Welcome to Caritau.id, silakan Kamu Cari Tahu informasi menarik, terbaru, dan bermanfaat untuk orang lain. Selamat membaca!

Manfaat Minum Teh Biru Bagi Kesehatan Tubuh

Berikut beberapa manfaat minum teh biru bagi kesehatan tubuh agar lebih baik.

Manfaat Minum Teh Biru Bagi Kesehatan Tubuh

Teh tentu saja bukan menjadi minuman yang terdengar asing, namun teh biru memang belum banyak dikenali dan dikonsumsi. Teh ini berasal dari bunga telang yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. 

1. Antioksidan yang Baik

Teh ini mengandung antioksidan yang sangat baik bagi tubuh karena bisa mengeluarkan racun di dalam tubuh. Sekaligus bisa bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang disebabkan oleh polusi udara ataupun terik sinar matahari. 

2. Menurunkan Berat Badan

Buat kamu yang sedang berupaya menurunkan berat badan bisa mengonsumsi teh ini. Di mana teh bisa menurunkan berat badan yang sekaligus bisa melawan penyakit hati berlemak. Kandungan yang akan bekerja adalah cateching EGCG dan epigallocatechin gallate untuk membakar kalori yang ada di dalam tubuh. Nantinya metabolisme tubuh juga akan semakin baik. 

3. Menyehatkan Mata

Teh biru memiliki manfaat untuk menyehatkan mata dengan kandungan antioksidannya yaitu proanthocyanidin. Cara kerjanya dengan meningkatkan aliran darah menuju ke bagian kapiler mata. Masalah mata seperti kerusakan retina, penglihatan yang kabur, dan glaukoma bisa terhindari. 

4. Mengobati Diabetes

Manfaat lainnya yang bisa didapatkan dengan minum teh ini adalah mengobati penyakit diabetes. Di mana teh biru bisa mengurangi kadar glukosa yang ada di dalam tubuh. Teh ini sudah dikenal sebagai obat anti diabetes di banyak kalangan karena cara kerjanya bisa memperlambat penyerapan glukosa di dalam tubuh, sehingga gula darah tetap stabil. 

5. Menyehatkan Jantung

Penyakit jantung tidak hanya dialami oleh orang tua, saat ini gaya hidup dan aktivitas membuat orang dengan usia muda pun bisa terkena penyakit jantung. Teh biru ini sangat membantu sekali untuk menyehatkan jantung karena bisa bekerja sangat efektif untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. 

Teh akan bekerja mengekang hiperlipidemia yaitu lemak dalam darah. Jadi kamu tidak akan mengalami masalah kolesterol tinggi yang bisa berakibat buruk bagi jantung. Tinggal minum teh biru secara rutin saja setiap harinya. 

6. Kulit yang Sehat

Kulit merupakan komponen tubuh yang sangat terlihat jika terjadi masalah kesehatan. Teh biru ini juga memiliki manfaat untuk membuat kamu mendapatkan kulit yang sehat. Kamu bisa minum rutin teh biru setiap harinya untuk membuat antioksidan di dalam tubuh optimal untuk mencegah terjadinya kerusakan sel dan jaringan. 

Di dalam teh biru ini ada kandungan flavonoid yang bisa membantu meningkatkan kolagen di dalam tubuh. Tidak hanya sehat, keriput di kulit pun akan tersamarkan karena elastisitas kulit terjaga dengan baik. 

7. Mencegah Kanker

Kamu tentu tahu kanker merupakan penyakit yang belum ada obatnya sampai saat ini. Maka mencegah terkena kanker jauh lebih baik dan perlu dilakukan sejak dini. Teh biru ini ternyata bisa membantu untuk mencegah terjadinya kanker di dalam tubuh. 

Di mana antioksidan yang ada di dalam teh akan menurunkan sel penyebab kanker. Kerusakan sel di dalam tubuh sebagai pemicu penyakit kanker pun akan terhindari. Semakin sedikit sel yang berisiko mengalami kerusakan maka kamu akan semakin aman dari risiko terkena penyakit kanker. 

8. Meningkatkan Metabolisme

Tubuh yang sehat tentunya memiliki sistem metabolisme yang bekerja dengan baik. Manfaat minum teh biru ini untuk kesehatan bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Jika metabolisme tubuh berjalan dengan baik maka risiko dari berbagai penyakit akan lebih kecil. 

9. Meningkatkan Daya Ingat

Teh dari bunga telang yang menghasilkan warna biru saat diseduh ini memiliki manfaat untuk menyehatkan bagian otak. Di mana saat meminumnya ingatan akan meningkat karena kandungan di dalam teh bisa meningkatkan fungsi kolinergik. Kandungan yang bekerja yaitu  asetilkolin. 

10. Menurunkan Hipertensi

Darah tinggi bisa dialami oleh siapa saja dengan berbagai faktor penyebab. Teh biru bisa digunakan untuk menurunkan masalah hipertensi karena adanya kandungan enzim theanine. Enzi mini bekerja dengan mengatur tekanan darah di dalam tubuh agar bisa tetap stabil. 

Kamu akan mendapatkan banyak manfaat bagi kesehatan saat minum teh biru. Teh ini cocok sekali diminum saat kamu sedang banyak masalah atau membutuhkan ketenangan karena kandungan di dalam teh bisa membantu mengatasi stress dan depresi yang sedang dialami. Mood bisa kembali membaik setelah meminumnya.

Bagikan Artikel ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel