10 hingga 20 menit agar hasilnya maksimal. Umumnya, pembengkakan akan mengempis setelah 1 hingga 2 hari. Cara ini bisa mencegah peradangan di sendi yang terkena asam urat. Pasalnya, kompres dingin mempunyai suhu rendah dan bisa merangsang penyempitan darah serta memperlambat aliran darah menuju area pembengkakan sendi.

Kalian juga bisa mengkombinasikannya dengan kompres hangat. Setelah melakukan kompres hangat, ikuti dengan melakukan kompres dingin. Untuk membuat kompres hangat, cukup basahi handuk kecil dengan air hangat atau panas. Setelah itu, letakkan ke tote bag untuk mencegah luka bakar. Kompres hangat sebaiknya dilakukan kurang lebih 3 menit. Lalu diikuti kompres dingin kurang lebih 30 deitk.

Cara Lain Mengatasi Bengkak Kaki Akibat Asam Urat

Setelah mengetahui bahwa asam urat menyebabkan kaki bengkak, kalian harus tahu cara-cara mengatasinya. Selain dengan menggunakan kompres hangat & kompres dingin, ternyata ada beberapa cara lain yang bisa kalian lakukan:

1. Daun Sidaguri

Daun sidaguri mengandung zat phlegmatic, lubrikan, minyak atsiri, alkaloid, oksalat, tannin, fenol, saponin, asam amino, dan kalsium. Caranya adalah dengan mengkonsumsi air rebusan daun sidaguri. Cara lain adalah dengan mengoleskan tubukan daun ini ke bagian yang membengkak.

2. Daun Salam

Daun salam mengandung flavonoid, polifenol, minyak atsiri, dan tannin yang dapat mengatasi bengkak. Caranya adalah dengan minum air rebusan daun salam 2 kali sehari secara rutin.

3. Daun Kumis Kucing

Daun kumis kucing memiliki sifat diuretic dan mengandung kalium yang dapat dengan efektif meredakan pembengkakan. Caranya adalah dengan mencampur 10 gram daun kumis kucing, 10 gram kapulaga, dan 10 gram jahe. Rebuslah bahan-bahan tersebut secara bersamaan. Setelah itu, minumlah air rebusannya secara rutin setiap hari.

4. Daun Bidara

Daun bidara mengandung aldehid, keton, flavonoid, natrium, alkali, dan kalsium yang bisa menurunkan kadar purin di dalam tubuh. Caranya adalah dengan meminum rebusan daun bidara 3 kali sehari secara rutin.

5. Daun Pare

Daun pare mengandung vit. A, vit. B1, vit. B12, vit. C, vit. E, polipeptida, asam folat, alkaloid, dan glikosida. Jika kalian mengalami bengkak di kaki akibat asam urat, konsumsilah air rebusan daun pare 3 kali sehari secara rutin agar hasilnya maksimal.

Karena asam urat menyebabkan kaki bengkak, kalian bisa mencoba cara-cara di atas. Sendi memang sangat rawan, terutama jika mengidap asam urat. Untuk sendi yang lebih sehat, anlene menawarkan produk-produk terbaiknya. Informasi lebih jauh tentang berbagai produk yang ditawarkan dan tips-tips penting bisa kalian dapatkan di anlene.com.

Bagikan Artikel ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel