Welcome to Caritau.id, silakan Kamu Cari Tahu informasi menarik, terbaru, dan bermanfaat untuk orang lain. Selamat membaca!

Kenali Perbedaan Anxiety dan Panic Attack

Berikut ini adalah penjelasan tentang perbedaan anxiety dan panic attack.

Perbedaan Anxiety dan Panic Attack

Gangguan mental memiliki berbagai macam jenis, sama halnya dengan penyakit fisik. Misalnya adalah seperti anxiety disorder dan panic attack. Terdengar mirip, namun keduanya memiliki perbedaan, namun sama-sama dapat menggangu aktivitas pengidapnya. Berikut ini adalah penjelasan tentang perbedaan anxiety dan panic attack.

Definisi

Perbedaan pertama mari kita lihat dari segi definisinya terlebih dahulu. Pertama anxiety disorder dapat didefinisikan sebagai gangguan mental yang dicirikan dengan gejala kecemasan. Sementara, panic attack didefinisikan sebagai munculnya perasaan takut yang muncul secara intens dan tiba-tiba.

Panic attack bisa terjadi pada siapapun, namun anxiety disorder adalah gejala bagi orang memiliki gangguan mental. Jadi, sudah jelas bukan bagaimana perbedaan dari definisinya. 

Pemicu

Perbedaan kedua bisa dilihat dari segi gejalanya, anxiety disorder dipicu oleh fobia yang terlalu tinggi. Gejala ini bisa terjadi dalam waktu yang lama, bisa berbulan-bulan, minggu ataupun beberapa hari. 

Sementara untuk panic attack tidak memiliki pemicu dan bisa muncul secara tiba-tiba. Biasanya hal ini bisa terjadi saat seseorang berada pada tempat yang asing atau sedang mendapatkan tekanan dari lingkungan disekitarnya. Keduanya, baik anxiety disorder maupun panic attack bisa diatasi oleh pengidapnya sendiri.

Variasi Gejala

Anxiety disorder memiliki beberapa gejala, di antaranya adalah gangguan tidur, nyeri otot, pikiran yang tidak tenang dan sebagainya. Sementara itu, panic attack disebabkan oleh perasaan takut berlebih, hilang kendali dan mengalami kesadaran lepas dari lingkungan sekitarnya atau yang bisa disebut dengan depersonalisasi.

Dua gangguan mental ini hampir memiliki gejala yang sama, namun tetap memiliki perbedaan satu sama lain. Jadi, kamu harus pintar-pintar dalam membedekan kedua penyakit ini, agar penanganannya pun lebih tepat. Namun, keduanya juga memiliki gejala fisik yang sama, yaitu sakit pada dada, sakit kepala dan gejala fisik lainnya.

Itulah tadi sedikit penjelasan tentang perbedaan anxiety dan panic attack. Jadi, sekaran kamu sudah tahu apa saja bedanya, jangan sampai salah penanganan. Kamu bisa pergi ke psikolog untuk bisa memastikan gangguan apa yang sedang terjadi, agar tidak terjadi kesalahan penanganan.

Bagikan Artikel ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel