Welcome to Caritau.id, silakan Kamu Cari Tahu informasi menarik, terbaru, dan bermanfaat untuk orang lain. Selamat membaca!

Sejarah Momen Mental Health Day yang Menarik Diketahui

Mental Health Day merupakan hari peringatan yang penting dan perlu dipahami oleh semua orang.

Sejarah Momen Mental Health Day yang Menarik Diketahui

Mental Health Day merupakan peringatan yang baru saja dirayakan sebagai wujud peduli dengan kesehatan mental. Hari kesehatan mental diperingatkan pada tanggal 10 Oktober. Berikut sejarah hari kesehatan mental yang menarik untuk diketahui. 

Tahun 1992 hari kesehatan mental dipelopori oleh  Federasi Dunia untuk Kesehatan Mental. Peringatan yang dikomandokan oleh Wakil Sekretaris Jenderal Federasi Kesehatan Mental Dunia (WFMH), Richard Hunter. 

Beliau merupakan bagian dari sebuah organisasi internasional yang berdiri pada 1948. Organisasinya memang bergerak untuk meningkatkan pemahaman mengenai kesehatan mental dunia. Perayaan hari kesehatan mental pertama ini mengikutsertakan lebih dari 150 negara.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa peringatan hari kesehatan mental dengan tujuan meningkatkan kesadaran warga dunia terhadap masalah kesehatan mental. Bagi WHO peringatan ini akan menggunakan hubungan kerja sama antara Kementerian Kesehatan dan pertubuhan masyarakat madani di seluruh dunia. 

WHO bahkan mendukung berbagai pengembangan bahan teknis dan komunikasi untuk kesehatan mental. WHO juga menjadi bagian sebagai mobilisasi mendukung kesehatan mental dunia. Kebiasaan yang dilakukan setiap tanggal 10 Oktober akan membuat berbagai agenda peduli kesehatan mental. Mengusung berbagai isu yang berhubungan dengan kesehatan mental. 

Tema khusus yang dibentuk pertama kalinya pada tahun 1994 yaitu Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan Mental di Seluruh Dunia. Sejak tahun 1994 ini lah setiap tahunnya peringatan hari kesehatan mental selalu memiliki tema yang berbeda-beda. 

Salah satu tema yang menarik ada di tahun 2019 yaitu tentang promosi kesehatan mental dan pencegahan bunuh diri. Sebagaimana diketahui bunuh diri merupakan sebuah tindakan yang bisa terjadi karena dampak dari mental yang tidak sehat. 

Tema pada tahun 2020 tentang gerakan untuk kesehatan mental: Mari berinvestasi. Tema yang mengusung semua orang harus berupaya menjaga kesehatan mentalnya. Di mana semua orang bisa memulai investasi kapan pun diinginkan. 

Selanjutnya tema tahun 2021 yang baru saja diperingati adalah Kesetaraan dalam Kesehatan Jiwa untuk Semua. Tema yang mengharapkan bisa memberikan akses layanan lebih baik untuk menjamin kesehatan mental seperti halnya kesehatan fisik.

Mental Health Day merupakan hari peringatan yang penting dan perlu dipahami oleh semua orang. Bagaimanapun kesehatan mental sangat mempengaruhi kesehatan fisik agar bisa hidup sehat jasmani dan rohani.

Bagikan Artikel ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel