Welcome to Caritau.id, silakan Kamu Cari Tahu informasi menarik, terbaru, dan bermanfaat untuk orang lain. Selamat membaca!

4 Penyebab Setrika Tidak Panas dan Cara Mengatasinya

Sedikitnya ada 4 penyebab yang membuat setrika tidak panas lagi. Ketahui penyebabnya dan Anda dapat menentukan cara mengatasinya.

Penyebab Setrika Tidak Panas

Setrika menjadi salah satu alat elektronik yang wajib dimiliki di rumah. Sumber panas yang dihasilkan oleh setrika akan membuat pakaian menjadi lebih halus dan rapi. Namun, tak jarang alat ini membuat kesal karena tidak bisa menghasilkan panas seperti biasa. Berikut 4 penyebab setrika tidak panas dan cara untuk mengatasinya.


1. Masalah pada Sumber Listrik

Setrika bisa menghasilkan panas jika mendapat aliran listrik. Saat kamu mendapati setrika tidak bisa panas, maka coba periksa sumber listriknya. Jika memang ada masalah pada sumber listrik, maka kamu bisa meminta pertolongan tukang listrik untuk memperbaikinya.


2. Kabel Rusak

Masalah suhu pada setrika juga bisa disebabkan oleh kerusakan kabel. Biasanya masalah ini paling sering terjadi saat kabel setrika dalam kondisi terlilit hingga menyebabkan sambungan terputus. Jika hal ini terjadi, kamu perlu mengganti kabel setrika dengan kabel yang baru.


3. Kerusakan Pengatur Suhu

Masalah berikutnya yang bisa terjadi pada setrika adalah kerusakan alat pengatur suhu. Suhu setrika bisa diatur tinggi rendahnya dengan alat pengatur ini. Penumpukan debu pada lempeng yang terdapat di sistem pengaturan suhu bisa menyebabkan setrika sulit panas.

Jika hal ini terjadi, kamu perlu membuka komponen setrika dan membersihkan debu yang menumpuk di sana. Setelah debu dibersihkan, pasang kembali komponen setrika dan coba fungsikan kembali alat pengatur suhu. Jika masih tidak bisa, segera bawa ke tukang reparasi setrika.


4. Kerusakan Lempeng Pemanas

Bagian yang panas pada setrika disebut sebagai lempeng pemanas. Bagian inilah yang akan bersentuhan langsung dengan pakaian. Bagian ini bisa saja rusak karena memang sudah digunakan terlalu lama sehingga sudah aus. Tidak perlu membeli setrika yang baru, kamu bisa mengganti lempeng yang aus dengan lempeng baru.

Kamu juga bisa memeriksa kondisi lempeng apakah ada kerak yang menempel atau tidak. Kerak pada lempeng harus dibersihkan agar suhu bisa maksimal. Kamu bisa menggunakan cairan pembersih kerak setrika yang saat ini sudah banyak dijual di pasaran.

Itulah tadi 4 penyebab setrika tidak panas dan cara mengatasinya. Jika kamu kesulitan memperbaiki kondisi setrika, kamu bisa meminta pertolongan tukang reparasi alat elektronik. Selama bisa diperbaiki, tak perlu memberi setrika yang baru.

Bagikan Artikel ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel