Welcome to Caritau.id, silakan Kamu Cari Tahu informasi menarik, terbaru, dan bermanfaat untuk orang lain. Selamat membaca!

Penyebab Kulkas Tidak Dingin Yang Wajib Anda Tahu!

Berikut beberapa penyebab kulkas tidak dingin lagi yang wajib Anda ketahui agar Anda bisa mengatasi nya dengan tepat.

Penyebab Kulkas Tidak Dingin

Kulkas tidak dingin? Wah cobalah untuk segera dicari tahu apakah penyebab kulkas tidak lagi dingin seperti biasanya. Kalau dibiarkan terlalu lama, bisa-bisa seluruh makanan yang ada di dalamnya akan mudah membusuk.

Kulkas yang merupakan tempat untuk menyimpan bahan makanan agar terjaga lebih lama ketahanannya sangat dibutuhkan. Biasanya suhu normal kulkas yang digunakan untuk menjaga kualitas bahan makanan di dalamnya adalah dibawah 4 derajat celcius.

Sementara untuk freezer, suhu yang dianjurkan adalah -18 derajat celcius, karena itulah kulkas harus memiliki tingkat kedinginan yang stabil. Jika suhu yang dimiliki oleh kulkas anda jauh dari suhu minimal diatas, maka bisa dipastikan bahan-bahan yang ada dalam kulkas mudah rusak.

Dari pada bingung harus bagaimana untuk mengatasinya agar kulkas menjadi dingin lagi, yuk simak saja ulasan lebih lengkapnya berikut ini:

1. Sering Buka Tutup Pintu Kulkas

Hal sepele yang biasanya dilakukan oleh kita tanpa kita sadari bisa menjadi salah satu penyebabnya, yaitu sering membuka tutup pintu kulkas. Setiap pintu dibuka, maka udara dingin didalam kulkas akan tercampur dengan suhu ruangan.

Ketika pintu kulkas ditutup kembali, maka mesin akan menyesuaikan suhu ruangan kembali menjadi dingin. Nah, ternyata jika hal ini terus berulang kali terjadi akan membuat kulkas lebih bekerja keras dan mudah rusak.

Hal ini berakibat fatal terhadap kondisi suhu yang dikeluarkan oleh kulkas, bisa saja kulkas menjadi tidak dingin kembali. Untuk meminimalisir hal tersebut, sebaiknya anda membuka kulkas sekali ambil saja, coba pikirkan lebih dulu barang yang akan anda ambil sekaligus.

2. Karet Pintu Kulkas Kering atau Longgar

Setiap kulkas memiliki lapisan karet yang elastis pada bagian pintunya, nah karet tersebut berfungsi untuk membuat ruangan pendingin dan freezer menjadi kedap dari udara luar. Jika kulkas tidak lagi dingin, bisa jadi penyebabnya adalah karena lapisan karet tersebut sedang kering atau longgar.

Hal ini bisa membuat udara ruangan masuk dan membuat suhu dalam kulkas menjadi lebih panas, sebaiknya cek lagi ya. Karena efek dari kulkas yang tidak lagi dingin ini akan membahayakan kualitas makanan yang anda simpan di dalamnya.

3. Bunga Es Bermekaran

Udara dingin yang dihasilkan oleh kulkas disalurkan melalui sebuah lubang angin, biasanya ketika seseorang lama tidak membersihkan kulkasnya, maka bunga es bisa saja bermekaran dan menutup semua lubang angin yang ada.

Hal ini bisa membuat kulkas tidak dingin lagi, karena itulah sebaiknyna anda bersihkan freezer anda agar tidak sampai muncul bunga es. Penyaluran suhu dingin akan terhambat oleh hal-hal yang tidak terduga seperti itu.

4. Freon Habis

AC dan kulkas memiliki konsep yang hamper sama, yaitu menggunakan Freon untuk mendinginkan suhu didalamnya. Freon adalah senyawa gas / cairan yang tidak berwarna, berbau dan tidak mudah terbakar. 

Biasanya Freon ini memiliki masa pakai dan perlu dianti jika isi tabungnya sudah habis, jadi jika anda lupa untuk menggantinya, hal ini akan menyebabkan suhu dalam kulkas tidak lagi dingin. Lalu apakah Freon bisa habis?

Tentu saja bisa, karena umumnya hal tersebut disebabkan oleh Freon yang bocor dan untuk tenggat waktunya 5 tahun atau lebih.

5. Evaporator Putus

Kulkas menjadi tidak dingin juga bisa disebabkan oleh evaporator yang putus atau rusak karena suatu hal. Benda ini memiliki fungsi untuk menyalurkan Freon yang dapat mendinginkan kulkas, jika evaporator rusak, pastinya suhu dingin tidak bisa tersalurkan dengan baik atau menyebarkan suhu dingin dengan baik.

6. Kompresor Kulkas Melemah

Hal lain yang mungkin saja menjadi penyebab  adalah kompresor pada kulkas bermasalah atau melemah. Bisa dikatakan kompresor adalah jantung yang membuat seluruh komponen bekerja dengan baik.

Jika bagian ini melemah, maka salah satu akibatnya adalah kulkas menjadi lebih panas suhunya. Ada baiknya jika anda memanggil jasa service kulkas saja untuk mengatasinya agar masalahnya bisa teratasi dengan baik.

Itulah beberapa penyebab kulkas tidak dingin yang mungkin bisa menjadi solusi bagi anda yang sedang mengalaminya. Jika memang dirasa kulkas bermasalah pada mesinnya, maka tidak ada salahnya untuk menggunakan jasa tukang service, dan jangan lupa untuk dijaga setelah diperbaiki, terimakasih.

Bagikan Artikel ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel