Welcome to Caritau.id, silakan Kamu Cari Tahu informasi menarik, terbaru, dan bermanfaat untuk orang lain. Selamat membaca!

5 Penyebab Terjadinya Arus Pendek di Rumah atau Kantor

Salah satu penyebab listrik padam saat terjadinya arus pendek. Anda perlu tahu apa penyebab terjadinya arus pendek di rumah atau kantor, berikut.

Penyebab Terjadinya Arus Pendek

Listrik merupakan salah satu kebutuhan untuk bisa melangsungkan berbagai aktivitas. Rasanya kalau listrik padam itu seperti ada yang kurang dan banyak aktivitas terkendala. Salah satu penyebab listrik padam saat terjadinya arus pendek. Anda perlu tahu apa penyebab terjadinya arus pendek di rumah atau kantor, berikut penjelasannya.

1. Penyambungan Kabel Tidak Aman

Arus pendek dapat terjadi karena penyambungan kabel-kabel tidak diperhatikan dengan baik di mana kondisi konduktornya ada yang tidak tertutup isolator. Kondisi ini yang membuat bagian konduktor positif dan negatif berhubungan langsung secara tidak disengaja.

2. Beban pada Kabel Kecil

Di rumah Anda menggunakan colokkan yang kabelnya kecil sebaiknya tidak diberikan beban besar. Ini bisa menjadi salah satu penyebab arus pendek karena kabel yang kecil dibebani peralatan listrik dengan kapasitas terlalu besar. Akibatnya arus yang dibutuhkan tidak seimbang.

3. Penumpukkan Kontak T

Salah satu yang digunakan dalam pemakaian listrik di rumah atau di kantor adalah kontak T. Penumpukkan pada kontak T ini salah satu penyebab terjadinya arus pendek. Terlebih jika Anda terlalu banyak menghubungkannya dengan membuat cabang listrik baru.

4. Alat Kontak Panas

Penyebab arus pendek juga bisa terjadi karena alat kontak yang panas sehingga bisa menimbulkan bunga api. Anda harus hati-hati menggunakan jenis alat kontak. Usahakan untuk memakai yang sudah berlabel SNI agar aman. 

5. Sambungan Kabel

Sambungan kabel yang tidak bagus juga menjadi penyebab arus pendek. Bisanya ini saat penyambungan kabel ada titik yang tidak tersambung dengan baik, sehingga menimbulkan zat pelapis yang menghalangi arus listrik. Akhirnya menyebabkan panas pada bagian sambungan kabel.

6. Instalasi yang Semrawut

Penting sekali buat Anda memastikan instalasi listrik dibuat dengan rapi dengan tukang yang sudah ahli agar ke depannya tidak berisiko arus pendek. Periksa instalasi sebelum menggunakan listrik secara menyeluruh. 

Anda harus sangat hati-hati jika rumah atau kantor sudah pernah mengalami arus pendek. Cari tahu apa penyebab terjadinya arus pendek sampai ketemu dan lakukan perbaikan agar tidak terjadi risiko buruk seperti kebakaran. Selain itu, usahakanlah untuk selalu menggunakan peralatan listrik yang kualitasnya SNI.

Bagikan Artikel ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel