Welcome to Caritau.id, silakan Kamu Cari Tahu informasi menarik, terbaru, dan bermanfaat untuk orang lain. Selamat membaca!

5 Tips Memilih Pipa Air yang Sesuai dengan Hunian Anda

Ada berbagai macam pipa air yang bisa digunakan sesuai kebutuhan, berikut tips memilih pipa air sesuai dengan hunian Anda.

Pipa Air Rucika

Air merupakan kebutuhan vital seluruh makhluk hidup di dunia ini. Saluran air di rumah atau gedung wajib menggunakan pipa yang berkualitas. Ada berbagai macam pipa air yang bisa digunakan sesuai kebutuhan, misalnya pipa khusus saluran air bersih atau pipa limbah. Salah memilih pipa untuk saluran air di rumah Anda bisa berdampak pada kerusakan, bocor, retak, berkerak, atau mampet.


Memilih pipa air sesuai kebutuhan

Untuk Anda yang masih awam mengenai bagaimana cara memilih pipa berkualitas, simak tips singkat berikut ini.


1. Pilih pipa yang masih berada di ruangan toko

Dalam membeli pipa yang bagus, Anda sebaiknya memilih pipa yang masih segel dan berada di dalam ruangan. Jangan memilih pipa PVC yang terkena paparan sinar matahari langsung sebab bisa mengurangi kualitas pipa. Pipa bisa lebih mudah keropos dan tidak awet digunakan dalam waktu lebih lama.

2. Mengetahui ukuran pipa yang tepat

Untuk Anda yang hendak memasang pipa untuk kebutuhan air bersih di rumah, maka pastikan memilih jenis pipa dengan ukuran ½-4 inci. Sedangkan kebutuhan pipa kotor atau pipa limbah rumah tangga, pilih ukuran pipa 2-4 inci. Jangan lupa untuk mengetahui detail pipa yang cocok digunakan sesuai kebutuhan rumah tangga.

3. Kenali jenis pipa air di pasaran

Ada pipa CPVC, PVC-O, HDPE, dan PP-R yang memiliki fungsi masing-masing. Misalnya pipa HDPE memiliki material paling berkualitas untuk saluran air bersih di rumah. Dengan jangka pemakaian hingga 50 tahun, pipa HDPE dibandrol dengan harga paling mahal. Ketahui harga pipa air sesuai dengan keunggulan masing-masing sebelum Anda memutuskan untuk beli pipa yang sesuai kebutuhan.

Untuk kebutuhan saluran air bersih, sebaiknya pilih pipa jenis AW sebab memiliki ketebalan yang paling baik. Sedangkan untuk pipa saluran pembuangan, Anda bisa memilih pipa jenis C dan D.

4. Memperhatikan tampilan pipa

Selain memperhatikan merek yang kredibel, tidak ada salahnya untuk langsung mengecek kondisi barang. Anda harus tahu bahwa pipa yang berkualitas memiliki tampilan tidak terlalu mengkilap.

Anda wajib curiga saat mendapatkan penawaran pipa dengan tampilan yang mengkilap sebab memiliki bahan campuran tinggi. Kandungan resin pada pipa yang mengkilap lebih rendah dan lebih banyak kandungan kapur, kalsium dan magnesium.

5. Menggunakan lem yang tepat

Selain memperhatikan material pipa yang bagus, Anda wajib memperhatikan proses instalasi saluran air. Jangan lupa untuk menggunakan produk lem yang berkualitas agar hasil tetap maksimal. Saluran pipa bisa terkait dengan aman dan bebas risiko bocor, patah atau retak.


Gunakan lem pipa RUGlue untuk instalasi saluran air

Buat Anda yang berencana membuat instalasi saluran air bersih dan pembuangan di rumah, gunakan produk pipa PVC dari RUCIKA yang terbukti berkualitas. Pipa RUCIKA Standard memiliki pilihan AW untuk saluran air bersih dan jenis D untuk saluran pembuangan limbah serta kotoran. Pemilihan pipa yang bermutu bisa semakin optimal jika Anda menggunakan lem yang memiliki daya rekat tinggi.

Produk lem pipa RUGlue merupakan lem pipa dan sambungan yang didesain ahli khusus pemukiman daerah tropis. Sangat cocok diterapkan untuk instalasi hunian di Indonesia yang memiliki iklim tropis. RUGlue lebih unggul dibandingkan produk lain sebab bisa mensenyawakan pipa dan sambungan hunian Anda. Buktikan kualitas pipa air RUCIKA dan RUGlue untuk hasil yang maksimal. Jaminan produk berkualitas dengan harga terjangkau bisa menjadi pertimbangan Anda dalam membangun instalasi hunian atau proyek besar lain.

Bagikan Artikel ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel