Welcome to Caritau.id, silakan Kamu Cari Tahu informasi menarik, terbaru, dan bermanfaat untuk orang lain. Selamat membaca!

Cara Mengasah Kemampuan Programming

Salah satu cara untuk mengasah kemampuan programming adalah dengan mengikuti kursus programming.

Cara Mengasah Kemampuan Programming

Teknologi yang berkembang sangat pesat tentu memberi dampak yang signifikan untuk perubahan di era ini, akan tetapi teknologi bisa membahayakan umat manusia jika manusia itu sendiri tidak siap. Untuk itu penting sekali kita sebagai generasi muda mempunyai bekal untuk transformasi digital ini, salah satunya dengan belajar bahasa pemrograman atau programming. Dengan programming, kita bisa menjadi tuan dari mesin-mesin cerdas yang akan hadir di masa depan. Selain itu kita bisa membuka peluang dan potensi Indonesia menjadi lebih maju dari segi perekonomian serta untuk berinovasi membuat perubahan lebih baik dalam menghadapi era industri digital.

Sebelum kita mempelajari programming lebih dalam lagi, kita harus tahu terlebih dahulu apa sih sebenarnya programming itu dan apa saja bahasa dalam programming tersebut. Mari kita bahas dengan seksama.

Apa Itu Programming

Programming adalah membuat sekumpulan code sesuai dengan aturan penulisan (syntax) tertentu dari bahasa pemrograman yang digunakan. Bahasa pemrograman ini sendiri ada bermacam-macam. Untuk saat ini ada beberapa bahasa pemrograman yang populer dan banyak digunakan, antara lain java, HTML, CSS, Python, Ruby, Anguarjs dan masih banyak lainnya. Kita bisa memberikan daftar instruksi pada perangkat komputer sesuai dengan tujuan pembuatan apakah android, website atau mobile.

Saat melakukan proses programming kita harus mengikuti syntax (aturan bahasa pemrograman). Sama seperti bahasa manusia, bahasa pemrograman juga memiliki tata bahasanya sendiri, sehingga komputer tidak akan memprosesnya jika perintah yang kita masukan tidak benar. Jika syntax yang kita tuliskan tidak sesuai maka program tidak akan berjalan.

Pada dasarnya kode programming dianggap sebagai bahasa sehari-hari. Komputer akan menerima instruksi dan pengguna mulai mengikuti apa yang tertulis. Perlu diketahui bahwa pada saat menulis kode programming, maka harus benar-benar memperhatikan dengan baik, karena sistem komputer merupakan mesin yang bisa saja menerima kode apapun saat diberi sebuah inputan. Jadi harus hati-hati karena tidak boleh memasukkan kode yang salah, jika terjadi kesalahan maka harus melakukan debugging yang tentu akan memakan banyak waktu.

Kursus Programming

Salah satu cara untuk mengasah kemampuan programming adalah dengan mengikuti kursus programming. Sekarang ini banyak sekali bermunculan kursus-kursus programming dari berbagai institusi. Kursus programming efektif untuk mengasah keahlian yang bersifat sangat teknis yang biasanya tidak diajarkan pada dunia pendidikan. Dunia pendidikan IT biasanya hanya fokus kepada teori dan jarang mengajarkan kepada kemampuan teknis yang mumpuni agar seorang programmer bisa diserap oleh industri IT.

Banyak sekali tersedia jenis-jenis kursus programming. Mulai dari kursus html, kursus javascript, kursus jquery, kursus sql, kursus java, kursus java spring dan lain sebagainya. Kursus programming yang lazim adalah dilakukan di dalam kelas dan dipandu oleh seorang instruktur atau pengajar. Biasanya jumlah peserta kursus programming itu terbatas, mungkin hanya lima orang atau sepuluh orang. Dengan peserta yang terbatas akan membuat peserta kursus dapat dilatih dengan lebih efektif oleh para instruktur pelatihan. 

Akhir-akhir juga banyak berkembang kursus programming online. Kursus programming online ini sendiri mempunyai banyak jenis juga. Kursus programmming melalui video youtube misalnya, jenis ini biasanya gratis. Jenis lain adalah kursus programming melalui platform e-learning berbayar. Peserta kursus bisa menonton video tutorial programming dari topik paling dasar sampai topik paling advance.  

Terdapat juga kursus programming dengan metode bootcamp. Metode bootcamp biasanya melakukan pelatihan programming secara intensif dan menyeluruh. Metode bootcamp biasanya memakan waktu cukup lama, mulai dari satu bulan bahkan bisa tiga bulan. Peserta yang lulus dari bootcamp programming biasanya akan mendapatkan fasilitas penempatan kerja. 

Bagikan Artikel ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel