Welcome to Caritau.id, silakan Kamu Cari Tahu informasi menarik, terbaru, dan bermanfaat untuk orang lain. Selamat membaca!

6 Ciri Kulit Sehat Bersih, Glowing, dan Bebas Jerawat

Ciri kulit sehat bisa dilihat dari kondisi kulit seperti bebas jerawat, tidak berjerawat, lembab, dan lainnya.

Setiap orang tentu ingin memiliki kulit yang sehat baik itu kulit tubuh apalagi kulit wajah. Dengan memiliki kulit wajah yang sehat akan membuat orang-orang lebih percaya diri. Mungkin Anda bertanya-tanya bagaimana kita bisa tahu apakah kulit kita sudah sehat. Apa saja ciri kulit sehat? Sebenarnya tidak sulit untuk membedakan kulit yang sehat yang tidak sehat.

Ciri-ciri Kulit Wajah yang Sehat

Ciri Kulit Sehat Bersih, Glowing, dan Bebas Jerawat

1. Kulit terhidrasi dengan baik

Salah satu ciri kulit wajah yang sehat adalah kandungan kelembapannya. Kelembapan ini biasanya ditentukan oleh hidrasi kulit yang baik. Kulit wajah yang lembab umumnya akan lebih elastis, mengurangi kerutan, dan pastinya terhidrasi dengan baik. Menjaga kulit tetap terhidrasi biasanya dari penggunaan produk pelembap secara teratur.

Gunakan secara teratur setidaknya di pagi dan malam hari. Jangan lupa juga untuk minum air putih 8 gelas sehari dan perbanyak makan buah dan sayur yang menjadi kunci kulit yang terhidrasi. Kulit kering dan berminyak adalah salah satu tanda kurangnya kelembapan. Kulit yang baik adalah yang dapat menyerap semua produk perawatan kulit. Terhidrasi berarti meningkatkan penyerapan nutrisi oleh kulit.

2. Warna kulit merata

Jenis dan warna kulit berbeda untuk setiap orang, tetapi warna kulit bisa menjadi ukuran kulit yang sehat. Namun bukan dilihat dari warna kulit seperti putih, sawo matang, cokelat, dll, itu semua tidak ada hubungannya melainkan yang terpenting dalam ciri kulit sehat adalah memiliki warna kulit yang merata.

Kulit kusam biasanya ditandai dengan perbedaan warna (pigmen) yang tersebar di permukaan kulit. Bintik-bintik putih yang gatal pada kulit atau ada juga flek hitam karena efek terkena sinar matahari yang merupakan tanda penuaan dini. Kemerahan pada kulit adalah tanda peradangan atau kerusakan pada kulit, dan kulit kusam atau gelap di sekitar mata bisa menunjukkan kulit kering.

3. Tekstur lebih halus

Bukan hanya kulit yang lembab, kulit yang memiliki tekstur yang halus juga merupakan ciri-ciri kulit yang sehat. Jika Anda memiliki jerawat atau komedo, ini menandakan bahwa Anda memerlukan perawatan khusus untuk mengatasi masalah kulit di wajah Anda tersebut. Minum banyak air dan cobalah makan sehat setiap hari. Atur pola hidup yang sehat maka kondisi kulit juga akan berubah.

4. Kulit segar dan bercahaya

Ciri-ciri seseorang memiliki kulit sehat adalah memiliki kulit yang segar dan bercahaya atau yang sekarang sering disebut glowing. Kondisi ini biasanya memiliki tingkat kelembapan wajah yang seimbang. Kondisi kulit ini butuh di exfoliate setidaknya seminggu sekali untuk membuang sel-sel kulit mati dan menggantinya dengan yang baru sehingga dapat menjaga kesegarannya dan tidak kusam.

5. Kulit lebih elastisitas

Untuk kulit elastis biasanya lebih plump ketika ditarik atau ditekan. Elastisitas kulit berkaitan erat dengan tingkat hidrasi dan juga kadar kolagen pada kulit. Kulit yang tidak terhidrasi dengan baik apalagi memiliki kadar kolagen yang sedikit maka akan membuat kulit kehilangan elastisitasnya.

6. Bebas jerawat dan keriput

Kulit wajah yang bebas jerawat dan kerutan merupakan ciri dari kulit wajah yang sehat. Kulit wajah yang bebas dari kedua masalah biasanya dirawat dengan perawatan yang tepat karena tidak ada jerawat merah atau garis halus pada kulit wajah. Garis tipis biasanya menunjukkan tanda-tanda penuaan. Untuk mencegah kulit keriput yaitu dengan menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit Anda dari radikal bebas dan paparan sinar matahari UVA dan UVB.

Kulit yang mengalami penuaan dini biasanya memiliki kerutan di wajah. Ini biasanya terjadi pada orang yang berusia di atas 20 tahun ke atas. Timbulnya jerawat juga bisa karena gaya hidup yang tidak sehat. Untuk mendapatkan semua ciri kulit sehat ini, selalu jaga pola makan yang sehat, minum air putih yang cukup, dan menggunakan produk perawatan kulit wajah yang sesuai dengan kebutuhan kulit.

Bagikan Artikel ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel