Welcome to Caritau.id, silakan Kamu Cari Tahu informasi menarik, terbaru, dan bermanfaat untuk orang lain. Selamat membaca!

3 Kelebihan Vaksin Moderna dan Efek Sampingnya

Berikut Beberapa Kelebihan Vaksin Moderna dan Efek Sampingnya Yang Harus Anda Ketahui Terlebih Dahulu.

Kelebihan Vaksin Moderna dan Efek Sampingnya

Vaksin moderna merupakan jenis vaksin untuk mencegah bahaya COVID-19. Vaksin ini sudah ada izin Emergency Use Authorization (EUA) yang diberikan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Vaksin ini sudah mulai ada di Indonesia dan satu persatu masyarakat sudah mendapatkannya terkhususnya profesi dengan risiko lebih rentan seperti tenaga kesehatan. 

Efektivitas Vaksin

Efektivitas vaksin ini memiliki kelebihan 94,1 persen yang jauh lebih tinggi dari vaksin COVID-19 jenis lainnya. Efektifitas setinggi 94,1 berlaku pada rentang usia 18-65. Berbeda efektifitasnya pada usia di atas 65 tahun sebesar 86,4. 

Tingginya efektifitas vaksin ini tentunya membuatmu tidak perlu lagi ragu untuk melakukan vaksinasi agar tubuh bisa terhindar dari risiko terkena COVID-19. Efektivitas vaksin ini bahkan masih bertahan sampai lebih dari 6 bulan untuk dosis kedua. 

Terciptanya Antibodi Varian Lain

Vaksin COVID-19 jenis Moderna memiliki kelebihan bisa menghasilkan antibodi untuk mengatasi berbagai jenis varian COVID-19. Hal ini karena vaksin Moderna terbuat dari teknologi baru yang merupakan komponen materi genetik yang direkayasa mirip virus untuk memicu reaksi kekebalan tubuh. 

Berbeda dengan vaksin lainnya dibuat menggunakan virus yang dilemahkan atau dimatikan. Jadi, setelah melakukan vaksin ini, kamu tidak perlu panik lagi dengan berbagai varian COVID-19 yang terus bermunculan. Antibodi kamu dengan vaksin ini lebih baik dibandingkan vaksin lainnya. Hanya saja vaksin ini perlu tempat penyimpanan dengan suhu minus 20 derajat celcius. 

Vaksin Moderna Aman untuk yang komorbid

Salah satu kekhawatiran saat akan melakukan vaksin adalah takut efeknya sangat berbahaya bagi orang dengan komorbid seperti penyakit paru kronis, penyakit jantung, obesitas, diabetes, HIV, dan liver hati. Jadi tinggal menyiapkan diri untuk melakukan vaksin. 

Efek Samping setelah Vaksin jenis Moderna

1. Sakit di Area Suntik

Efek samping di area suntik yang akan dirasakan adalah nyeri saat digerakkan. Bekas suntik itu juga bisa bengkak dan kemerahan yang membuatmu merasa tidak nyaman. 

2. Merasa Nyeri

Efek yang dirasakan setelah vaksin nyeri di bagian otot dan sendi. Kamu perlu beristirahat setelah merasakan nyeri ini. Jangan dipaksakan bergerak karena bisa saja efeknya menjadi lebih tinggi. 

3. Demam

Efek yang paling umum dirasakan setelah vaksin adalah demam. Hanya saja demamnya masih di batas wajar. Beberapa orang akan demam disertai dengan menggigil. Mual dan muntah juga bisa terjadi dan membuat aktivitas menjadi terhambat. Saat demammu juga akan merasa lelah dan mengalami sakit kepala. 

Vaksin Moderna berasal dari dari Amerika Serikat. Vaksin Moderna juga lebih mudah disimpan dengan suhu 20 derajat Celcius yang bisa bertahan 6 bulan. Jika disimpan di kulkas bisa bertahan lebih kurang satu bulan. Apa pun jenis vaksinnya sama-sama bekerja melatih tubuh untuk membentuk antibodi.

Bagikan Artikel ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel