Welcome to Caritau.id, silakan Kamu Cari Tahu informasi menarik, terbaru, dan bermanfaat untuk orang lain. Selamat membaca!

Mengenal Tentang Vaksin Sinovac yang Telah Tiba di Indonesia

Vaksin Sinovac telah tiba di Indonesia namun masih perlu dilakukan pengujian untuk keamanannya.

Mengenal Vaksin Sinovac

Vaksin Sinovac telah tiba di Indonesia dengan jumlah dosis 1,2 juta. Vaksin tersebut kemudian dilanjutkan ke Bandung tepatnya di Bio Farma untuk melanjutkan proses uji klinis agar bisa mendapatkan izin resmi untuk diedarkan ke masyarakat secepatnya. 

Vaksin Sinovac ini diberi nama CoronaVac yang saat tiba di Indonesia disimpan dalam 7 envirotainer kemudian menggunakan 3 truk untuk mengangkut vaksin dengan aman. Untuk menjaga efektivitas dan kualitas vaksin, CoronaVac disimpan ke dalam ruangan dingin yang memiliki suhu sekitar 2-8°C. 

CoronaVac akan melewati beberapa pengujian untuk melihat dan menilai apakah vaksin sudah aman dan juga memiliki manfaat yang efektif. Pengujian ini dilakukan oleh BPOM. Sebenarnya, vaksin corona ini telah dilakukan uji klinis yang dilakukan pada 1.600 orang relawan yang telah diberikan vaksin pertama dan kedua yang telah selesai sehingga hanya perlu menunggu hasil evaluasi. 

Tentang Vaksin Sinovac

CoronaVac dikembangkan oleh Sinovac Biotech, perusahaan China di bidang biofarmasi. Vaksin ini menggunakan virus corona yang nonaktif. Menurut hasil pengujian, CoronaVac memang dapat meningkatkan antibodi tubuh dan juga memicu sistem imun tubuh dengan baik. Hanya saja antibodi yang diproduksi masih terbilang rendah jika dibandingkan dengan jumlah antibodi yang diproduksi oleh mereka yang berhasil melawan covid-19 di dalam tubuh.

Namun pembuatan CoronaVac memang bukan dengan tujuan untuk mengetahui jumlah antibodi yang diproduksi oleh tubuh setelah disuntikkan namun dengan tujuan apakah vaksin tersebut mampu melindungi tubuh dari serangan virus corona.

Antibodi yang dihasilkan akan keluar dan mulai melindungi tubuh setelah seseorang menerima 2 dosis vaksin yang diberikan dalam jangka waktu interval 14 hari. Selama masa pandemi untuk kebutuhan darurat, vaksin corona ini juga dapat digunakan. 

Vaksin Sinovac masih membutuhkan pengujian lebih lanjut yaitu berapa lamakah antibodi yang terbentuk dapat bertahan dan juga apa efek samping yang ditimbulkan. Respons kekebalan yang diberikan juga masih harus diuji serta apakah vaksin ini efektif dalam melindungi tubuh dari serangan virus corona. 

Sedangkan antibodi yang dihasilkan oleh seseorang yang pernah terinfeksi covid-19 dan telah dinyatakan sembuh, antibodi tersebut tidak dapat bertahan lama. Menurut penelitian, antibodi yang dihasilkan setelah penderita terserang covid-19 hanya dapat melindungi tubuh dari virus sekitar 3-6 bulan.

Keamanan Vaksin Sinovac

Petugas langsung menyemprotkan cairan disinfektan ke kontaner yang berisi vaksin setelah tiba sebelum dibawa ke Bio Farma Bandung dengan tujuan untuk mencegah penyebaran virus dan juga menjaga keamanan tim.

Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan kepada 144 orang relawan untuk tahap pertama dan ftahap kedua kepada 600 orang relawan, vaksin Sinovac dapat digunakan pada saat darurat yang artinya tidak ada masalah khusus yang berhubungan dengan keamanannya. 

Meskipun begitu, hasil data terkait keamanan dan juga efektivitas vaksin ini masih belum dipublikasikan karena masih dalam pengujian tahap terakhir. Namun vaksin Sinovac yang telah datang ke Indonesia telah mendapatkan izin dari WHO (World Health Organization) atau Badan Kesehatan Dunia. Selanjutnya akan dilakukan pengujian oleh BPOM untuk sisi keamanan dan efektivitas. 

Vaksin Sinovac memiliki masa kadaluarsa hingga 3 tahun ke dapan di 2023 asalkan disimpan pada suhu yang tepat agar tetap stabil. Karena vaksin ini dapat disimpan dengan suhu yang tidak terlalu dingin maka mudah didistribusikan ke daerah yang sulit dijangkau. Sedangkan kandidat vaksin corona yang lain membutuhkan hingga sekitar minus 20 °C.

Masyarakat tetap dihimbau untuk menjalankan protokol kesehatan. Anda dapat mengunjungi Halodoc baik melalui aplikasi maupun website untuk mendapatkan informasi tentang vaksin sinovac bahkan bisa langsung berkonsultasi dengan dokter di sana. Manfaatkan juga berbagai fitur kesehatan lainnya yang ditawarkan Halodoc.

Bagikan Artikel ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel