Welcome to Caritau.id, silakan Kamu Cari Tahu informasi menarik, terbaru, dan bermanfaat untuk orang lain. Selamat membaca!

7+ Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa (Ampuh)

Disaat berpuasa, tidak sedikit orang yang bermasalah dengan bau mulut, walaupun sudah menyikat gigi di waktu seper lima malam setelah makan sahur.

Bagaimana mengatasi masalah bau mulut ini?. Sebenarnya bau mulut tidak akan hilang hanya karena telah menyikat gigi. Ada banyak faktor pemicu bau mulut, salah satunya karena makanan.

Saat berpuasa, perhatikan makanan yang dikonsumsi, bisa saja makanan yang salah menjadi pemicunya. Tidak hanya makanan, ada banyak hal lain yang bisa membuat bau mulut ini semakin menjadi di bulan puasa ini.

Apa lagi, saat berpuasa kan kita beraktifitas tanpa mengonsumsi air mineral karena diharuskan berpuasa, jadinya tubuh kekurangan air dan mengakibatkan dehidrasi.

Sebelum membahas tentang cara mengatasi bau mulut saat sedang menjalankan ibadah puasa, sebaiknya kenali dulu pemicunya.

Hilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa
Ilustrasi bau mulut saat puasa | via : pixbay.com

Penyebab Bau Mulut Saat Berpuasa

Ada banyak pemicu bau mulut di bulan puasa, berikut kami uraikan.

1. Kekurangan Air (Dehidrasi)

Penyebab utama bau mulut di bulan puasa dikarenakan kurangnya asupan air yang masuk kedalam tubuh. Kekurangan air dapat membuat mulut menjadi kering dan mengeluarkan bau tidak sedap.

2. Konsumsi Makanan Beraroma Kuat

Saat makan sahur, sebaiknya pilih makanan yang sehat untuk di konsumsi, itu bisa membuat puasa menjadi lebih nyaman. Dengan mengonsumsi makanan dengan aroma yang kuat seperti Jengkol atau pette' bisa menjadi pemicu utama bau mulut.

3. Gigi Berlubang

Punya gigi berlubang? sebaiknya periksakan kesehatan gigi kalian ke dokter gigi sebelum memasuki bulan puasa. Dengan gigi yang berlubang akan membuat bau mulut yang menyengat.

Dan bisa saja gigi berlubang memicu sakit gigi, yang pastinya akan mengganggu proses puasa kalian.

4. Gangguan Pencernaan

Punya gangguan pencernaan? ini juga merupakan salah satu penyebab bau mulut loh. Misalnya saja penderi Maag/Gerd.

Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa

Sudah tau kan pemicu bau mulut? nah sudah bisa nebak dong, cara mengatasinya bagaimana. Berikut ini hal yang harus kalian lakukan untuk menghilangkan bau mulut saat sedang berpuasa.

1. Sikat Gigi Setelah Makan Sahur

Sikat gigi itu wajib. Setelah makan sahur sebaiknya sikat gigi agar bekas makanan yang melekat di gigi bisa terlepas dan membuat mulut lebih segar.

2. Gunakan Penyegar Mulut Setelah Sikat Gigi

Setelah sikat gigi, akan lebih komplit jika dilanjutkan dengan kumur-kumur menggunakan penyegar mulut. Dengan menggunakan pemyegar mulut, akan mematikan bakteri yang ada didalam mulut.

Tapi ingat, gunakan penyegar mulut yang tidak mengguanakan alkohol, karena alkohol juga salah satu penyebab bau mulut.

3. Konsumsi Banyak Air Saat Sahur dan Berbuka

Pastikan kalian minum air mineral sebanyak 8 gelas per hari. Tapi jangan sekali minum langsung 8 gelas, tapi bagi waktunya. 2 gelas saat berbuka, 1 gelas sebelum shalat tarwih, 1 gelas setelah tarwih, 1 gelas sebelum tidur, 1 gelas setelah bangun tidur, dan 2 gelas setelah makan sahur agar kebutuhan air di dalam tubuh bisa terpenuhi.

4. Sebaiknya Konsumsi Buah Segar

Buah-buahan memiliki banyak sekali nuntrisi pada tubuh yang membantu agar napas tetap segar dan terhindar dari bau mulut. Dengan mengonsumsi buah, juga dapat membantu produksi air liur menjadi semakin banyak.

5. Hindari Makanan Dengan Aroma Kuat

Sudah di jelaskan di awal pembahasan tadi, bahwa salah satu penyebab bau mulut adalah makanan dengan aroma kuat. Jadi sebaiknya hindari makanan ini saat sedang makan sahur.

6. Tidur Secukupnya

Jangan kebanyakan tidur saat menjalankan ibadah puasa. Tahukah kalian, salah satu penyebab bau mulut juga di akibatkan kebanyakan tidur loh. Gak percaya? coba pas bangun tidur, cek mulutnya bau gak? hehehe

7. Hindari Makanan Yang Lengket

Makanan lengket bisa menempel di gigi dan berpotensi menjadi penyebab bau mulut. Jadi sebaiknya hindari makanan ini di bulan puasa. Makanan lengket salah satunya adalah cokelat dan karamel.

8. Jang Lupa Lakukan Olahraga Ringan

Olahraga dapat mengeluarkan zat racun melalui keringat. Temasuk zat yang menyebabkan bau mulut. Jadi sebaiknya lakukan olahraga ringan dipagi hari dan sore hari.

9. Jangan Merokok!

Sebaiknya hentikan kebiasaan merokok di bulan puasa. Merokok tidak baik bagi kesehatan tubuh, juga berimbas pada bau mulut yang menyengat.

Nah, udah tau kan cara mengatasi bau mulut saat berpuasa? kalian bisa mulai mencobanya di awal puasa nanti. Semoga membantu.

Bagikan Artikel ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel