Welcome to Caritau.id, silakan Kamu Cari Tahu informasi menarik, terbaru, dan bermanfaat untuk orang lain. Selamat membaca!

Inilah Beberapa Cerita Rakyat yang Populer Di Indonesia

Berikut ini ada beberapa cerita rakyat Indonesia yang cukup populer di kalangan anak-anak dan cukup bagus untuk diceritakan kembali ke anak-anak.

Cerita Rakyat yang Populer Di Indonesia

Indonesia terdiri dari Sabang hingga Merauke yang memiliki banyak suku dan ras berbeda-beda. Tidak heran jika Indonesia kaya akan cerita-cerita rakyat yang bagus untuk anak-anak. Beberapa cerita rakyat yang biasa disimak anak-anak tentu saja memiliki nilai-nilai baik untuk dipetik. Di setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas cerita-cerita rakyat tersendiri. 

Berikut ini ada beberapa cerita rakyat Indonesia yang cukup populer di kalangan anak-anak dan cukup bagus untuk diceritakan, antara lain adalah:

1. Malin Kundang

Malin Kundang cukup populer di kalangan anak-anak karena cerita ini mampu memberikan nilai yang bisa diambil oleh anak-anak agar tidak durhaka terhadap ibunya. Itu sebabnya cerita rakyat Malin Kundang ini dari jaman dahulu selalu dan terus diceritakan hingga kini. Malin Kundang yang dikutuk menjadi batu oleh ibunya karena tidak mengakui ibunya yang miskin dan renta ketika ia sudah sukses merantau serta memperistri wanita cantik anak saudagar kaya membuat Malin Kundang buta akan dunianya hingga mampu menyakiti ibunya sendiri. Cerita rakyat ini memang sangat populer hingga sekarang.

2. Lutung Kasarung

Cerita rakyat yang satu ini menceritakan seorang putri bernam Purbasari yang cantik, manis, lembut hati dan suka menolong. Purbasari sendiri memiliki 6 saudara lainnya yang juga sama-sama cantik namun berbeda dengan Purbasari sifatnya. Terutama pada kakak sulungnya yang bernama Purbararang yang terkenal kejam dan sombong. Kecantikan dan hati emas yang dimiliki oleh Purbasari mampu memikat banyak orang yang melihatnya untuk pertama kali.

3. Nyi Roro Kidul

Cerita rakyat yang satu ini cukup berbau mistis dan legendaris. Kisah yang sejak dulu dijadikan cerita rakyat secara turun temurun untuk diceritakan. Kisah ini cukup populer, di mana suatu ketika seorang raja di Pakuan Pajajaran yang sangat arif dan bijaksana memiliki seorang putri yang sangat cantik jelita bernama putri Kandita. Putri ini banyak disukai karena parasnya yang cantik dan hatinya baik. Namun ada saja orang yang tidak menyukainya kemudian membuat dirinya diguna-guna agar buruk rupa dengan sebuah penyakit yang menjijikan. Pada akhirnya ia pergi ke laut selatan kemudian menceburkan diri di sana, yang akhirnya membuatnya sembuh.

4. Jaka Tarub

Suatu ketika di sebuah desa tinggal seorang janda yang namanya mbok Rondo. Ia ditinggal mati suaminya dan tidak memiliki seorang anak. Kemudian mbok Rondo ini mengadopsi seorang anak laki-laki yang kini sudah beranjak dewasa. Si anak ini tumbuh dewasa dengan gagah dan tampan yang bernama Jaka Tarub. Banyak wanita yang ingin menjadi istrinya namun si Jaka tidak tertarik. Lalu pada suatu hari Jaka tarub pergi ke sungai, di sana turun banyak bidadari yang sedang mandi, Jaka Tarub kemudian mengambil salah satu selendang bidadari tersebut yang membuatnya tidak bisa kembali ke kahyangan yang nantinya akan menjadi istri Jaka Tarub. Cerita rakyat yang satu ini juga sangat familiar dan populer di kalangan masyarakat.

Itulah beberapa cerita rakyat yang sampai saat ini masih berkembang dan terus diceritakan ke masyarakat terutama pada anak-anak. Masih banya lagi cerita rakyat lainnya yang juga sangat menarik untuk disimak. Namun perlu diingat untuk orang tua yang akan membacakan cerita rakyat ke anak dengan memilih pilihan cerita yang sesuai dengan usia mereka. Karena tidak semua cerita rakyat sesuai dengan usia anak untuk diberikan atau dibacakan.

Biasanya cerita rakyat ada yang dari kisah nyata dan juga ada yang hanya karangan belaka dari orang-orang terdahulu. Cerita rakyat juga dikenal dengan sebutan cerita legenda yang berasal dari suatu daerah masing-masing. Biasanya anak-anak akan mendapatkan cerita rakyat sejak ia duduk di bangku sekolah dasar. Cerita-cerita fiktif maupun non fiktif yang lahir dari dongeng orang jaman dahulu yang hari demi hari diceritakan secara turun temurun sehingga dapat disimak hingga sekarang.

Cerita rakyat merupakan kisah yang berkembang di masyarakat sejak jaman dahulu hingga sekarang. Banyak anak-anak yang menyukai cerita-cerita tersebut dikarenakan menarik. Kebanyakan cerita rakyat memang disukai oleh anak-anak.

Bagikan Artikel ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel