Welcome to Caritau.id, silakan Kamu Cari Tahu informasi menarik, terbaru, dan bermanfaat untuk orang lain. Selamat membaca!

9 Tips Jitu Beli Mobil Bekas Murah dan Berkualitas

Anda bisa ikuti 9 tips berikut ini, agar bisa membeli mobil bekas yang murah dan berkualitas hanya di SEVA Pusat Mobil Murah dan Berkualitas.

Beli Mobil Bekas Murah dan Berkualitas di SEVA

Anda ingin punya mobil namun bujet belum cukup untuk beli mobil baru? Bagaimana kalau beli mobil bekas saja? Asalkan Anda memilih tempat jual mobil bekas yang tepat, Anda akan bisa membawa pulang mobil bekas yang berkualitas tinggi dan yang paling penting, terjangkau harganya. Anda bisa ikuti 9 tips di bawah ini, agar bisa membeli mobil bekas yang murah dan berkualitas.


1. Perhatikan Tempat Pembelian Mobil Bekas Tersebut

Tips pertama yang harus Anda lakukan saat akan membeli mobil bekas adalah memperhatikan siapa penjualnya dan bagaimana kualitasnya. Jika Anda membeli langsung dari pemiliknya yang memang sudah dikenal, tentu Anda tahu bagaimana ia merawat mobilnya selama ini. Jika ia merawat mobilnya dengan baik, tentu tak masalah jika Anda membeli mobil darinya.

Nah, jika Anda membeli mobil dari tangan perantara, misalnya seperti showroom mobil, pastikan bahwa showroom tersebut terpercaya. Showroom mobil bekas tersebut harus memiliki izin untuk menjalankan usaha, sehingga bisa dianggap legal. Dengan begini, Anda pun bisa terhindar dari risiko penipuan yang mungkin dilakukan oleh pihak showroom mobil bekas tersebut.


2. Cek Eksterior Mobil Bekas Tersebut

Misalnya Anda akan membeli mobil bekas di sebuah showroom, pastikan untuk melakukan pengecekan langsung atas kondisi luar atau eksterior mobil tersebut. Coba perhatikan apakah ada goresan atau kerusakan yang terdapat pada body mobil bekas tersebut. Perhatikan keseluruhan body luar mobil dengan detail, sebelum memutuskan untuk membeli mobil bekas itu atau tidak.


3. Cek Interior dan Aksesori dalam Mobil Bekas

Setelah mengecek bagian luarnya, lanjutkan saja pengecekan ke bagian dalam mobil tersebut. Perhatikan kondisi dashboard, karpet, bangku, jok, langit-langit, AC, pokoknya semua komponen yang terdapat di dalam mobil tersebut. Jika semuanya dalam kondisi baik dan bersih, maka tak ada salahnya jika Anda membawa pulang mobil bekas tersebut.


4. Cek Kondisi Mesin Mobil Bekas

Setelah mengecek kondisi eksterior dan interior mobil, yang selanjutnya Anda harus lakukan adalah mengecek kondisi mesin mobil tersebut. Coba test drive terlebih dahulu, untuk merasakan apakah performa mesinnya masih mulus atau sudah amburadul. Rasakan apakah saat pengoperan gigi berlangsung lancar dan mulus atau malah terasa keras dan susah.


5. Jangan Lupa Cek Kelengkapan Surat Mobil Bekas

Jangan langsung berpuas hati dengan kondisi eksterior, interior, dan mesin mobil bekas yang bagus, Anda juga harus pastikan bahwa surat-surat mobil tersebut lengkap adanya. Saat Anda berniat membeli mobil bekas murah, pastikan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) dan Surat Tanda Kendaraan Bermotor (STNK) tersebut ada dan terjamin keasliannya.

Mengapa harus memastikan keasliannya? Pasalnya, sekarang banyak STNK dan BPKB palsu yang digunakan untuk bisa menjual mobil hasil curian. Dengan lengkap dan aslinya surat-surat kendaraan ini, maka Anda pun akan bisa dengan mudah dan lancar untuk memproses balik nama atas mobil bekas tersebut.

 

6. Lakukan Cek Fisik Langsung di Kantor Samsat

Jika ingin lebih terjamin lagi, maka Anda bisa lakukan cek fisik langsung atas mobil bekas tersebut di kantor Samsat terdekat. Cek fisik ini dilakukan untuk memastikan bahwa data dan informasi pada STNK dan BPKB mobil tersebut memang sesuai dengan kenyataannya. Pastikan Anda sudah mengantongi izin dari pemilik atau perantaranya terlebih dahulu, sebelum melakukan cek fisik ini.


7. Cari Tahu Apakah Mobil Diasuransikan atau Tidak

Tips berikutnya, baiknya Anda beli mobil bekas yang sudah diasuransikan. Dengan begini, Anda pun hanya perlu melakukan proses balik nama atas asuransi mobil tersebut. Proses balik nama atas asuransi mobil ini pun tak ribet kok untuk dilakukan. Asalkan dokumen yang diminta sudah lengkap, maka proses balik nama atas asuransi mobil setelah pembeliannya akan berjalan lancar.


8. Jangan Ragu untuk Melakukan Penawaran Harga

Saat akan membeli mobil bekas, maka Anda jangan ragu untuk melakukan penawaran harga atas mobil tersebut. Baik saat Anda ingin membeli mobil bekas dari orang yang dikenal atau melalui perantara, coba negosiasikan terlebih dahulu harga mobil bekas tersebut. Jika penawaran atau negosiasi berhasil, maka Anda bisa membeli mobil bekas tersebut dengan harga yang lebih terjangkau.


9. Jangan Lupa untuk Cek Harga Pasar

Terakhir, pastikan bahwa harga jual mobil bekas tersebut sesuai dengan harganya di pasaran. Anda bisa cek terlebih dahulu ke showroom lain atau situs jual beli mobil bekas, untuk mengetahui berapa harga pasar untuk mobil bekas tersebut. Jika harganya relatif sama dan sesuai dengan bujet yang telah disiapkan, langsung saja Anda angkut mobilnya pulang.

Jangan sembarangan membeli mobil bekas, pastikan kualitasnya baik dan harganya sesuai dengan bujet yang telah disiapkan. Jika kesulitan mencari tempat penjualan mobil bekas yang berkualitas, Anda bisa langsung kunjungi Seva pusat mobil bekas di laman seva.id. Seva pusat mobil murah dan berkualitas ini, menyediakan mobil bekas beragam merek, dengan harga terjangkau dan bisa ditawar.

Bagikan Artikel ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel