Welcome to Caritau.id, silakan Kamu Cari Tahu informasi menarik, terbaru, dan bermanfaat untuk orang lain. Selamat membaca!

6 Destinasi Wisata Banjarmasin yang Wajib Dikunjungi

Saat berkunjung ke kota Banjarmasin, tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi 6 destinasi wisata Banjarmasin berikut ini.

Wisata Banjarmasin

Apa yang terlintas di pikiranmu saat mendengar nama Banjarmasin? Sudah pasti dengan pasar terapung. Sebab, kota Banjarmasin juga dijuluki sebagai ‘Kota Seribu Sungai’. Maka tidak aneh jika pasar terapung ada. Saat berkunjung ke kota Banjarmasin, tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi 6 destinasi wisata Banjarmasin di bawah ini.


1. Pasar Terapung

Pasar Terapung

Tidak lengkap rasanya saat berkunjung ke kota Banjarmasin, tidak pergi ke pasar terapung. Sebab, pasar yang satu ini telah menjadi ikon dari kota Banjarmasin. Layaknya pasar pada umumnya, pasar terapung juga juga menawarkan transaksi jual-beli, bedanya hanya tempat jual-belinya di atas perahu.

Saat ini pasar terapung sudah menjadi destinasi wisata Banjarmasin yang sangat ramai dikunjungi wisatawan. Pasar terapung yang ada di Banjarmasin sangat banyak sekali, namun yang paling terkenal ada di muara sungai Barito yang berada di Kelurahan Kuin Utara, Banjarmasin. Kamu harus datang antara pukul 5 pagi sampai 7 pagi, untuk bisa menyaksikan transaksi pasar ini.

Untuk barang yang dipasarkan di sana sangat beragam. Seperti makanan, hasil kebun, hingga pakaian juga ada disana. Hal yang paling menarik dari pasar terapung yaitu adanya tongkat dengan ujung kawat berupa pengait yang digunakan untuk mengambil barang yang ingin dibeli. Sebab, sangat sulit untuk mendekat ke perahu yang sudah dinaiki.


2. Taman Siring Sungai Martapura

Taman Siring Sungai Martapura

Selain sungai terapung, destinasi wisata sungai lain di Banjarmasin adalah taman siring sungai Martapura yang ada di jalan Kapten Tendean dan Jalan Jenderal Sudirman. Taman siring berada pada tepian sungai Martapura dan sangat ramai didatangi saat menjelang magrib. Dari taman siring, kamu bisa menyaksikan aktivitas perahu khas Banjarmasin (Jukung) yang ada di sungai.

Jika kamu mempunyai hobi memancing, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke sana. Sebab, di tepian sungai Martapura memang sering digunakan untuk memancing. Selain itu, kamu juga bisa bersantai sambil menikmati kuliner khas Banjarmasin yang ditawarkan oleh beberapa warung yang berjualan di area taman siring.


3. Pulau Kembang

Pulau Kembang

Pulau yang berada di tengah sungai Barito ini menjadi destinasi wisata yang tidak boleh terlewatkan saat kamu berkunjung ke Banjarmasin. Sebab, pulau ini menjadi habitat alami dari berbagai jenis burung dan monyet. Menariknya lagi, ada mitos kalau ada seekor monyet besar yang menjadi raja monyet disana. 

Selain mempunyai habitat yang masih alami untuk burung dan monyet. Ketika kamu datang ke pulau ini, kamu akan disuguhkan sebuah altar beserta dengan arca yang berbentuk hanoman atau monyet putih dan juga kuil. Altar tersebut, hingga saat ini masih digunakan oleh warga etnis Tionghoa untuk meletakkan sesaji dalam kondisi tertentu.


4. Kampung Sasirangan

Kampung Sasirangan

Setiap daerah pasti mempunyai kain batik yang menjadi ciri khasnya sendiri. jika di Cirebon terkenal dengan batik Trusmi yang menjadi oleh-oleh khas Cirebon. Di Banjarmasin ada yang namanya batik Sasirangan. Kamu bisa dengan mudah menemukan batik ini di Kampung Sasirangan. Kampung ini terletak di seberang Masjid Kampung Melayu.

Menariknya, kamu juga bisa melihat proses produksi dari kain batik Sasirangan ini. Ciri khas dari kain batik ini berwarna cerah. Kamu bisa membelinya dalam bentuk kain, atau dalam bentuk selendang, pakaian, sprei maupun taplak meja. Selain itu juga masih ada aksesoris yang juga dibuat dengan kain batik. Seperti dompet, sapu tangan, hingga tas.


5. Air Terjun Bajuin

Air Terjun Bajuin

Air Terjun Bajuin merupakan salah satu tempat wisata Banjarmasin yang masih alami. Tempat wisata ini terletak di desa Sungai Bakar yang berjarak 75 km dari kota Banjarmasin. Air Terjun Bajuin memiliki pesona alam yang masih asri dan sangat indah, karena berada di daerah yang masih banyak pepohonan.

Destinasi wisata ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga dan teman. Ada tiga air terjun dengan ketinggian yang berbeda di sini. Untuk mencapainya kamu harus rela mengeluarkan banyak tenaga karena jalan menuju tempat wisata air terjun Bajuin masih kurang bagus.


6. Menara Pandang Banjarmasin

Menara Pandang Banjarmasin

Menara Pandang adalah salah satu destinasi wisata yang menjadi ciri khas atau ikon dari kota Banjarmasin. Destinasi wisata ini terbilang baru karena baru dibuka pada tahun 2014 lalu. Tempat wisata ini sangat cocok untuk dijelajahi bersama teman dan keluarga.

Saat berada di Menara Pandang, kamu bisa menikmati pemandangan alam yang bisa dilihat dari atas karena menara itu sendiri tingginya sekitar 21 meter. Di ketinggian ini, kamu bisa melihat pemandangan alam yang menakjubkan dari segala penjuru mata angin. Menariknya lagi, untuk masuk ke destinasi wisata ini kamu tidak perlu mengeluarkan biaya alias gratis.

Itulah 6 destinasi wisata Banjarmasin yang wajib kamu kunjungi saat berada di kota Banjarmasin. Keenam destinasi wisata di atas mempunyai keunggulannya masing-masing. Jadi akan sangat disayangkan jika kamu sampai melewatkan salah satunya. Namun, jika waktu berlibur yang kamu miliki hanya sebentar saja, berkunjung ke pasar terapung harus kamu utamakan.

Bagikan Artikel ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel