Welcome to Caritau.id, silakan Kamu Cari Tahu informasi menarik, terbaru, dan bermanfaat untuk orang lain. Selamat membaca!

5 Cara Mengurangi Efek Samping Vaksin COVID-19

Berikut ini beberapa cara mengurangi efek samping vaksin COVID-19 yang bisa Anda lakukan.

Cara Mengurangi Efek Samping Vaksin COVID-19

Kesehatan adalah sesuatu yang mahal untuk itu perlu dijaga dengan baik. Upaya pencegahan yang lebih baik dari pada mengobati tentunya membuatmu harus lebih peduli dengan kesehatan. Bagian dari pencegahan bahaya COVID-19 dengan melakukan vaksinasi. Berikut ini cara mengurangi efek samping vaksin COVID-19.

1. Konsumsi Vitamin C

Efek samping vaksin bisa dikurangi dengan mengonsumsi vitamin C yang manfaatnya untuk  meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kamu bisa mendapatkannya dari berbagai jenis buah atau bisa langsung mengonsumsi vitamin C dalam bentuk tablet. 

Pilihan lainnya vitamin C bisa didapatkan dengan mengonsumsi minum jeruk dengan kandungan vitamin C sesuai kebutuhan tubuh. Vitamin C yang diterima tubuh akan mencegah terjadinya peradangan setelah vaksinasi.

2. Makan Makanan Sehat

Setelah dan sebelum vaksinasi kamu harus menghindari makanan yang memicu peradangan yaitu makanan seperti junk food atau makanan olahan lainnya yang instan. Makanlah makanan yang sehat dengan lauk-pauk dan sayuran agar efek samping vaksin nantinya tidak mengganggu aktivitasmu. 

3. Konsumsi Rempah

Indonesia kaya dengan berbagai jenis rempah. Cara mengurangi efek samping vaksin COVID-19 bisa dengan mengonsumsi rempah karena memiliki  sifat anti inflamasi. Salah satu jenis rempah yang disarankan adalah kunyit. 

Kamu bisa meminum air rebusan kunyitnya atau menambahkan kunyit ke dalam makanan yang dimasak sebagai pilihan. Selain rempah ternyata beberapa jenis ikan juga bisa menjadi sumber anti inflamasi yang membantu mengurangi efek samping pasca vaksinasi yaitu ikan salmon, teri, dan sarden. 

4. Minum Air Putih

Setelah melakukan vaksinasi pastikan kamu minum air putih sesuai kebutuhan tubuh untuk mengurangi efek samping vaksinnya. Air yang diminum tidak mengandung alkohol karena ini berbahaya sekali bisa menekan sistem imun tubuh dan menyebabkan dehidrasi. 

Apalagi jika kamu mengalami demam setelah vaksin harus lebih banyak lagi minum air putih. Saat demam juga jangan menggunakan selimut tebal. Kamu cukup mengenakan baju yang bahannya menyerap keringat saja. 

5. Lakukan Kompres

Cara lainnya untuk mengurangi efek samping vaksin COVID-19 dengan melakukan kompres menggunakan air dingin. Kompres pada area suntikan yang terasa nyeri. Kamu bisa menggunakan es batu dibalut kain untuk mengompres agar lebih mudah. 

Gunakan pakaian yang nyaman pasca vaksinasi untuk bisa beristirahat dengan lebih nyaman. Jika tangan terasa kebas maka gerakan perlahan-lahan agar tidak kaku dan nyerinya bisa berkurang. Kompres dilakukan sampai dirasa nyeri pada area suntikkan vaksinnya sudah berkurang. 

Cara mengurangi efek samping vaksin ini bisa kamu terapkan sebelum dan setelah vaksinasi. Jaga kesehatan dengan makanan bergizi dan melakukan olahraga agar imunitas terjaga dengan baik. Tidak perlu cemas saat akan divaksin, kamu harus bisa mengendalikan pikiran agar tidak mengalami stress atau pun panik. Jika ada gejala yang parah setelah vaksin lakukan pemeriksaan.

Bagikan Artikel ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel