Welcome to Caritau.id, silakan Kamu Cari Tahu informasi menarik, terbaru, dan bermanfaat untuk orang lain. Selamat membaca!

Kenapa Obesitas Bisa Jadi Penyebab Kanker? Simak Penjelasannya

Terdapat tiga cara bagaimana obesitas bisa memicu penyakit kanker, berikut adalah penjelasannya.

Obesitas Bisa Jadi Penyebab Kanker

Orang-orang yang mengalami obesitas sangat rentan sekali terserang berbagai macam penyakit, salah satunya bisa menjadi penyebab kanker. Hal tersebut dikarenakan terganggungnya keseimbangan hormone karena proporsi lemak yang berlebih di dalam tubub. Terdapat tiga cara bagaimana obesitas bisa memicu penyakit kanker, berikut adalah penjelasannya.

1. Peningkatan Kadar Insulin

Pertama, orang dengan berat badan berlebih memiliki kadar insulin yang tinggi. Peningkatan kadar ini akan memicu munculnya beberapa jenis kanker pada tubuh. Bahaya sekali bukan, jadi selalu jaga berat badan kamu dengan pola hidup sehat dan pola makan teratur, sesuai dengan kebutuhan gizi harian.

2. Peradangan Kronis

Tidak hanya kanker, peradangan kronis juga memiliki potensi untuk memicu berbagai macam penyakit, seperti stroke, diabetes dan penyakit jantung. Jadi, kamu harus selalu memperhatikan kemungkinan adanya tanda-tanda peradangan pada sistem dalam tubuh. Peradangan kronis bisa terjadi karena sistem kekebalan tubuh bekerja terlalu keras.

Ada beberapa tanda ketika tubuh mengalami peradangan. Diantaranya adalah adanya masalah dalam kosentrasi dan memori, nyeri tubuh, kelemahan otot, resistensi insulin, ruam kulit, energi rendah, lendir berlebihan, dan masalah perut.

3. Jumlah Estrogen yang Tinggi

Estrogen adalah hormon alami yang diproduksi oleh tubuh wanita, dan lebih sedikit pada tubuh pria. Menjaga hormon ini agar tetap dalam jumlah yang stabil adalah hal yang penting, karena jika berlebih akan berdampak pada masalah kesehatan. Kelebihan hormon estrogen juga bisa disebut dengan hiperestrogenisme.

Ada beberapa dampak buruk ketika tubuh mengalami kelebihan hormon ini, baik pada wanita maupun pada pria. Salah satunya adalah kanker yang tentunya sangat mengancam. Obesitas akan sangat mempengaruhi kadar hormon ini dalam tubuh, jadi selalu jaga berat badan kamu, agar terhindar dari kanker dan berbagai macam masalah kesehatan lainnya.

Jadi itulah tadi beberapa alasan kenapa obesitas dapat menjadi penyebab kanker. Ada beberapa kanker yang dipicu oleh obesitas, diantaranya adalah kanker payudara, kanker endometrium, kanker kolorektal, kanker ginjal, dan kanker esophagus. Oleh karenanya, penting sekali untuk selalu menjaga berat badan, agar terhindar dari berbagai macam masalah kesehatan.

Bagikan Artikel ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel