Welcome to Caritau.id, silakan Kamu Cari Tahu informasi menarik, terbaru, dan bermanfaat untuk orang lain. Selamat membaca!

Travelling dan Traveling Perbedaan Dialek dengan Arti yang Serupa

Travelling or traveling keduanya merupakan kata kerja dalam bahasa Inggris yang mana memiliki arti sama.

Travelling dan Traveling

Travelling or traveling dua kata ini bahasa Inggris ini sering digunakan untuk menyebut aktivitas bepergian wisata seseorang. Kata ini menjadi umum digunakan di Indonesia bahkan seringkali orang lebih nyaman menyebutkannya daripada menggunakan bahasa Indonesia sendiri. Mungkin agar terdengar lebih keren atau hanya karena terbawa kebiasaan orang-orang semata.

Dua kata ini memang mirip dalam hal penulisan maupun pelafalannya. Seringkali, penggunaan dua kata ini memang menimbulkan kebingungan. Apalagi untuk orang awam yang tidak mempelajari bahasa Inggris dengan mendetail dan hanya mengandalkan pengetahuan dari pendidikan di sekolah saja. Nah, agar tidak bingung menggunakan kata yang mana, berikut ini sedikit informasi mengenai perbedaan keduanya.


Perbedaan Antara Travelling dan Treveling

Kedua kata ini memang umum digunakan, terkadang ada yang menggunakan kata travelling dan traveling. Menurut Anda mana yang benar? Travelling or traveling keduanya merupakan kata kerja dalam bahasa Inggris yang mana memiliki arti sama, yaitu bepergian dari satu tempat ke tempat lain. Padanan katanya adalah trip atau journey. Namun, kedua kata ini lebih sering digunakan di Indonesia untuk menunjukkan perjalanan wisata.

Pada dasarnya, kedua kata ini tidak memiliki perbedaan arti. Perbedaannya justru terdapat pada penulisan dan dialeknya. Jadi, baik menggunakan kata travelling maupun traveling tak akan memiliki arti yang berbeda. Intinya, kedua kata ini bisa digunakan dalam kalimat untuk menjelaskan mengenai perjalanan. Misalnya, It was already too late for travelling. Baik menggunakan travelling maupun traveling sama saja.


Mana yang Benar?

Apabila membicarakan mana kata yang benar dari travelling dan traveling, maka bisa dikatakan kedua kata ini benar. Tak bisa disalahkan jika Anda menggunakan kata pertama atau yang kedua. Keduanya tak ada yang salah. Sebab, keduanya merupakan bahasa Inggris. Hanya saja berbeda asal. 

Travelling berasal dari Inggris, sedangkan traveling berasal dari Amerika. Seperti yang sudah diketahui oleh sebagian besar masyarakat dunia bahwa kedua negara ini menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa negara. Namun, seringkali ada perbedaan penggunaan kata. Bukan hanya travelling or traveling, tapi juga terdapat kata seperti center/centre, color/colour, recognize/recoqnise, fiber/fibre, dan beberapa kata lainnya. Semua benar, hanya penulisan yang berbeda.


Antara Dialek British dan American English

Perbedaan antara dialek British dan America English memang terkadang membuat bingung pengguna bahasa ini. Terlebih jika bahasa tersebut bukan bahasa ‘ibu’, seperti yang dirasakan masyarakat Indonesia. Di sekolah, Anda mendapatkan pembelajaran dengan British English sedangkan dalam percakapan seringkali American English lebih banyak digunakan. Alasannya, karena American English lebih simpel dan jujur.

Jika disingkat, perbedaan antara kedua dialek ini adalah dalam gaya bahasanya. Jika American English lebih simpel dan terkesan informal, maka British English bergaya Eropa dan memiliki kesan formal. Perbedaan antara dua kata yang mirip seperti travelling dan traveling lebih mudah dipahami. Namun, jika kosakatanya yang berbeda akan lebih sulit. Bahkan orang Amerika dan Inggris sendiri kadang kesulitan. Misalnya kata berikut (Amerika – Inggris):

- Vacation – holiday = liburan.

- Vacationer – holidaymaker = wisatawan.

- Sidewalk – pavement = trotoar.

- Railroad – railway = rel kereta api.

- Gasoline/gas – petrol = bensin.

- Apartement – plat = apartemen

- French fries – chips – kentang goreng

American English seringkali dipakai di negara-negara benua Amerika dan negara-negara yang dipengaruhi negara adidaya ini. Untuk British English digunakan di negara Inggris sendiri atau sekarang disebut Britania Raya termasuk Wales dan negara persemakmuran Inggris. Keduanya memiliki perbedaan signifikan yang terkadang membuat bingung pengguna, khususnya yang tidak memiliki pengetahuan mengenai kedua dialek ini.

Perbedaan ini berasal dari ratusan tahun lalu, semenjak negara Amerika menjadi koloni Inggris. Ketika rakyat Amerika memerdekakan diri dari kekuasaan Inggris dan memproklamirkan kemerdekaan, salah satu pembuktiannya adalah dengan menyesuaikan bahasa Inggris. Dialek Amerika resmi menjadi bahasa yang digunakan di Amerika dan hal tersebut bertahan hingga saat ini.

Kesimpulannya, travelling maupun traveling merupakan dua kata dengan arti serupa, Keduanya dapat digunakan untuk berbicara maupun dituliskan. Namun, harus disesuaikan di mana penggunaannya. Apabila menggunakan dialek Inggris gunakan travelling, sebaliknya apabila menggunakan dialek Amerika gunakan traveling. Sekarang sudah tidak perlu bingung lagi mengenai travelling or traveling dalam penggunaannya dalam kalimat.

Bagikan Artikel ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel