Welcome to Caritau.id, silakan Kamu Cari Tahu informasi menarik, terbaru, dan bermanfaat untuk orang lain. Selamat membaca!

Mengenal 5 Manfaat Tanaman Patah Tulang

Tanaman patah tulang yang terkenal bisa menjadi solusi bagi beragam jenis masalah kesehatan tubuh, terutama mengobati kondisi patah tulang.

Manfaat Tanaman Patah Tulang

Ada beragam jenis tanaman obat yang ternyata begitu mudah ditemukan di sekitar kita. Tanaman-tanaman ini bisa digunakan secara gratis dan memberi banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah tanaman patah tulang yang terkenal bisa menjadi solusi bagi beragam jenis masalah kesehatan tubuh. Berikut akan dibahas apa saja manfaat dari tanaman obat yang satu ini. 

1. Pengobatan Patah Tulang

Disebut daun patah tulang karena memang daun ini dikenal ampuh untuk mengobati kondisi patah tulang. Fraktur tulang menjadi salah satu masalah kesehatan yang sering terjadi dan bisa menimbulkan dampak besar bagi tubuh manusia. Selain mendapatkan penanganan medis, patah tulang juga bisa dipercepat proses penyembuhannya dengan memanfaatkan tanaman obat ini.

Bagian yang bisa digunakan untuk mengatasi patah tulang adalah tapal batang atau kulit dari daun patah tulang. Caranya yaitu dengan menggosokkan getah patah tulang ini ke bagian yang sakit. Kulit luar dari daun tanaman ini juga bisa dihaluskan kemudian dibalurkan ke bagian yang mengalami patah tulang lalu dibalut.

2. Meringankan Sakit Gigi

Bagi kamu yang sering mengalami sakit gigi, daun tanaman ini ternyata juga bisa dijadikan pilihan solusi. Kamu bisa meneteskan getah patah tulang ini ke bagian gigi yang menderita sakit. Lakukan proses ini sebanyak dua kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Namun, penting untuk diketahui bahwa proses pengobatan sakit gigi dengan tanaman obat ini harus dilakukan hati-hati. Getah yang diteteskan ke gigi tidak boleh sampai tertelan. Jika tertelan, getah ini bisa memicu terjadinya mual, muntah, juga nyeri di kepala. Hal ini disebabkan oleh getah patah tulang yang memiliki kandungan racun jika masuk ke tubuh.

3. Luka Tertusuk Kaca

Seringkali karena tidak hati-hati tangan atau kaki bisa tertusuk kaca, duri, atau benda tajam lainnya. Jika hal ini terjadi maka akan timbul luka terbuka. Salah satu manfaat pohon patah tulang adalah mengobati luka terbuka akibat tusukan benda tajam seperti ini. 

Cara penggunaannya mudah, kamu bisa memanfaatkan getah dari daun patah tulang untuk dioleskan ke bagian yang terluka. Getah ini kemudian akan membantu mengeluarkan bagian duri atau kaca yang masuk ke kulit. Meskipun bersifat racun, ternyata daun ini juga ampuh mengobati beragam jenis luka. 

4. Kapalan

Pernah mengalami kapalan? Biasanya kondisi ini terjadi di permukaan telapak tangan atau kaki. Salah satu manfaat yang bisa didapatkan dari tanaman patah tulang adalah mengatasi kondisi kapalan semacam ini. 

Caranya, rebus daun dan ranting patah tulang dengan 4 liter air sampai airnya berkurang setengah. Rendam bagian kulit yang kapalan dengan air rebusan patah tulang ini kurang lebih 30 menit.

Untuk menyempurnakan proses penyembuhan kapalan, setelah direndam kamu bisa menumbuk param. Param terbuat dari trusi yang ditumbuk halus kemudian dicampur putih telur. Oleskan param ini ke bagian yang kapalan kemudian balut area tersebut.

5. Mengusir Nyamuk

Manfaat pohon patah tulang ternyata begitu beragam, salah satunya adalah mengusir nyamuk. Kamu bisa menggunakan ranting kering dari tanaman obat ini untuk diletakkan di dalam ruangan. Ranting kering tersebut akan menjadi pengusir nyamuk alami sehingga menghindarkan kamu dari gigitan nyamuk nakal.

Itulah tadi 5 manfaat tanaman patah tulang yang bisa kamu rasakan. Ternyata jenis tanaman ini memiliki beragam fungsi dan bisa begitu bermanfaat bagi manusia. Namun, tetap berhati-hati karena getah dari tanaman ini bersifat racun. Pastikan untuk selalu mencuci tangan dengan bersih setelah mengolah tanaman ini. Jangan sampai getah tanaman tertelan dan menimbulkan masalah lainnya.

Bagikan Artikel ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel