Welcome to Caritau.id, silakan Kamu Cari Tahu informasi menarik, terbaru, dan bermanfaat untuk orang lain. Selamat membaca!

Manfaat Susu Almond dan Jenis Susu Nabati Lainnya

Apa Saja Manfaat Susu Almond dan Jenis Susu Nabati Lainnya? Yuk Cari Tau di Caritau.id

Manfaat Susu Almond

Belakangan ini manfaat susu almond dan susu nabati lainnya makin dikenal di kalangan masyarakat Indonesia. Kini, semakin banyak produsen susu yang menawarkan berbagai produk susu nabati untuk menggantikan susu sapi bagi orang yang tidak bisa mengonsumsi susu hewani.

Susu nabati juga banyak digunakan oleh para vegetarian dan dijadikan alternatif bagi mereka yang tengah berdiet. Terdapat beberapa jenis susu nabati yang ada di pasaran saat ini, seperti almond, kedelai, kacang tanah, mete, dan oat.

5 Jenis Susu Nabati dan Manfaatnya

Susu nabati umumnya terbuat dari kacang-kacangan atau biji-bijian. Bahan dasar yang berbeda membuat produk susu nabati bervariasi dalam hal nutrisi maupun rasa. Untuk Anda yang tertarik mengonsumsi susu nabati, berikut 5 jenis susu nabati yang banyak dipasarkan saat ini:

1. Susu Kedelai

Susu dari kacang kedelai paling mudah Anda temukan di pasaran. Banyak pedagang di pinggir jalan menawarkan susu kedelai dengan harga ramah di kantong. Anda juga bisa membeli di swalayan dalam bentuk kemasan. Susu kedelai memiliki nutrisi paling mendekati susu sapi sehingga menjadi alternatif yang tepat untuk mendapatkan manfaat susu sapi tanpa harus mengonsumsi susu sapi.

Banyak orangtua yang memberikan susu kedelai sebagai nutrisi untuk anak-anak, terutama anak yang mengalami masalah  intoleransi terhadap laktosa.

Susu kedelai juga banyak digunakan untuk membantu orang yang melakukan diet sebab rendah kolesterol dan mengandung lemak tak jenuh. Manfaat susu kedelai di antaranya dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Selain itu, kandungan progesteron dan estrogen di dalamnya mampu memberikan keseimbangan hormon pada wanita yang mengalami menopause.

2. Susu Almond

Manfaat susu almond adalah memberikan vitamin E yang tinggi dan dapat mencukupi kebutuhan vitamin harian tubuh. Bahan dasar dari susu ini adalah kacang almond dan air. Untuk mendapatkan susu almond, Anda dapat mengolahnya sendiri di rumah dengan membeli bahan dasar kacang almond dan menghaluskannya.

Namun, kebanyakan orang lebih tertarik untuk membeli produk kemasannya. Hal ini karena lebih praktis dan cepat. Namun, Anda harus waspada karena susu almond kemasan mungkin mengandung bahan pengental, pengawet, atau penguat rasa.

Jika ingin mengonsumsi susu almond tanpa repot dan tanpa mengandung zat berbahaya, Anda bisa membeli dari pembuat susu almond rumahan. Biasanya usaha rumahan tidak menggunakan bahan-bahan berbahaya. Meski demikian akan memiliki jangka waktu penyimpanan lebih pendek.

3. Susu Mete

Kacang mete memiliki rasa yang enak dan seringkali dimanfaatkan untuk membuat berbagai camilan nikmat. Selain dibuat camilan ternyata kacang mete juga dapat diproduksi menjadi susu nabati yang sangat baik bagi kesehatan.

Kandungan di dalamnya dapat meningkatkan kontrol gula darah dalam tubuh. Zat yang terkandung dalam kacang mete yaitu asam anakardat memiliki kemampuan untuk merangsang penyerapan gula darah.

Tidak terdapat laktosa di dalam susu mete sehingga sangat cocok untuk Anda yang alergi terhadap laktosa dalam susu sapi. Karena rendah laktosa, kandungan karbohidrat dalam susu mete lebih tinggi dan bisa membantu penderita diabetes untuk mengontrol gula darah.

4. Susu Oat

Oat merupakan salah satu jenis bahan pokok yang saat ini banyak digunakan di masyarakat. Terutama untuk yang tengah melakukan diet. Kandungan vitamin B yang tinggi membuat oat dapat membantu meningkatkan kesehatan rambut, kuku, dan kulit.

Selain itu, juga meningkatkan suasana hati positif sehingga membantu memerangi stres. Oat sangat bagus dikonsumsi sebagai menu sarapan. Anda bisa menjadikannya sereal atau susu oat. Meskipun tidak memiliki nutrisi sebaik gandum utuh, kandungan dalam susu oat tetap akan memberikan banyak manfaat.

Serat tinggi dalam oat mampu mengikat dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah sehingga meminimalkan risiko penyakit jantung. Anda bisa membuat susu oat sendiri atau membeli dalam bentuk kemasan siap minum atau pakai.

5. Kacang Tanah

Sangat mudah menemukan kacang tanah di pasaran dengan berbagai varian dan kualitas. Kacang tanah sendiri sudah banyak dimanfaatkan masyarakat Indonesia baik untuk camilan, bahan kue, bahkan bumbu masakan.

Jika diminta menyebutkan makanan berbahan kacang tanah Anda akan menemukannya dengan mudah. Ternyata selain dapat dikonsumsi sebagai bahan makanan, Anda juga bisa mengolah kacang tanah menjadi susu.

Nutrisi di dalamnya seperti vitamin E dan vitamin B yang dapat menangkal radikal bebas dan membantu metabolisme tubuh. Namun, jenis susu ini tidak cocok untuk Anda yang alergi kacang-kacangan.

Ketika Anda tidak bisa mengonsumsi susu sapi karena intoleransi terhadap laktosa di dalamnya, bukan berarti harus berhenti mengonsumsi susu. Anda bisa memanfaatkan berbagai jenis susu nabati yang terdapat di pasaran. Manfaat susu almond dan berbagai susu nabati lainnya, tidak kalah dengan nutrisi susu sapi.

Bagikan Artikel ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel