Welcome to Caritau.id, silakan Kamu Cari Tahu informasi menarik, terbaru, dan bermanfaat untuk orang lain. Selamat membaca!

Beberapa Jenis Olahraga di Rumah untuk Menjaga Kesehatan

Adapun beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan di rumah untuk tetap menjaga kesehatan adalah sebagai berikut.

Beberapa Jenis Olahraga di Rumah untuk Menjaga Kesehatan

Menjaga kesehatan merupakan hal yang penting untuk dilakukan setiap orang. Untuk tubuh tetap sehat tersebut, salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan berolahraga dengan rutin. Apabila ingin tubuh tetap bugar dan sehat, maka luangkan waktu setidaknya 30 menit sehari untuk berolahraga.

Olahraga yang dilakukan juga tidak perlu harus berada di gym dan menggunakan alat-alat yang lengkap. Tetapi cukup berolahraga di rumah terutama di saat pandemi yang membuat banyak orang takut untuk berkegiatan di luar rumah. Adapun beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan di rumah untuk tetap menjaga kesehatan adalah:

1. Lompat tali

Berolahraga di rumah biasanya bisa memilih jenis yang tidak membutuhkan alat. Ataupun apabila membutuhkan alat maka cukup pilih olahraga dengan alat yang mudah didapatkan seperti lompat tali. Olahraga ini merupakan jenis latihan kargo yang dapat membakar kalori hingga 220 dalam waktu 20 menit saja. Anda bisa melakukan olahraga ini spot yang memungkinkan untuk dapat melakukan latihan lompat tali. Hal lain yang perlu diperhatikan ketika akan melakukan olahraga ini adalah pilih jenis latihan high impact. Waktu yang dibutuhkan sendiri sekitar 10-30 detik untuk 5-10 sirkuit. Akan tetapi bagi yang sudah terbiasa maka bisa untuk memilih sesi yang lebih lama.

2. Jogging di tempat

Jogging juga merupakan olahraga lainnya yang dapat dipilih untuk tetap menjaga kesehatan dengan olahraga di rumah. Anda tidak harus lari di sekitar lingkungan rumah, tetapi juga bisa melakukannya di rumah dengan jogging di tempat. Walaupun terlihat sederhana, tetapi jogging di tempat juga menawarkan banyak keuntungan kesehatan yang bisa didapatkan. Seperti dapat meningkatkan denyut jantung dan juga bisa menjadi latihan pemanasan sebelum olahraga lainnya. Jogging di tempat bisa dilakukan setidaknya 30 menit dan digabungkan dengan lompat tali atau olahraga lainnya.

3. Senam

Jenis olahraga selanjutnya yang dapat dipilih dan dilakukan di rumah adalah senam. Ada banyak jenis senam yang dapat membuat tubuh banyak bergerak dan tetap sehat. Senam ini juga bisa menjadi pilihan olahraga untuk dilakukan dengan anak-anak, karena mempunyai banyak gerakan yang menyenangkan. Anda bisa melakukan olahraga senam di rumah pada pagi hari di halaman rumah. Sehingga juga akan mendapatkan asupan vitamin D ketika berolahraga dari sinar matahari yang didapatkan. Sebelum senam, pastikan juga mengajak si kecil untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu. Pilih juga senam yang mempunyai gerakan menyenangkan seperti zumba atau senam yang populer lainnya.

4. Angkat beban

Angkat beban bisa menjadi pilihan olahraga lainnya untuk dilakukan di rumah. Anda bisa angkat beban dengan menggunakan alat seadanya, sehingga tidak perlu pergi ke gym dan cukup dilakukan di rumah. Cukup gunakan alat yang dapat digunakan untuk melakukan olahraga ini seperti timba yang berisi air, sisa botol yang berisi air, atau juga bisa membeli barbel dengan berat ringan yang bisa didapatkan dengan mudah dan harga murah.

5. Body workout

Pilihan olahraga di rumah terakhir adalah body workout dengan melakukan gerakan-gerakan tertentu. Ada banyak aplikasi yang dapat diunduh untuk mengetahui gerakan yang digunakan untuk tujuan body workout yang diinginkan. Seperti untuk mengecilkan perut, membentuk bokong, mengecilkan tangan, dan lainnya. Latihan body workout yang bisa dilakukan seperti jumping jack, push up, leg lift, hingga sit up. Berbagai gerakan tersebut mempunyai banyak manfaat baik memperkuat otot, latihan kardio, hingga pemanasan.

Bagikan Artikel ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel