Welcome to Caritau.id, silakan Kamu Cari Tahu informasi menarik, terbaru, dan bermanfaat untuk orang lain. Selamat membaca!

Menyelami Keindahan Taman Nasional Bunaken, Taman Laut Pertama di Indonesia

Mari mengunjungi Taman Nasional Bunaken, taman laut yang memiliki harta karun yang pasti membuat rasa kagum Anda tidak pernah ada habisnya.

Keindahan Taman Nasional Bunaken
Sumber: https://www.goodnewsfromindonesia.id/


Sulawesi Utara mempunyai kekayaan pariwisata yang luar biasa. Dan satu yang menjadi andalannya adalah Taman Nasional Bunaken. Wilayah seluas 890.65 km² ini mempunyai kekayaan laut yang tiada duanya. Itulah mengapa Taman Nasional Bunaken termasuk ke dalam segitiga karang dunia. Tidak hanya itu, Taman Nasional Bunaken juga menyimpan harta karun lainnya yang pasti membuat rasa kagum Anda tidak pernah ada habisnya. Mari menyelami keindahan Taman Nasional Bunaken. 

Taman Laut Pertama di Indonesia

Keindahan Taman Nasional Bunaken
Sumber: https://limakaki.com/

Taman Nasional Bunaken pertama kali ditemukan oleh Nusantara Diving Club (NDC) pada tahun 1975. Karena keindahan alami bawah lautnya akhirnya sejak saat itu taman laut ini dijadikan tempat wisata andalan di Manado, Sulawesi Utara. Pada tahun 1991 Bunaken diresmikan sebagai taman laut dan menjadi taman laut pertama di Indonesia. Semakin lama pengunjung di taman laut ini semakin banyak. Dan untuk menjaga keasriannya maka pada tahun 2005 UNESCO menetapkan Taman Laut Bunaken sebagai situs warisan dunia.

Kekayaan Alam Taman Nasional Bunaken

Kekayaan Alam Taman Nasional Bunaken
Sumber: https://travel.kompas.com/


Taman Laut Bunaken terletak di segitiga karang dunia. Ini karena Bunaken adalah habitat bagi 390 dari 820 spesies terumbu karang yang ada di dunia. Selain itu, setidaknya ada 90 spesies ikan yang hidup di sini. Penghuni paling terkenal di bawah laut Bunaken adalah salah satu jenis penyu yang langka yakni penyu sisik. Berkat kekayaan bawah laut nya, Bunaken pun berhasil masuk ke dalam daftar World Natural Heritage. Dan untuk menikmati keindahan tersebut di sini terdapat 20 titik penyelaman dengan tingkat kedalaman air yang beragam. Di antara puluhan titik selam tersebut, titik yang paling terkenal antara lain.

Reruntuhan Kapal

Titik ini ada di kedalaman 23 meter di bawah permukaan laut dan mempunyai luas sekitar 60 meter. Dinamakan reruntuhan kapal karena di sini merupakan titik karamnya sebuah kapal Jerman pada tahun 1940-an. Di titik ini Anda bisa menyelam dengan menyusuri mulai dari ruang kemudi hingga ruang lainnya yang sudah ditumbuhi oleh karang.

Mandolin

Mandolin merupakan titik aman bagi penyelam khususnya penyelam pemula. Ini karena dinding karangnya yang tinggi. Keistimewaan lainny dari titik selam yang satu ini adalah karena puncaknya yang terbentuk dengan sangat indah.

Puncak Barakuda

Dinamakan Puncak Barakuda karena di sini Anda bisa menemukan gerombolan ikan barakuda. Puncak Barakuda juga sedikit berbeda karena arusnya terbentuk dari pergantian antara daerah terumbu karang dan daerah berpasir. Titik ini berada di barat laut dan berada paling jauh.

Bunaken Timor

Ini merupakan titik selam dengan arus yang cukup kuat. Sehingga bagi para penyelam pemula dianjurkan untuk lebih berhati-hati jika masuk daerah ini. Namun di balik itu terdapat pemandangan laut yang sangat indah. Bunaken Timor menjadi salah satu titik favorit bagi para penyelam.

Selain kekayaan bawah laut, Taman Nasional Bunaken juga merupakan perwakilan ekosistem perairan tropis Indonesia. Ekosistem di sini terbilang lengkap karena terdiri dari ekosistem hutan bakau, padang lamun, terumbu karang, dan ekosistem daratan. Daratannya pun tidak kalah menarik karena menyimpan spesies yang cukup beragam. Di daratan Taman Nasional Bunaken Anda dapat menemukan kera hitam Sulawesi, kuskus, biawak, ular, kelelawar, rusa, musang, tikus hitam bahkan kera hantu atau Tarsius spectrum.

 

Ayo segera ke Taman Nasional Bunaken. Anda tentu tidak mau menyia-nyiakan tempat dengan keindahan bawah laut seluar biasa ini kan?

Bagikan Artikel ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel