Welcome to Caritau.id, silakan Kamu Cari Tahu informasi menarik, terbaru, dan bermanfaat untuk orang lain. Selamat membaca!

Kenali Jenis-Jenis Obat Yang Bisa Jadi Pertolongan Pertama Saat Asam Lambung

Berikut ini diantaranya ada beberapa jenis obat-obatan yang ternyata sangat efektif digunakan untuk mengatasi naiknya asam lambung dalam tubuh.

Jenis-Jenis Obat Yang Bisa Jadi Pertolongan Pertama Saat Asam Lambung

Melemahnya sfingter esofagus memang besar kemungkinan menjadi penyebab asam lambung naik hingga ke bagian kerongkongan. Hal inilah yang menyebabkan rasa terbakar dan juga kurang nyaman. Hal tersebut jika dibiarkan secara terus-menerus dalam jangka waktu lama tentunya akan mengiritasi area kerongkongan bukan. Bahkan juga tidak mustahil dapat menyebabkan penyakit kanker, karena kerongkongan yang iritasi biasanya akan memicu mutasi pada sel-sel didalamnya.

Untuk itu penting sekali mengenali sebenarnya apa saja gejala dari naiknya asam lambung tersebut. hal ini nantinya akan membantu Anda lebih cepat tanggap di dalam mengobatinya. Pengobatan sedini mungkin dapat mencegah hal-hal yang tidak diinginkan agar tidak sampai terjadi.

Beberapa orang umumnya akan mengandalkan pengobatan secara alami, jika memang kondisi yang dialami tidak terlalu parah. Hanya saja jika kondisinya sudah cukup parah dan tidak tertahankan, maka ada baiknya untuk secara langsung melakukan konsultasi ke dokter, sehingga nantinya akan diresepkan obat-obatan untuk mengatasi kondisi tersebut.

Patut untuk diketahui, berikut ini diantaranya ada beberapa jenis obat-obatan yang ternyata sangat efektif digunakan untuk mengatasi naiknya asam lambung dalam tubuh, yaitu:

1. Antasida, umumnya banyak dokter yang akan meresepkan obat jenis antasida untuk penderita asam lambung tersebut. dengan mengonsumsi antasida ketika asam lambung tengah naik. Maka hal ini secara efektif akan membantu dalam meredakan rasa panas atau heartburn di sekitar perut maupun dada. Obat yang satu ini umumnya akan bekerja dengan sangat cepat dalam hitungan menit setelah dikonsumsi. Umumnya kandungan yang ada didalamnya juga aman sehingga dapat dikonsumsi mulai dari usia anak-anak sampai dengan dewasa. Hanya saja mungkin ada beberapa orang yang mengalami intoleransi atau alergi akan merasakan efek samping obat ini layaknya diare dan juga sembelit, sehingga dapat dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

2. Histamin-2 blocker, dikenal juga dengan H2 blocker, obat yang satu ini dapat bekerja dengan cara mengurangi produksi asam lambung. Memang cukup efektif digunakan untuk mengatasi masalah asam lambung, hanya saja masih tidak bisa mengatasi iritasi yang disebabkan olehnya. Reaksi yang ditunjukkan oleh obat ini juga tidak secepat antasida, biasanya adalah beberapa jam setelah dikonsumsi.

3. Inhibitor pompa proton, obat jenis PPI ini akan bekerja dengan cara menghambat produksi asam lambung dan sering kali diresepkan pada penderita GERD. Obat yang satu ini pada dasarnya memang sangat ampuh untuk mengendalikan produksi asam lambung, sangat cocok digunakan untuk orang-orang yang sering bermasalah dengan asam lambung. Efek yang ditunjukkan juga cukup lama jika dibandingkan dengan H2 blocker. Ia tak hanya dapat bekerja untuk mengendalikan produksi asam lambung, melainkan juga melindungi kerongkongan dari cairan tersebut.

4. Promotility agent, obat yang satu ini bekerja dengan cara merangsang otot-otot yang ada pada saluran pencernaan, jadi nantinya akan mencegah agar cairan asam tidak tinggal terlalu lama di dalam perut, juga dapat memperkuat sfingter esofagus yang ada di bagian bawah, serta dapat mengurangi intensitas asam lambung yang naik ke bagian kerongkongan. Biasanya obat tersebut juga menyebabkan efek samping, seperti kelelahan, mengantuk dan juga diare.

Itulah beberapa jenis obat untuk mengatasi asam lambung naik, untuk merknya sendiri juga banyak sekali. Namun usahakan tidak asal beli, lebih baik konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda, sehingga menemukan yang cocok.

Referensi:

Torrance Memorial Physician Network. Diakses pada 2020. Ulcer and Gastritis

Medical News Today. Diakses pada 2020. What are gastric and duodenal ulcers?

Promag. Diakses pada 2020. 9 Pemicu asam lambung naik yang harus diwaspadai

Bagikan Artikel ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel