Welcome to Caritau.id, silakan Kamu Cari Tahu informasi menarik, terbaru, dan bermanfaat untuk orang lain. Selamat membaca!

4 Tips Membiasakan Anak Rajin Membaca Buku

Bagaimana caranya membiasakan anak untuk rajin membaca? Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda ikuti.

Tips Membiasakan Anak Rajin Membaca Buku

Kegiatan membaca perlu dibiasakan sejak dini. Anda tidak bisa mengharapkan buah hati Anda suka membaca jika Anda tidak pernah mengenalkannya pada buku atau membacakannya dongeng. Si kecil harus dibiasakan terpapar buku agar terbiasa pula dengan buku dan kegiatan membaca. Jika semua orangtua di Indonesia sadar pentingnya hal ini, maka akan tercipta generasi muda Indonesia Cinta Membaca.


Membiasakan Anak Membaca

Orangtua ingin anaknya menjadi pintar, berpikir kritis, dan memiliki wawasan yang luas. Ketiga hal tersebut bisa didapatkan dengan rajin membaca. Agar buah hati Anda memiliki hobi membaca, anak perlu dibiasakan sejak dini dengan kegiatan ini.

Bagaimana caranya membiasakan anak untuk rajin membaca? Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda ikuti :

1. Perkenalkan si kecil dengan buku

Yang pertama, si kecil perlu diperkenalkan dengan buku. Biasakan si kecil untuk melihat buku-buku fisik. Anda juga bisa memperkenalkan buku sejak usianya masih bayi. Anda bisa menggunakan buku kain atau buku bertekstur yang menarik minat si kecil. Buku jenis ini memberikan stimulus yang baik bagi si kecil untuk mencintai dan tertarik dengan buku.

2. Bacakan buku dengan intonasi dan suara keras

Tips yang kedua untuk menciptakan generasi muda Indonesia Cinta Membaca adalah membacakan buku dengan intonasi dan suara keras. Ketika si kecil sudah mulai paham saat diajak berbicara, Anda sebagai orangtua bisa membacakan buku kepadanya. Untuk membuat si kecil lebih tertarik, Anda disarankan untuk membacanya dengan suara keras dan intonasi yang berbeda-beda.

Waktu yang tepat untuk membacakan buku adalah ketika anak dalam kondisi pasif. Yang dimaksud dengan kondisi pasif adalah ketika anak sedang tidak ingin bermain, misalnya waktu menjelang tidur. Saat si kecil bersiap tidur, dia berada dalam kondisi pasif, fokus, dan tidak ingin bermain. Inilah saat yang tepat untuk membacakannya cerita.

3. Ajak anak ke toko buku dan memiliki koleksi buku

Yang ketiga, ajak anak ke toko buku. Ini juga menjadi salah satu cara untuk membiasakan buah hati Anda dengan buku. Biarkan mereka memilih sendiri buku yang menarik dan ingin mereka baca. Anda juga bisa memberikan buku sebagai hadiah saat momen spesial, seperti ulang tahun.

Di rumah, Anda sebaiknya menyediakan rak khusus untuk koleksi buku. Untuk memastikan semua koleksi buku terbaca hingga selesai, Anda bisa membuat aturan untuk tidak membeli buku jika masih ada buku yang belum selesai dibaca. 

4. Ajak si kecil berdiskusi

Tips lainnya adalah dengan mengajak si kecil berdiskusi setelah Anda selesai membacakan buku. Pancing buah hati Anda untuk berpikir kritis dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan. Anda disarankan untuk tidak langsung menasehati si kecil selesai membacakan buku. Biarkan dia menemukan sendiri nasihat baik dari cerita yang sudah dibacakan.

Nah, itulah 4 tips membiasakan anak untuk rajin membaca. Selain keempat tips tersebut, yang tidak kalah penting adalah Anda sebagai orangtua harus menjadi role model yang baik. Anda juga harus memberikan contoh dengan rajin membaca agar si kecil juga ikut tumbuh menjadi generasi Indonesia Cinta Membaca. Momen baca bersama si kecil juga bisa menjadi momen yang baik untuk orangtua dan anak.

Budaya membaca menjadi salah satu investasi terbesar dalam proses tumbuh kembang si kecil. Hal inilah yang dipercaya oleh Tanoto Foundation yang kemudian melahirkan gerakan #Indonesiacintamembaca. Melalui gerakan ini, Tanoto Foundation mengajak Anda untuk ikut membagikan momen baca bersama si kecil. Ini merupakan kompetisi dengan beragam hadiah yang menarik.

Kompetisi ini berlangsung hingga desember 2020. Untuk info selengkapnya, Anda bisa cek highlight #MomenBaca di akun Instagram @tanotoeducation atau melalui laman https://tanotofoundation.org/id/news/kompetisi-momenbacabersama-dapatkan-hadiahnya/

Bagikan Artikel ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel