Welcome to Caritau.id, silakan Kamu Cari Tahu informasi menarik, terbaru, dan bermanfaat untuk orang lain. Selamat membaca!

Inilah Ciri - Ciri Penyakit GERD yang Dialami Bayi

Ciri – ciri penyakit GERD sendiri bisa ditunjukkan dengan gejala yang berbeda, berikut beberapa ciri-ciri nya.

Ciri - Ciri Penyakit GERD yang Dialami Bayi

Selamat datang pada blog yang memberikan informasi dan tips yang bisa memberikan pengetahuan bagi kamu yang belum tahu menjadi tahu, kali ini saya ingin memberikan informasi yang berkaitan dengan penyakit lambung yaitu GERD, jika kamu penasaran teruskan membaca sampai selesai.

GERD mempunyai gejala yang bisa timbul dalam jangka waktu tertentu. Seperti bisa timbul dua kali seminggu bahkan juga berbulan-bulan. Ciri – ciri penyakit GERD sendiri bisa ditunjukkan dengan gejala yang berbeda.

Hal tersebut bisa dibedakan tergantung dari siapa yang mengalami GERD tersebut, karena untuk dewasa, anak-anak, dan bayi mempunyai gejala yang berbeda. Untuk dewasa dan anak-anak mempunyai gejala yang tidak jauh berbeda. Sedangkan untuk gejala GERD yang dialami oleh bayi yang perlu diketahui oleh orangtua adalah:

1. Sering muntah

Gejala pertama yang sering dialami oleh bayi ketika GERD kumat adalah sering muntah. GERD dapat menyebabkan makanan yang dikonsumsi akan naik lagi ke kerongkongan. Sehingga hal ini juga akan dialami oleh bayi yaitu naiknya makanan kembali ke kerongkongan dan bisa membuatnya muntah. Naiknya makanan ke kerongkongan ini akan membuat bayi tersedak, batuk, hingga muntah mengeluarkan makanan yang ada di dalam perutnya. Bahkan dalam hal yang dalam tahap berbahaya dan tidak diatasi dengan segera, gejala naiknya makanan ke atas kerongkongan tersebut juga membuat bayi yang susah bernafas. Oleh karena itulah sebaiknya orang tua bisa memperhatikan gejala ini yang akan bisa mengatasinya dengan mudah sebelum GERD bisa lebih berbahaya.

2. Merasa tidak nyaman setelah makan

Bayi tentunya masih belum bisa untuk mengutarakan apa yang dirasakan kecuali dengan menunjukkannya lewat cara berkomunikasi ala bayi. Termasuk juga ketika bayi merasa tidak nyaman setelah makan yang disebabkan oleh GERD. Ketika mengalami GERD, sama seperti yang dialami oleh orang dewasa akan membuat perutnya tidak nyaman. Hal tersebut juga bisa terjadi pada bayi. Akan tetapi untuk menyampaikan hal tersebut, bayi akan lebih sering membungkukkan tubuhnya. Apabila bayi sedang melakukan hal tersebut, maka bisa menjadi salah satu ciri dari gejala GERD yang bisa dikenali. Bayi juga mengalami kolik yaitu menangis terus-menerus selama lebih dari 3 jam tanpa penyebab yang jelas. Hal ini bisa diperhatikan karena bisa merupakan tanda dari bayi yang mengalami GERD.

3. Berat badan turun

Bayi mempunyai pertumbuhan yang akan mudah dikenali oleh orang tua. Sehingga apabila mengalami penurunan berat badan juga tentunya akan menjadi pertanda GERD yang mudah untuk dikenali. Ketika GERD akan membuat rasa yang tidak nyaman di perut dan kerongkongan seperti yang telah dijelaskan di atas. Bagi orang tua yang kurang peka tidak akan mempermasalahkan hal tersebut dan justru membuat GERD lebih parah. Hal tersebut akan membuat bayi yang justru turun berat badannya padahal makan dengan teratur dan diberikan makanan bergizi.

4. Bayi susah tidur

Ciri terakhir bayi yang mengalami GERD yang harus diperhatikan adalah ketika bayi susah tidur. Pada umumnya bayi mempunyai waktu tidur yang panjang apabila dalam kondisi sehat. Tetapi apabila mengalami GERD hal tersebut juga akan membuat bayi susah tidur seperti pada orang dewasa dan anak-anak. GERD akan memburuk kondisinya apabila berbaring dalam posisi tidur. Sehingga hal tersebut akan membuat bayi susah tidur karena isi lambung yang naik ke kerongkongan.

Di atas merupakan ciri - ciri dari penyakit GERD yang perlu diperhatikan apabila bayi mempunyai kondisi GERD. Setelah mengetahui bahwa bayi mengalami GERD, sebaiknya atasi dengan tepat. Salah satunya adalah dengan menggunakan obat asam lambung naik yang mudah ditemukan di pasaran.

Tetapi pastikan bahwa obat tersebut aman dikonsumsi oleh bayi seperti dari Promag yang sudah aman dikonsumsi baik bagi bayi maupun ibu hamil untuk mengatasi GERD dan gangguan lambung lainnya.

Bagikan Artikel ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel