Welcome to Caritau.id, silakan Kamu Cari Tahu informasi menarik, terbaru, dan bermanfaat untuk orang lain. Selamat membaca!

Cari Tahu Jenis-Jenis Dongeng Sunda dan Contohnya

Salah satu jenis dongeng yang ada di Indonesia adalah dongeng Sunda. Berikut jenis-jenis dan contoh nya.

Jenis-Jenis Dongeng Sunda dan Contohnya

Jika kamu mendengar kata dongeng, hal yang pertama kamu ingat adalah masa kecil ketika kamu tidur diceritakan cerita rakyat oleh orang tua agar kamu cepat tertidur. Namun, tahukah kamu bahwa dongeng merupakan warisan nenek moyang secara turun-temurun yang harus kita lestarikan. Salah satu jenis dongeng yang ada di Indonesia adalah dongeng Sunda.  Kira-kira apa saja jenis dan contohnya?

Dongeng Sasatoan (Fabel)

Dongeng ini adalah dongeng tentang binatang, dimana tokoh-tokoh dalam dongeng adalah binatang yang memiliki penggambaran watak dan sifat seperti manusia. Dongeng Fabel merupakan salah satu dongeng yang paling banyak diceritakan oleh orang tua karena di dalamnya memiliki pesan moral.

Dalam perkembangannya, dongeng tak hanya memakai binatang sebagai tokoh namun juga menggunakan tumbuhan. Nah, beberapa contoh cerita sunda sasatoan (fabel) adalah si Kancil dan si Buaya, serta Sakadang Kuya Jeng Sakadang Monyet.

Dongeng Sasakala (Legenda)

Legenda merupakan salah satu jenis dongeng yang dipercaya oleh beberapa penduduk setempat kisah ceritanya benar-benar terjadi. Namun, sebagian juga berkeyakinan bahwa tempat kejadian yang dikisahkan dirasa sesuai, sehingga tempat dalam dongeng tersebut dianggap suci dan sakral. Contoh dongeng Sunda tentang legenda adalah Tangkuban Perahu.

Dongeng Sage (Babad)

Jenis dongeng sage adalah dongeng yang memiliki tema tentang kisah sejarah tokoh yang memiliki keberanian, kepahlawanan, kesaktian ataupun keajaiban seseorang atau kaum tertentu. Biasanya dongeng sage dipercaya dengan kuat dan benar terjadi di mata beberapa kalangan. Adapun contoh dongeng sage adalah Sangkuriang dan Kean Santang.

Dongeng Kahirupan Jalma Biasa (Parabel)

Parabel merupakan jenis cerita Sunda yang kisah ceritanya mengandung nilai-nilai pendidikan, baik pendidikan moral atau pendidikan lainnya yang disampaikan secara tersirat. Jenis dongeng satu ini bisa dibilang lentur dan setiap orang dapat membuatnya. Namun, dongeng parabel biasanya lebih sering ditujukan kepada anak-anak sebagai pengantar pesan edukasi. Nah, contoh dongeng parabel adalah Kabayan.

Dongeng Para Nabi atau Wali (Mitos)

Mitos atau mite adalah dongeng yang memiliki latar belakang sejarah serta dipercayai oleh masyarakat sebagai cerita yang benar-benar terjadi. Biasanya, dongeng mitos berhubungan dengan kepercayaan, benda gaib, roh atau dewa-dewi yang dipercaya punya kekuatan gaib. Contoh dongeng mitos yang populer adalah dongeng Dewi Sri, Munjung, Maung Kajajaden dan Ngipri.

Manfaat Dongeng

Jika kamu menyukai dongeng, tentu saja kamu harus mengetahui apa saja manfaat dongeng. Berikut ini beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan jika menyukai dan membaca sebuah dongeng. 

1. Merangsang Kekuatan Berpikir

Dongeng biasanya dipenuhi dengan petualangan, binatang yang bisa bicara, dan makhluk ajaib dari segala jenis. Jika kamu membaca sebuah dongeng, maka akan merangsang imajinasi dan membantu kamu untuk mengembangkan kreativitas. Nah, kreativitas ini yang nantinya akan membantu kamu untuk berpikir di luar kebiasaan, memecahkan masalah dan meningkatkan kecerdasan.

2. Media untuk Menanamkan Nilai

Membaca sebuah dongeng juga tak hanya sebagai dasar untuk pengembangan literasi namun juga memberikan penekanan pada berbagai nilai dan perilaku lintas budaya. 

3. Menumbuhkan Minat Baca

Membaca dongeng juga memiliki manfaat untuk menumbuhkan minat baca. Membaca akan mengajarkan kosakata baru, meningkatkan imajinasi, meningkatkan proses kreatif, dan menjadikan pembelajaran yang baik secara keseluruhan.

4. Menumbuhkan Rasa Empati

Dongeng juga mengajarkan pelajaran tentang benar dan salah, mengatasi masalah, mengatasi ketakutan namun dengan sedikit eksplorasi dan pertanyaan yang tepat. Jadi, kamu bisa memahami emosi dan membantu generasi berikutnya tumbuh menjadi manusia yang lebih baik dan berempati.

Nah, itulah jenis-jenis dan contoh dongeng Sunda. Mungkin diantara kamu semua dongeng yang dibaca sejak kecil baru disadari ternyata terbagi ke dalam beberapa jenis. Saat ini, jika kamu ingin membaca dongeng kamu bisa menggunakan media online, lho.

Bagikan Artikel ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel