Welcome to Caritau.id, silakan Kamu Cari Tahu informasi menarik, terbaru, dan bermanfaat untuk orang lain. Selamat membaca!

Pengertian Inovasi dan Cara Mengembangkannya

Yuk, kaji lebih dalam terkait pengertian inovasi dan cara mengembangkannya dalam diri Anda!

Pengertian Inovasi dan Cara Mengembangkannya

Inovasi merupakan suatu hal baru yang harus dikembangkan seseorang agar bisa bersaing dengan orang lain. Tidak hanya diri sendiri saja, inovasi harus dilakukan semua sektor agar bisa memberikan sumbangsih pembaharuan. Inovasi bisnis, pendidikan, gaya hidup, dan lain-lain menjadi hal yang terus berkembang seiring kemajuan teknologi dan informasi. Namun, jangan lupa bahwa faktor penting yang mendukung inovasi adalah kemajuan SDM. Yuk, kaji lebih dalam terkait pengertian inovasi dan cara mengembangkannya dalam diri Anda!

Pengertian inovasi

Pengertian inovasi menurut KBBI adalah pemasukan atau pengenalan pada hal baru, sedangkan pengertian dari inovasi secara lengkap adalah usaha seseorang dalam mengembangkan pikiran, imajinasi, stimulan, dan lingkungan sekitar untuk menciptakan pembaharuan. Pembaharuan positif yang bertujuan untuk menghasilkan produk untuk diri sendiri atau masyarakat luas. 

Berkaitan dengan pengertian dari inovasi, UU nomor 19 tahun 2002 menyebutkan bahwa inovasi adalah kegiatan penelitian, pengembangan dan perekayasaan untuk tujuan pengembangan penerapan praktis nilai dan konteks  iptek terbaru. Setiap ahli memiliki rumusan pengertian yang berbeda-beda, namun tujuan yang sama. Menciptakan ide atau gagasan baru yang bisa memberikan manfaat kehidupan lebih baik kelak.

Cara mengembangkan diri yang inovatif

Menjadi orang yang inovatif merupakan kunci sukses dalam menjalankan kehidupan. Tidak hanya pola pikir yang progresif alih-alih konservatif, inovasi bisa membuat seseorang bisa mengembangkan bisnis atau sektor lain. Inovasi yang dihasilkan bisa memberikan manfaat pada orang banyak, kenapa tidak? 

Supaya Anda bisa menjadi salah satu orang yang selalu berpikir kreatif dan menghasilkan pembaharuan setiap hari, maka simak cara mengembangkan diri lebih baik berikut :

1. Selalu mendapatkan inspirasi dari berbagai hal dalam kehidupan

Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi dari membaca buku, berita terbaru atau kejadian di sekitar. Buat tempat di rumah Anda yang bisa menghasilkan ide-ide segar setiap hari. Tidak hanya rumah saja, Anda juga harus mendesain tempat kerja menjadi lebih nyaman. Siapa tahu tempat untuk berpikir dan menghasilkan sesuatu yang segar berawal dari tempat tinggal yang kondusif. 

2. Mendapatkan teman yang positif

Selain tempat tinggal atau kantor yang kondusif, teman-teman di sekitar Anda bisa menjadi pemicu semangat untuk selalu inovatif. Teman yang toxic harus Anda jauhi, ya! Teman yang baik tidak hanya berkata manis saja, namun mau mengkritik Anda agar menjadi pribadi lebih baik lagi. Jika Anda dikelilingi orang-orang yang berpikir jauh kedepan, maka semangat dan energi yang ditularkan bisa memberikan dampak baik untuk pribadi Anda sendiri. 

3. Membakar kreativitas dalam diri

Setiap orang punya ‘me time’ masing-masing yang bisa membakar kreativitas dalam diri. Anda bisa meluangkan waktu untuk membaca buku, berkebun, menonton drama atau film terbaru, dan ragam kegiatan menyenangkan lain. Kreativitas yang terus terasah dengan baik bisa meningkatkan cara berpikir Anda. Inovasi bisa hadir lewat apa yang Anda pelajari di sekitar, kok. 

4. Mulai sekarang juga 

Agar Anda bisa menjadi pribadi yang inovatif, maka mulai langkah kecil sekarang juga. Terapkan tips mencari inspirasi atau ide baru dalam kehidupan baik di rumah atau kantor. Penting sekali memiliki skala prioritas dalam hidup sebab kedisiplinan akan membuat Anda punya waktu bekerja dan quality time bersama keluarga. 

Pekerja yang acap menunda pekerjaan bisa saja mengalami stress jelang deadline. Stress bisa membuat Anda tidak bisa berpikir lebih positif dan sulit mendapatkan ide atau gagasan baru untuk proyek selanjutnya. 

Mari kembangkan sikap kreatif, imajinatif dan berwawasan luas agar Anda bisa mengembangkan inovasi dalam hal apapun. Yuk, implementasikan pengertian inovasi dalam cara yang konkrit sekarang juga!

Bagikan Artikel ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel