Welcome to Caritau.id, silakan Kamu Cari Tahu informasi menarik, terbaru, dan bermanfaat untuk orang lain. Selamat membaca!

Kapan Waktu Terbaik Minum Susu agar Efeknya Optimal? Ini Ulasannya

Minum susu baik, namun ada waktu-waktu tertentu yang sangat baik untuk meminumnya. Berikut waktu terbaik minum susu agar efeknya optimal.

Waktu Terbaik Minum Susu

Melimpahnya kandungan nutrisi dalam susu, membuatnya jadi minuman paling direkomendasikan untuk menjaga kesehatan tubuh. Susu tak hanya dikonsumsi oleh anak-anak saja, melainkan juga oleh remaja, dewasa, hingga lansia, tentunya dengan efek atau manfaat yang berbeda pula. Agar lebih memahami pentingnya susu, simak manfaatnya dan waktu terbaik minum susu berikut ini.

Manfaat Minum Susu

Selama ini, susu lebih banyak dikenal sebagai minuman untuk menyehatkan tulang. Namun, lebih dari itu, susu juga memiliki manfaat lain yang tak kalah pentingnya bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Yuk simak berikut ini, manfaat yang bisa Anda peroleh dengan rutin mengonsumsi susu setiap harinya.

1.   Menyehatkan Tulang dan Gigi

Manfaat utama yang diberikan oleh susu memang untuk menyehatkan atau memperkuat tulang dan gigi. Hal ini disebabkan karena kandungan kalsium dalam susu yang begitu melimpah, begitu pun dengan kandungan vitamin D di dalamnya. Dengan rutin mengonsumsi susu, maka Anda bisa terhindarkan dari risiko osteoporosis di kemudian hari.

2.   Mencegah Naiknya Berat Badan

Kok bisa sih berat badan bisa diturunkan dengan mengonsumsi susu? Jawabannya karena susu memiliki kandungan protein yang tinggi. Kandungan protein ini memberikan efek kenyang yang lebih lama, sehingga keinginan Anda untuk makan dalam rentang waktu singkat akan berkurang. Kandungan asam linoleatnya pun juga akan membantu proses pemecahan lemak.

3.   Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan kalium dalam susu sapi yang tinggi, membuatnya berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung. Kalium yang Anda peroleh dengan mengonsumsi susu, akan bisa membantu untuk menurunkan tekanan darah. Pastikan Anda mengonsumsi susu yang bebas dari kandungan lemak jenuh, agar bisa memperoleh manfaatnya ini. 

4.   Membangun Massa Otot

Susu diketahui mengandung 9 asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh. Keberadaan asam amino ini dibutuhkan oleh tubuh, untuk bisa membangun massa otot, serta mencegah otot kehilangan massanya. Pengonsumsian susu secara rutin, kerap dikaitkan dengan kinerja tubuh yang lebih baik pada orang dewasa.

Kapan Waktu Terbaik untuk Minum Susu?

Sebagian Anda mungkin kerap bertanya-tanya, kapan sih waktu yang tepat untuk minum susu agar semua nutrisinya terserap optimal? Apakah tak ada waktu khusus atau minum susu harus di waktu tertentu, misalnya hanya di pagi, siang atau malam hari saja. Nah, daripada tambah bingung, yuk simak ulasan di bawah tentang waktu terbaik minum susu.

1.   Waktu Minum Susu Terbaik Menurut Ilmu Ayurveda

Bagi Anda yang belum tahu, Ayurveda merupakan ilmu kesehatan atau pengobatan tradisional yang berasal dari India. Ilmu kesehatan yang telah mulai dikenal sejak 500 tahun yang lalu, juga sudah banyak diterapkan di berbagai cabang kedokteran secara global. Nah, menurut ilmu Ayurveda ini, waktu terbaik untuk minum susu adalah saat malam hari.

Bukannya mengatakan di pagi atau siang hari tak boleh minum susu, namun efek saat mengonsumsinya di malam hari dianggap lebih bagus. Dengan meminum susu di malam hari, maka akan membantu proses pencernaan berjalan dengan lancar saat Anda sedang tertidur. Selain itu, efek sedatif dalam susu juga akan membuat Anda jadi lebih mudah untu tertidur pulas.

Dari segi penyerapan kandungan susu oleh tubuh, mengonsumsinya di malam hari juga terbilang lebih bagus. Alasannya karena level aktivitas tubuh yang rendah di malam hari, kalsium yang terkandung dalam susu pun bakal lebih mudah diserap oleh tubuh. Kandungan protein yang Anda peroleh dari susu pun, bakal bisa meningkatkan massa tubuh lebih optimal kala malam hari.

2.   Waktu Terbaik Minum Susu untuk Menurunkan Berat Badan

Jika susu yang Anda konsumsi merupakan susu bebas lemak yang ditujukan untuk menurunkan berat badan, maka waktu terbaik untuk meminumnya dikatakan setelah berolahraga. Rekomendasi waktu ini didasarkan pada hasil penelitian yang dilakukan oleh National Library of Medicine National Institutes of Health selama 3 bulan.

Dari penelitian yang dilakukan pada 10 wanita muda ini, diperoleh hasil bahwa dengan minum susu setelah berolahraga, kehilangan lemaknya jauh lebih besar. Tak hanya itu saja, massa ototnya pun mengalami peningkatan. Jadi, jika tujuan Anda minum susu adalah untuk menurunkan berat badan, konsumsilah setelah Anda melakukan latihan fisik. 

Itulah tadi ulasan singkat mengenai manfaat, serta waktu terbaik minum susu. Tak ada sebenarnya larangan pengonsumsian waktu di waktu tertentu, Anda bisa meminumnya pada pagi, siang, atau malam hari. Namun, jika ingin memperoleh hasil tertentu dari susu yang Anda minum, Anda bisa mengonsumsinya pada waktu yang telah direkomendasikan di atas.

Bagikan Artikel ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel