Welcome to Caritau.id, silakan Kamu Cari Tahu informasi menarik, terbaru, dan bermanfaat untuk orang lain. Selamat membaca!

Yuk Ketahui Pertolongan Pertama Mendasar dari SehatQ.com Berikut Ini

Untuk Anda yang belum tahu pertolongan pertama pada kecelakaan kecil, berikut ini ada 5 pertolongan pertama mendasar dari SehatQ.com.

Pertolongan Pertama Mendasar dari SehatQ
Kecelakaan kecil bisa terjadi pada siapapun. Meskipun Anda sudah sangat berhati-hati, Anda bisa saja mengalami nasib kurang beruntung sehingga terjadilah kecelakaan kecil. Dari kecelakaan tersebut, Anda bisa saja mengalami luka, perdarahan, atau bahkan hal-hal buruk lainnya. Dikutip dari laman kesehatan SehatQ.com, jika Anda mengalami suatu kecelakaan kecil, hal paling pertama yang perlu Anda lakukan adalah jangan panik.

Rasa panik sangat mungkin muncul ketika Anda mengalami kecelakaan kecil. Namun Anda tetap harus menguasai perasaan panik tersebut. Dengan mengatasi rasa panik, Anda bisa berpikir jernih sehingga bisa segera melakukan pertolongan pertama.

Sebelum pergi ke dokter atau rumah sakit untuk mengatasi akibat yang timbul dari kecelakaan kecil tersebut, Anda bisa melakukan pertolongan pertama. Jika pertolongan pertama tidak mampu mengatasi masalah yang ada, Anda sebaiknya segera pergi ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan lanjutan.

Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan Kecil

Untuk Anda yang belum tahu pertolongan pertama pada kecelakaan kecil, berikut ini ada 5 pertolongan pertama mendasar dari SehatQ.com yang wajib Anda kuasai.

1. Pertolongan pertama pada luka

Ketika Anda mengalami kecelakaan ringan, Anda bisa mengalami luka, baik itu luka dalam maupun luka ringan. Jika Anda mengalami luka ringan, kecenderungannya adalah Anda membiarkan luka tersebut tanpa mengobatinya. Yang perlu Anda lakukan pada luka ringan adalah mencucinya dengan air bersih dan mengalir, kemudian olesi bagian yang luka dengan cairan antiseptik dan tutup dengan plester.

Jika Anda mengalami luka yang dalam hingga menyebabkan perdarahan yang cukup banyak dan sulit berhenti, Anda perlu mencari cara untuk menghentikan perdarahannya terlebih dahulu. Caranya dengan memberikan tekanan yang lembut di area yang luka menggunakan kain bersih. Setelah itu, bungkus bagian yang luka dan segera cari pertolongan ahlinya.


2. Pertolongan pertama pada perdarahan

Kecelakaan ringan juga bisa menyebabkan perdarahan yang lebih hebat. Jika tidak ditangani segera, orang yang mengalami perdarahan ini bisa kehabisan darah sehingga membahayakan nyawanya. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memberikan pertolongan pertama pada orang yang mengalami perdarahan :


- Jika ada benda yang menancap, misalnya paku atau kaca, jangan dicabut

- Jika tidak ada benda yang menancap, ambil kain yang bersih dan berikan tekanan pada luka dengan perlahan hingga pendarahan berhenti. Kemudian, lilitkan perban dengan kain yang tadi digunakan.

- Segera pergi ke rumah sakit dan cari dokter untuk penanganan lebih lanjut.


3. Pertolongan pertama pada luka bakar

Jika seseorang mengalami luka bakar, Anda bisa memberikan pertolongan pertama dengan mengalirkan air di bagian yang mengalami luka bakar. Alirkan air dingin di bagian tersebut kurang lebih sekitar 20 menit hingga rasa nyeri sudah berkurang. Ini berlaku jika orang tersebut mengalami luka bakar dengan area yang kecil.

Jika luka bakar yang dialami cukup luas, sebaiknya orang tersebut segera dibawa ke rumah sakit untuk mendapat pertolongan secepatnya. Selama proses tersebut, Anda bisa memberikan pertolongan dengan mendinginkan area yang terbakar, melepas pakaian korban dan benda-benda yang menempel, misalnya perhiasan. Yang perlu diingat, jangan melepas paksa benda yang menempel di area luka bakar karena akan memperparah luka.


4. Pertolongan pertama pada saat tersedak ringan

Tersedak bisa dialami setiap orang, mulai dari bayi hingga orangtua. Tersedak bisa menghambat saluran udara sehingga menyebabkan korban kesulitan bernapas. Pertolongan pertama pada saat tersedak yaitu dengan mencoba untuk batuk. 

Jika korban tidak mampu batuk hingga tidak bisa bernapas, berarti orang tersebut mengalami tersedak parah. Untuk mengatasi tersedak yang lebih parah, Anda bisa mencari informasinya di laman SehatQ.com. Laman kesehatan ini memiliki beragam artikel yang bisa Anda akses secara gratis untuk mendapatkan informasi terkini seputar kesehatan.

Selain memiliki berbagai artikel yang bisa diakses dengan mudah dan gratis, laman kesehatan ini juga memiliki fitur booking dokter dan toko peralatan kesehatan. Anda bisa cari dokter melalui laman ini dan membuat janji temu dengan mereka. Anda pun bisa membeli obat-obatan secara online melalui laman ini.

Demikian beberapa pertolongan pertama mendasar yang sebaiknya Anda kuasai. Dengan menguasai berbagai pertolongan pertama pada kecelakaan ringan yang mungkin terjadi, Anda bisa menyelamatkan diri sendiri, orang yang Anda cintai, dan juga orang lain. Yang terpenting adalah usahakan jangan panik agar Anda bisa segera memberikan pertolongan pertama dengan optimal.

Bagikan Artikel ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel