Welcome to Caritau.id, silakan Kamu Cari Tahu informasi menarik, terbaru, dan bermanfaat untuk orang lain. Selamat membaca!

Sedikit Tapi Tetap Kenyang, Ini Dia Tips Makan Sehat dari Dokter Spesialis Jantung

Berikut ini adalah tips makan sehat dokter spesialis jantung agar makan sedikit namun tetap bisa kenyang.

Tips Makan Sehat dari Dokter Spesialis Jantung

Menjaga pola hidup yang sehat harus dilakukan oleh siapa saja dan tidak terbatas pada mereka yang sakit saja. Termasuk juga menjaga pola makan yang sehat juga harus dilakukan, utamanya pada Anda yang memiliki penyakit jantung atau baru saja melakukan operasi jantung. 

Bagi para pasien penyakit jantung yang sudah menyelesaikan operasi jantung mereka dengan baik, diimbau untuk terus menerapkan pola makan yang sehat. Pasien juga diminta untuk menjaga porsi makan agar berat badan tetap ideal dan tidak berisiko obesitas atau kelebihan berat badan. 

Tapi masalahnya, terkadang banyak orang yang merasa tidak kenyang jika hanya makan sedikit saja. Lalu, bagaimana solusinya? Apakah harus tetap makan dalam porsi banyak, yang justru bisa memicu kelebihan berat badan? Ada beberapa tips makan sehat dokter spesialis jantung agar makan sedikit namun tetap bisa kenyang. 

Tips Makan Sehat Dokter Spesialis Jantung, Sedikit Tapi Tetap Kenyang

Untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar, makan dengan gizi seimbang serta porsi yang cukup adalah kuncinya. Hanya saja terkadang banyak orang, mungkin juga termasuk Anda merasa tidak kenyang jika porsi makan tidak banyak. Lalu bagaimana mengatasinya?

Nah, berikut ini adalah tips makan sehat dokter spesialis jantung agar makan sedikit namun tetap bisa kenyang:

1. Minum Air Putih

Menurut salah satu dokter spesialis jantung, cara agar Anda bisa makan dengan porsi yang tidak terlalu banyak namun bisa kenyang adalah dengan minum air putih terlebih dahulu sebelum memulai makan. 

Dengan minum  air putih lambung Anda akan menjadi lebih renggang. Saat lambung menjadi renggang, mereka akan mengirim sinyal ke otak agar nantinya Anda tidak makan terlalu banyak atau berlebihan. 

2. Makan Buah Sebelum Makan Nasi

Selain minum air putih, Anda juga bisa mengkonsumsi buah sebelum makan nasi. Rasa asam atau manis buah juga dapat mengirim sinyal ke otak Anda agar nantinya Anda makan nasi dengan porsi yang sedikit. Buah juga membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga otomatis Anda dapat mengurangi porsi makan besar.

Baca Juga : Kapan Periksa Yang Tepat Ke Dokter Jantung?

3. Mengunyah Makanan dengan Perlahan

Mengunyah secara perlahan dapat membantu enzim dalam tubuh Anda untuk dapat menyerap makanan dengan lebih baik. Selain itu otak Anda membutuhkan waktu sekitar 15 – 20 menit untuk menerima sinyal bahwa perut Anda sudah kenyang. Dengan begitu, ketika Anda makan secara perlahan maka otak akan menerima sinyal kenyang tersebut dengan tepat waktu, dan disaat yang sama Anda tak perlu makan berlebihan. 

4. Manajemen Porsi Makan

Ambillah porsi makan dengan sedikit nasi, sedikit lauk dan perbanyak sayur. Sayur mengandung banyak serat, sama seperti buah-buahan. Kandungan serat ini dapat mempertahankan rasa kenyang lebih lama, sehingga Anda pun tetap data makan dengan porsi sedikit namun tahan kenyang. 

Beberapa tips makan sehat dokter spesialis jantung ini cukup mudah untuk dilakukan, jadi selamat mencoba!

Bagikan Artikel ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel